penyebab impoten

Disfungsi ereksi atau yang lebih dikenal dengan impoten merupakan hal yang sangat sensitif untuk dibahas bagi semua pria, karena hal tersebut dapat menyebabkan rasa tidak percaya diri dan minder pada pria yang mengalaminya. Lalu apa sih penyebab impoten itu?

Impoten sendiri merupakan suatu keadaan dimana seorang pria tidak dapat mencapai serta mempertahankan ereksi saat melakukan hubungan seksual. Penyakit ini merupakan gangguan yang menyebabkan seorang laki-laki sulit untuk dapat memuaskan pasangannya. Perasaan malu dan hal-hal lainnya sebaiknya segera dihilangkan agar Anda dapat mengetahui penyebab pasti dari gangguan tersebut.

Lalu kapan penyakit ini muncul? Dan siapa saja yang dapat terjangkit penyakit ini?

Semua laki-laki dari berbagai usia dapat terkena penyakit ini dan mungkin akan sangat sulit unutk melakukan perawatan apabila terus dipertahankan. Penyebab impoten sangat bervariasi serta terdapat berbagai hal yang menjadikan penyebab mengapa seorang laki-laki mengalami gangguan ini.

Berikut ini adalah beberapa hal penyebab impoten yang sering terjadi:

1. Gangguan Emosi

Pada umumnya gangguan emosi serta tekanan yang berat dapat menyebabkan terjadinya masalah ini. Seorang laki-laki akan mengalami tekanan ketika menghadapi berbagai situasi seperti masalah pekerjaan, masalah keluarga, kesibukan yang padat, serta berbagai hal lainnya. Hal-hal tersebut akhirnya akan menyebabkan stress sehingga mengakibatkan laki-laki tidak mendapatkan ereksinya. Hal ini biasanya terjadi pada laki-laki yang berusia 40 tahun ke atas.

1. Gangguan Fisik

Selain gangguan emosi, gangguan fisik juga menjadi penyebab penyakit ini. Hal ini dikarenakan pengaruh dari berbagai hal seperti pekerjaan yang amat berat sehingga menyebabkan tubuh kelelahan, cacat karena kecelakaan, serta berbagai hal lain yang terjadi pada fisik seseorang. Seseorang yang mempunyai gangguan fisik, biasanya akan cenderung mengalami depresi sehingga sulit untuk mendapatkan ereksi.

1. Gaya Hidup

Penyebab lainnya yang paling sering terjadi adalah gaya hidup. Merokok dan meminum minuman yang mengandung alkohol secara terus menerus menjadi pemicu penyakit impoten dalam jangka waktu panjang. Meskipun tidak dapat terlihat dalam jangka waktu yang cepat. Namun, apabila Anda telah kecanduan, maka dapat menyebabkan penyakit disfungsi ereksi.

1. Mengkonsumsi Obat dalam Jangka Panjang

Kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang panjang menurut penelitian juga merupakan salah satu penyebab penyakit impoten. Hal ini terjadi karena berbagai macam jenis zat kimia yang masuk ke tubuh memberikan pengaruh ke aliran darah dalam tubuh. Obat jenis stimultant pada umumnya akan memberikan efek dalam jangka panjang, termasuk saat mengkonsumsi obat hormon.

1. Obesitas

Seseorang yang mengalami obesitas, maka berbagai hal seperti gangguan metabolisme tubuh akan sering terjadi sehingga membuat produksi hormon reproduksi tidak dapat berjalan dengan baik. Selain itu, orang yang mengalami obesitas tidak mempunyai aliran darah yang cukup baik sehingga akan menghambat saat ereksi.

1. Kelainan Endokrin

Endokrin merupakan salah satu kelenjar yang bertugas menghasilkan hormon untuk mengatur produksi hormon seksual, gairah atau hasrat untuk bercinta, sistem reproduksi, metabolisme dan berbagai kondisi tubuh lainnya. Terdapat beberapa penyakit yang disebabkan oleh masalah endokrin sehingga menyebabkan impoten.

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh masalah endokrin antara lain yaitu:

• Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat tubuh yang tidak mampu menghasilkan insulin yang dilakukan oleh kelenjar yang terdapat di dalam pankreas. Hormon insulin sendiri berfungsi untuk merubah kadar gula dalam tubuh menjadi energi. Pada penderita diabetes, kondisi ini menyebabkan penyakit impoten sehingga mempengaruhi kondisi perasaan penderita.

• Kerusakan syaraf

Kerusakan syaraf terjadi karena tubuh mengalami gangguan produksi hormon insulin yang juga merupakan penyebab penyakit diabetes. Pada kondisi yang sudah parah dapat menyebabkan penderita mengalami kerusakan syaraf termasuk sistem syaraf yang bekerja menggerakkan penis. Gangguan pada kerusakan syaraf juga dapat mempengaruhi produksi hormon serta aliran darah pada penis.

Itulah informasi mengenai beberapa penyebab penyakit impoten. Semoga informasi yang terdapat pada artikel ini dapat bermanfaat. Jika Anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai penyebab impoten lainnya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami secara online dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.