Pengertian Ejakulasi Dini

 

Tahukah dengan ejakulasi dini? Sebenarnya apa sih pengertian ejakulasi dini itu? Ejakulasi dini merupakan suatu kondisi dimana seorang pria telah mencapai klimaks saat melakukan hubungan seks dengan pasangannya terlalu cepat.

Setiap pria tentunya pernah mengalami ejakulasi dini. Apabila hal ini terjadi sesekali, maka hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika 50 persen hubungan seksual yang Anda lakukan berakhir dengan ejakulasi dini, maka Anda sangat disarankan untuk menemui dokter spesialis yang berpengalaman mengenai hal ini.

Sampai saat ini belum ada penelitian yang dapat memastikan seberapa lama durasi berhubungan seksual yang baik, hal ini dikarenakan kepuasan antar pasangan berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Namun, pernah dilakukan penelitian yang menunjukkan bahwa waktu rata-rata yang dibutuhkan seorang pria untuk mencapai ejakulasi setelah melakukan penetrasi ke dalam vagina adalah sekitar lima setengah menit, meskipun hal ini masih dapat diperdebatkan.

Pada umumnya, ejakulasi dini terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Ejakulasi dini primer, pengertian ejakulasi dini primer adalah ejakulasi dini yang selalu dialami oleh pria sejak dirinya melakukan hubungan seksual untuk pertama kali atau setiap kali dirinya melakukan hubungan seksual.

 

  • Ejakulasi dini sekunder, yaitu ejakulasi dini yang terjadi pada seorang pria yang sebelumnya pernah mempunyai riwayat ejakulasi normal atau tidak mempunyai masalah ejakulasi sama sekali.

 

Penyebab ejakulasi dini

Setelah Anda mengetahui pengertian ejakulasi dini secara umum, Anda juga harus mengetahui penyebab terjadinya ejakulasi dini pada pria. Salah satu penyebab terjadinya ejakulasi dini pada pria adalah mengenai faktor psikologis. Berikut ini adalah beberapa hal yang berkaitan dengan faktor psikologis penyebab ejakulasi dini, antara lain yaitu:

  • Terdapat masalah pada hubungan Anda dengan pasangan
  • Stress
  • Munculnya rasa cemas karena tidak dapat memuaskan pasangan Anda
  • Depresi
  • Memiliki pengalaman traumatis sejak kecil, seperti pernah dilecehkan secara seksual atau pernah tertangkap basah sedang melakukan onani
  • Seringnya melakukan onani saat masih berusia remaja dengan cara memaksakan diri untuk dapat berejakulasi dengan cepat akibat dari rasa bersalah atau takut tertangkap basah.

Selain beberapa faktor psikologis tersebut, ternyata ejakulasi dini terjadi karena beberapa pemicu yang berkaitan dengan masalah fisik, antara lain yaitu:

  • Terjadinya gangguan tiroid
  • Terjadinya gangguan prostat
  • Mempunyai penis yang hipersensitif
  • Mempunyai gangguan refleks pada sistem yang mengatur ejakulasi
  • Terjadinya radang atau infeksi pada bagian dalam uretra atau prostat
  • Terjadinya gangguan kadar neurotransmiter di bagian dalam otak
  • Terjadinya gangguan hormone
  • Terjadinya kerusakan saraf yang diakibatkan cedera atau operasi
  • Efek samping dari merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang

Selain itu, ternyata ejakulasi dini dapat bersifat turunan. Hal ini berarti, jika di dalam keluarga seseorang pernah mengalami ejakulasi dini, maka orang tersebut akan mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk dapat terkena gangguan ini.

Pengobatan ejakulasi dini

Apabila Anda mengalami ejakulasi dini, Anda tidak perlu langsung memeriksakan diri Anda ke dokter. Anda dapat melakukan beberapa penanganan sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, seperti memakai kondom tebal untuk dapat menurunkan kadar sensitifitas penis Anda, melakukan masturbasi terlebih dahulu selama satu atau dua jam lamanya sebelum Anda melakukan hubungan seksual atau menarik napas dalam-dalam saat Anda akan melakukan ejakulasi

Apabila cara di atas masih belum dapat membuahkan hasil yang positif, selanjutnya Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi hal tersebut. Untuk menangani ejakulasi dini, pada umumnya dokter akan membuat resep obat yang termasuk ke dalam kelompok obat antidepresan, seperti sertraline, fluoxetine, dapoxetine, dan paroxetine.

Selain menggunakan obat, ejakulasi dini juga dapat diatasi dengan menggunakan terapi atau menggunakan beberapa bahan-bahan alami.

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian ejakulasi dini secara umum, serta beberapa penyebab dan cara mengobatinya. Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai informasi ini, Anda dapat segera berkonsultasi dengan staff ahli kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.