orang sunat, manfaat sunat

Indonesia dengan mayoritas muslim penduduknya tentu sangat mengenal dengan tradisi sunat. Tradisi ini biasanya dilakukan saat masa liburan sekolah tiba dan biasanya para orang tua akan mengadakan pesta sebagai bentuk rasa syukur dan kebahagiaan bahwa anak laki-lakinya telah berani melaksanakan sunat. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa manfaat sunat yang penting bagi kesehatan. Adapun anak laki-laki yang telah melaksanakan sunat biasanya dikenal dengan sebutan orang sunat.

Sunat adalah salah satu dari prosedur bedah yang menyakitkan, dimana terdapat berbagai masalah yang dapat Anda alami ketika Anda melakukan tradisi sunat seperti terjadinya resiko pendarahan dan infeksi, terjadinya iritasi pada kepala penis, rasa sakit hingga terjadinya resiko cedera pada penis.

Namun bagi orang sunat tidak perlu khawatir sebab ada beberapa manfaat sunat yang sangat baik untuk kesehatannya, meskipun hanya menghilangkan sedikit kulit preputium dari penis. Secara medis tradisi sunat ini dapat mencegah berbagai macam penyakit, antara lain yaitu:

  • Infeksi saluran kencing

Berdasarkan penelitian, beberapa kasus terjadinya infeksi saluran kencing pada laki-laki yang telah melakukan sunat ternyata lebih rendah dibandingkan dengan laki-laki yang tidak melakukan sunat. Selain itu kasus infeksi saluran kencing pada bayi laki-laki lebih banyak dibandingkan dengan bayi perempuan. Namun setelah dilakukan penelitian, terdapat fakta yang mengejutkan yaitu bayi yang mengalami infeksi saluran kencing ternyata dikarenakan belum disunat. Sehingga dari hasil ini, para ahli melakukan kesimpulan bahwa tradisi sunat dapat mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri pada bagian bawah preputium sehingga dapat melindungi dari infeksi saluran kencing.

 

  • Kanker prostat

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Quebec’s INRS-Institut Armand-Frappier di Montreal diketahui bahwa sunat dapat melindungi dari terjadinya kanker prostat. Penelitian dilakukan terhadap bayi, yang ditemukan fakta bahwa laki-laki yang telah disunat saat masih bayi mempunyai resiko yang sangat kecil untuk terkena penyakit kanker prostat, apabila dibandingkan dengan laki-laki yang belum melakukan sunat. Selain itu laki-laki yang telah dewasa kemudian melakukan sunat juga ternyata mempunyai resiko terkena kanker prostat yang lebih kecil yaitu sebanyak 45% daripada laki-laki dewasa yang tidak disunat.

Selain penyakit di atas, ada beberapa manfaat lain dari sunat yang dapat orang sunat dapatkan antara lain yaitu:

  • Menurunkan resiko terkena penyakit menular seksual
  • Mencegah terjadinya masalah pada alat kelamin pria
  • Menurunkan resiko terjadinya kanker pada alat vital pria (penis)
  • Memberikan kemudahan untuk dapat membersihkan organ vital dari berbagai kotoran

Bagi laki-laki yang tidak melakukan sunat ternyata ada beberapa kerugian bagi kesehatannya seperti:

  • Membutuhkan perawatan ekstra

Bagi laki-laki yang tidak sunat maka dalam membersihkan organ vitalnya harus membutuhkan perawatan ekstra, salah satunya yaitu selalu memastikan tidak adanya residu sabun yang tersisa pada bagian preputium yang dapat menjadi pemicu terjadinya infeksi pada kulit yang sensitif pada bagian kepala penis.

 

  • Lebih rentan terhadap bakteri dan virus

Penis yang tidak disunat juga sangat rentan untuk terinfeksi bakteri dan virus, terutama penyakit menular seksual, kanker penis serta peradangan akibat infeksi pada penis. Oleh karena itu sangat wajib bagi laki-laki yang tidak disunat untuk selalu menjaga kebersihan penisnya secara ekstra agar tidak terjangkiti bakteri dan virus yang berbahaya.

Itulah beberapa manfaat sunat bagi orang sunat mengenai kesehatannya, serta berbagai macam penyakit yang dapat terjadi jika tidak melakukan sunat. Jika Anda ingin mengetahui secara mendetail mengenai manfaat sunat bagi orang sunat, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kami secara online dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.