Pernahkah Anda mendengar mengenai penyakit prostat? Prostat merupakan kelenjar kecil yang terletak pada bagian panggul pria dan merupakan salah satu bagian dari sistem reproduksi. Prostat berada tepat berada di bawah kandung kemih yang berada di depan rektum. Kelenjar prostat posisinya mengelilingi uretra, yaitu saluran yang berfungsi membawa urine dari kandung kemih menuju penis. Bagaimanakah cara mengetahui gejala prostat?

Penyakit prostat atau penyakit kanker prostat merupakan suatu penyakit yang timbul akibat tumbuhnya sel-sel secara tidak terkendali di dalam kelenjar prostat. Prostat adalah kelenjar yang berfungsi membantu menghasilkan cairan untuk menyuburkan dan melindungi sperma. Saat ejakulasi terjadi, prostat akan mengeluarkan cairan ini untuk menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersamaan dengan keluarnya air mani.

Kanker prostat umumnya tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar, akan tetapi ada juga kanker prostat yang agresif dan mampu menyebar dengan sangat cepat.

Berdasarkan data dari badan kesehatan dunia (WHO), kanker prostat merupakan kasus kanker yang paling sering terjadi dan berada pada urutan kedua pada penyakit yang sering dialami oleh pria. Sekitar 1,1 juta yang berada di seluruh dunia terdiagnosis menderita kanker prostat dan pada tahun 2012 terdapat 307 ribu kasus kematian yang terjadi akibat penyakit ini. Di Indonesia, kanker prostat menjadi penyakit yang menempati urutan ke-5 sebagai jenis kanker yang paling sering terjadi, yaitu menurut data kementrian kesehatan di tahun 2011 jumlah penderita penyakit ini sebanyak 971 orang. Pada umumnya pria yang telah berusia 70 hingga 79 tahun adalah kelompok terbanyak yang paling banyak menderita penyakit ini.

Gejala Prostat

Untuk dapat mengenali penyakit kanker prostat, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengenali gejala prostat ini, yaitu dengan melihat tanda-tanda berikut ini:

1. Sulit berkemih

Kondisi ini dapat berupa perasaan ingin berkemih akan tetapi air seni tidak dapat keluar, atau berhenti secara tiba-tiba saat sedang berkemih, atau muncul perasaan masih ingin berkemih. Terus menerus ke toilet untuk berkemih yang diakibatkan keluarnya air seni yang sedikit juga merupakan salah satu gejala penyakit prostat. Gejala penyakit prostat ini terjadi akibat membesarnya kelenjar prostat yang berada di sekitar saluran kemih, hal ini akibat tumor yang berada di dalam mengganggu proses berkemih. Seiring bertambahnya usia seseorang, maka kelenjar prostat akan semakin besar. Oleh karena itu jika Anda mengalami gejala penyakit prostat ini, sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui apakah yang terjadi hanyalah pembesaran prostat atau kanker prostat.

1. Nyeri saat berkemih

Munculnya rasa nyeri saat berkemih juga terjadi akibat terdapatnya tumor prostat yang menekan pada saluran kemih. Akan tetapi, rasa nyeri ini juga dapat menjadi tanda gejala infeksi prostat atau biasa disebut sebagai prostatitis, atau dapat juga sebagai pertanda terjadinya hiperplasia prostat. Hiperplasia prostat bukanlah sebuah kanker.

1. Keluarnya darah saat berkemih

Darah yang keluar saat berkemih merupakan hal yang jarang sekali terjadi, akan tetapi hal ini jangan diabaikan. Untuk itu jika Anda menderita kondisi ini segeralah memeriksakan diri Anda ke dokter meskipun sedikit sekali darah yang dikeluarkan, baik yang samar-samar atau hanya berwarna merah muda. Pemeriksaan diri ke dokter sangatlah penting sebab kondisi ini dapat juga terjadi pada penderita infeksi saluran kemih.

1. Sulitnya melakukan ereksi atau menahan ereksi

Tumor prostat juga ternyata dapat menyebabkan aliran darah ke penis yang harusnya meningkat saat mengalami ereksi menjadi terhalang sehingga mengakibatkan sulit untuk ereksi. Selain itu juga dapat menyebabkan Anda tidak dapat berejakulasi setelah melakukan ereksi. Namun, perlu Anda periksakan kondisi ini, sebab pembesaran prostat juga dapat menyebabkan terjadinya gejala ini.

1. Munculnya darah pada sperma

Gejala prostat yang satu ini sama seperti munculnya darah pada urine, yaitu muncul dengan tidak terlalu jelas. Darah yang keluar berjumlah tidak terlalu banyak dan hanya menyebabkan perubahan warna menjadi merah muda. Walaupun begitu gejala ini harus tetap diwaspadai oleh Anda, yaitu dengan cara memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mengetahui hasil yang lebih akurat.

Itulah beberapa informasi mengenai gejala prostat yang harus Anda ketahui, sebelum penyakit prostat betul-betul menyerang Anda. Masih banyak gejala prostat lainnya yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin mengetahuinya, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.