Seseorang akan merasa terganggu apabila tubuhnya mengalami keringat yang berlebihan tanpa adanya pemicu yang jelas. Keringat berlebih juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Oleh sebab itu kondisi seperti ini sebaiknya tidak Anda abaikan begitu saja dan harus diberikan beberapa solusi pemecahan masalahnya. Lalu bagaimanakah cara mengatasi keringat berlebih secara medis?

 

Berkeringat merupakan salah satu proses terjadinya metabolisme tubuh untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan. Hal ini dilakukan tubuh dengan cara mengeluarkan cairan yang di dalamnya mengandung garam melalui kelenjar keringat. Adapun keringat berlebih terjadi tanpa adanya pemicu disebut juga dengan hyperhidrosis dan hal ini terjadi biasanya disebabkan oleh penyakit tertentu.

Berdasarkan jenisnya, terdapat dua jenis keringat berlebih atau hyperhidrosis, antara lain yaitu hyperhidrosis focal primer atau berkeringat pada beberapa bagian tubuh tertentu dan secondary hyperhidrosis atau keringat berlebih pada seluruh tubuh.

  • Hyperhidrosis focal primer yaitu suatu kondisi dimana seseorang akan mengalami keringat berlebih pada beberapa bagian tertentu, seperti pada bagian telapak kaki, telapak tangan, ketiak, lipatan paha atau hanya pada bagian kepala dan wajah. Pada umumnya keringat jenis ini akan menyerang bagian tubuh yang simetris, artinya adalah apabila telapak kanan banyak mengeluarkan keringat, maka hal itu akan terjadi juga pada bagian telapak tangan kiri. Hal ini terjadi akibat adanya permasalahan pada fungsi sistem saraf dan bukanlah suatu penyakit.

  • Secondary general hyperhidrosis, yaitu suatu kondisi dimana keringat berlebih terjadi pada seluruh bagian tubuh. Kondisi ini biasanya terjadi pada waktu malam hari. Hal ini terjadi akibat adanya penyakit tertentu, seperti terjadinya masalah tiroid, menopause, stroke, gagal jantung, tuberkolosis, kanker (limfa dan leukemia), diabetes, Parkinson, penyakit paru-paru, adiksi alcohol, cedera tulang belakang, dan kehamilan.

Tidak hanya itu, ternyata beberapa pengobatan serta beberapa suplemen tertentu juga dapat menjadi penyebab munculnya keringat berlebih, seperti obat-obatan antibiotik, obat untuk mulut kering, obat untuk tekanan darah, dan obat psikiatri.

Cara Mengatasi Keringat Berlebih

Apabila Anda mengalami keringat berlebih secara menyeluruh yang disebabkan oleh suatu penyakit, maka Anda harus segera mengatasi penyebabnya. Misalnya, apabila keringat berlebih terjadi akibat masalah tiroid, maka cara mengatasi keringat berlebih akibat masalah tiroid adalah dengan cara melakukan operasi tiroid. Jika keringat berlebih terjadi akibat masalah gula pada penderita penyakit diabetes, maka cara mengatasi keringat berlebih akibat gula adalah dengan cara mengontrol kadar gula darah.

Adapun jika keringat berlebih terjadi pada beberapa bagian tubuh tertentu, maka cara mengatasinya adalah dengan mengurangi gejalanya seperti, memberi suntikan botox untuk dapat menghentikan aktifitas saraf yang menjadi pemicu terjadinya keringat berlebih. Selain itu, cara mengatasi keringat berlebih lainnya adalah dengan cara memberikan antiperspirant yang berbentuk roll-on, lotion, spray atau dengan cara memberikan beberapa obat-obatan untuk dapat menghentikan kelenjar keringat.

Cara mengatasi keringat berlebih lainnya adalah dengan melakukan operasi. Operasi tersebut dapat berupa operasi untuk menghilangkan kelenjar keringat atau dengan cara memotong saraf yang terdapat pada bagian dada yang menjadi pemicu keringat berlebih. Adapun jenis perawatan yang dapat menghentikan sementara kerja dari kelenjar keringat pada tubuh yaitu dengan melakukan perawatan iontophoresis dengan menggunakan rangsangan listrik tegangan rendah untuk dapat mematikan fungsi dari kelenjar keringat sementara waktu.

Keringat berlebihan juga dapat mengganggu berbagai aktifitas serta dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Meskipun tidak semua keringat berlebih menandakan bahwa Anda mempunyai penyakit yang berbahaya, namun apabila keringat berlebih disertai pula dengan gejala lain bahkan semakin mengganggu, maka sangat disarankan untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter langganan Anda.

Itulah beberap informasi berbagai cara mengatasi keringat berlebih secara medis. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih lengkap mengenai hal ini, Anda dapat langsung segera berkonsultasi online dengan dokter kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.