Banyak hal yang menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan dirinya, salah satunya adalah bau ketiak. Pada umumnya seseorang yang mempunyai bau ketiak akan diasingkan dari pergaulan social karena tidak ingin terganggu dengan bau ketiak. Lalu sebenarnya apa sih penyebab bau ketiak?

Ketiak merupakan salah satu anggota tubuh yang paling sering mengalami berbagai masalah, mulai dari ketiak berwarna hitam, berbau serta dijadikan sebagai sumber masalah kesehatan, seperti terjadinya benjolan yang merupakan salah satu tanda dari terjadinya tumor payudara. Selain itu, para wanita dan pria sebaiknya mengerti bahwa terdapat bahaya akibat dari mencabut bulu ketiak bagi kesehatan.

Penyebab bau ketiak

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa hal penyebab bau ketiak. Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa ketiak Anda berbau, antara lain yaitu:

  1. Keringat yang berlebihan

Salah satu penyebab bau ketiak yang paling sering terjadi yaitu keringat yang berlebihan. Seseorang yang mempunyai keringat yang berlebihan tentunya akan mempunyai bau ketiak yang menyengat. Hal ini akan terjadi pada semua gender, baik pria maupun wanita. Keringat yang berlebihan pun dapat terjadi pada setiap golongan usia.

 

  1. Stress

Anda mungkin tidak percaya bahwa stress ternyata dapat membuat ketiak Anda berbau. Hal ini dikarenakan stress akan meningkatkan kelenjar apokrin yang merupakan suatu kelenjar penghasil keringat, namun tidak dalam bentuk air. Pada keringat itu akan menghasilkan berbagai macam bakteri dan bakteri tersebut dapat berkembang pada beberapa bagian tubuh yang mudah lembap seperti pada ketiak dan lipatan paha. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya bau pada lipatan paha dan ketiak.

 

  1. Tidak mencuci pakaian dalam

Beberapa wanita terkadang enggan untuk mencuci pakaian dalamnya terutama bra. Mereka beralasan bahwa hanya sedikit bra yang cocok untuk digunakan, padahal bra yang tidak pernah di cuci atau dibersihkan akan menjadi tempat perkembang biakan kuman dan bakteri. Hal inilah yang menyebabkan ketiak menjadi bau, sebab jarak antara ketiak dan payudara sangat berdekatan.

 

  1. Alkohol

Seseorang yang gemar mengkonsumsi alkohol, tentunya akan mengalami bau badan. Hal ini disebabkan orang yang terlalu banyak dalam mengkonsumsi alkohol, maka hatinya akan mudah terganggu dan rusak. Selain itu sekitar 10 persen kandungan yang terdapat di dalam alkohol akan dikeluarkan oleh tubuh melalui kelenjar keringat. Hal ini tentunya akan menyebabkan sebagian tubuh Anda akan dengan mudah berkeringat khususnya pada bagian ketiak. Kandungan yang terdapat di dalam alkohol ternyata dapat memicu terjadinya pertumbuhan serta perkembangan berbagai bakteri yang terdapat di dalam tubuh manusia sehingga apabila seseorang yang gemar mengkonsumsi alkohol, maka tentu keringat dan ketiaknya akan bau. Pecandu alkohol selain mempunyai keringat dan ketiak yang bau, nafas yang dikeluarkan juga berbau. Hal ini dikarenakan berbagai macam kandungan yang terdapat di dalam alkohol menempel pada lidah, gigi serta tenggorokannya.

 

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu tanaman obat yang mempunyai khasiat dan kegunaan. Namun, siapa sangka ternyata dibalik banyaknya manfaat serta khasiat yang ada dari bawang putih, ternyata bawang putih juga dapat menjadi penyebab keringat menjadi berbau. Selain menjadi penyebab bau badan, bawang putih juga menjadi penyebab bau mulut.

 

  1. Daging

Sama seperti bawang putih, ternyata daging juga merupakan penyebab terjadinya bau ketiak. Daging sebenarnya mempunyai berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan mempunyai dampak yang sangat buruk, seperti terjadinya bau badan dan bau ketiak.

 

  1. Penyakit tertentu

Terdapat beberapa penyakit tertentu yang dapat memicu terjadinya bau badan serta bau ketiak, salah satunya adalah penyakit diabetes. Seseorang yang telah mengidap penyakit diabetes dan tidak diobati, maka akan mengidap penyakit yang bernama ketoasidosi diabetikum. Kondisi ini terjadi ketika tubuh Anda kekurangan hormone insulin yang berfungsi untuk memecah lemak dan digunakan sebagai bahan bakar tubuh sehingga terjadi pembentukan keton di dalam tubuh. Jika keton menumpuk, maka akan menyebabkan terjadinya bau ketiak.

Itulah beberapa penyebab bau ketiak yang harus Anda ketahui, sehingga bau ketiak yang Anda alami dapat berkurang dan menambah rasa kepercayaan diri Anda. Jika Anda ingin mengetahui mengenai informasi ini secara lebih mendetail, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.