Setiap orang tentunya akan merasa terganggu aktivitasnya jika mengalami ketiak basah. Ketiak yang basah tentunya akan mengurangi rasa percaya diri seseorang terlebih jika ketiak basah dapat terlihat jelas oleh orang lain. Lalu adakah cara menghilangkan ketiak basah?

 

Ketiak basah oleh sebagian masyarakat terutama anak muda menyebutnya dengan sebutan burket. Bau ketiak atau burket merupakan salah satu penyebab bau badan, sehingga hal tersebut menjadikan Anda menjadi kurang percaya diri terutama dalam hal pergaulan sosial.

Pada umumnya seseorang yang mengalami kondisi ketiak basah akan menggunakan deodorant sebagai solusi untuk mengatasinya. Akan tetapi, ada sebagian orang yang tidak cocok dalam menggunakan deodoran ini dan cenderung lebih memilih menggunakan bahan-bahan alami dengan tujuan agar keringat yang keluar dari ketiak dapat hilang secara alami. Sebagian masyarakat menganggap bahwa bahan kimia yang digunakan pada deodoran justru akan membuat iritasi pada ketiak.

Faktor penyebab ketiak menjadi basah

Sebelum Anda mengetahui cara menghilangkan ketiak basah, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa faktor yang menyebabkan ketiak menjadi basah. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab ketiak basah.

  1. Banyak melakukan aktivitas

Aktivitas tubuh yang banyak tentunya akan mempengaruhi dari banyaknya keringat yang keluar. Namun terkadang keringat yang dikeluarkan oleh tubuh tidak hanya pada bagian tubuh yang terlihat saja, namun juga pada bagian yang tersembunyi, salah satunya adalah ketiak. Ketiak basah serta tidak terawat akan membuat ketiak berubah menjadi hitam. Oleh sebab itu banyak kalangan yang mencoba berbagai cara agar saat beraktifitas ketiak tidak basah dan berbau.

 

  1. Faktor keturunan

Sebagian orang ada yang mempunyai keturunan mengalami kondisi keringat berlebih sehingga menyebabkan ketiak mudah menjadi basah.

 

  1. Cuaca

Cuaca sangat mempengaruhi terhadap suhu tubuh, dengan kondisi cuaca yang sangat panas tentunya akan membuat keringat berlebih sehingga ketiak menjadi basah.

 

  1. Pakaian

Pakaian yang Anda gunakan juga dapat menjadi penyebab mengapa ketiak mudah menjadi basah. Oleh sebab itu ketika Anda akan melakukan aktifitas yang sangat padat, gunakanlah pakaian yang tepat agat ketiak tidak mudah menjadi basah.

Cara menghilangkan ketiak basah

Setelah Anda mengetahui beberapa faktor penyebab ketiak basah, Anda dapat memahami bagaimana cara menghilangkan ketiak basah. Untuk menghilangkan ketiak yang basah akibat keringat, Anda dapat menggunakan berbagai bahan tradisional seperti,

  1. Menggunakan lidah buaya

Pada umumnya lidah buaya mempunyai kandungan untuk dapat membersihkan keringat, terutama untuk membersihkan ketiak basah. Penggunaan lidah buaya dipercaya dapat mengurangi keringat berlebih sehingga ketiak akan bersih. Selain untuk mengurangi keringat berlebih, lidah buaya ternyata sangat bagus untuk kulit.

 

  1. Menggunakan tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C, bukan hanya vitamin C, tomat pun juga mengandung banyak vitamin A yang berfungsi untuk menghilangkan produksi minyak berlebih pada tubuh sehingga dapat menghindari ketiak basah.

 

  1. Cuka

Salah satu cara menghilangkan ketiak basah selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka. Bagi sebagian masyarakat, cuka merupakan cara yang paling ampuh untuk menghilangkan keringat berlebih. Menurut penelitian, cuka dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit, oleh karena itu seperti halnya deodorant, cuka dapat membunuh bakteri yang terdapat pada ketiak basah.

 

  1. Lemon

Sama seperti tomat, buah lemon ternyata mempunyai kandungan vitamin C yang cukup banyak, walaupun kandungannya tidak sebanyak pada buah jambu biji. Buah lemon dapat meminimalisir keringat yang terjadi pada bagian ketiak serta tubuh Anda. Buah lemon juga dapat mengubah warna ketiak yang hitam menjadi lebih cerah, sehingga bukan hanya membuat ketiak bersih namun juga dapat membuat ketiak menjadi lebih cerah sehingga membuat Anda merasa lebih percaya diri.

 

  1. Mentimun

Mentimun mempunyai cairan getah yang dapat mengatasi jumlah produksi minyak pada tubuh Anda. Untuk mengatasi keringat berlebih dengan menggunakan ketimun, Anda cukup mengoleskan getah yang berasal dari irisan mentimun pada ketiak Anda. Mentimun juga dapat menghilangkan lingkaran hitam pada mata Anda.

Itulah beberapa cara menghilangkan ketiak basah yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Apabila Anda ingin mengetahui secara lebih jelas berbagai cara untuk dapat menghilangkan ketiak basah lainnya, Anda dapat segera berkonsultasi secara online dengan staff medis kami dengan cara mengklik tombol konsultasi di bawah ini.