Lemah syahwat di usia muda atau impotensi merupakan kondisi tidak mampunya penis untuk ereksi atau mempertahankan posisi tersebut. Masalah ini cukup umum dialami kalangan pria seiring pertambahan usia, dengan tingkat permasalah yang beragam. Pria berusia lanjut tentunya lebih berisiko mengalami lemah syahwat. Namun tidak berarti pria pada usia muda bebas dari risiko lemah syahwat.

Apa Saja Penyebab Lemah Syahwat Di Usia Muda

Selain ditandai dengan kesulitan atau mempertahankan ereksi ketika berhubungan seksual, kondisi ini kerap disertai dengan menurunnya hasrat seksual pada sejumlah penderita. Dalam kondisi yang cukup berat, jika penyebab yang mendasari gangguan ereksi tak ditangani, maka permasalahan ini bisa menjadi awal dari infertilitas bagi kalangan pria disertai beberapa masalah kesehatan lainnya.

1. Sering konsumsi alkohol

Kalangan yang terlalu sering konsumsi alkohol dapat memblokir impuls saraf dan menghalangi komunikasi antara otak dengan tubuh. Alkohol akan mempengaruhi sistem kerja saraf ketika ereksi, sehingga tidak ada keseimbangan antara saraf dan otak yang mengatur penis agar melakukan ereksi ketika berhubungan seksual.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lemah Syahwat Dan Penyebab Lemah Syahwat

2. Menkonsumsi obat

Asupan obat yang digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi, melancarkan aliran darah, bekerja pada arteri dalam darah, sehingga akan mempengaruhi kerja organ untuk memperoleh ereksi. Hipertensi bisa menyebabkan impotensi, karena arteri kurang fleksibel dan sempit, sehingga aliran darah menuju arteri semakin berkurang. Hal tersebut yang menjadi penyebab impotensi, karena darah yang beredar di bagian penis semakin terbatas.

3. Merokok secara berlebihan

Kalangan pria yang suka merokok, biasanya tidak menyadari bahwa kebiasaan tersebut berbahaya untuk kesehatan, termasuk pada organ vitalnya. Semakin lama, timbunan dari kandungan nikotin yang ada dalam rokok akan semakin terkumpul dalam tubuh. Timbunan tersebut akan menyebabkan aliran darah tidak lancar dan menyebabkan ereksi tidak berjalan normal.

4. Menggunakan obat penumbuh rambut

Semua kalangan pria harus memahami bahwa obat penumbuh rambut bisa menjadi penyebab impotensi di usia muda. Beberapa sumber bahkan sudah memberi peringatan mengenai sebuah produk yang mengandung obat tersebut, untuk memberi peringatan mengenai efek samping jangka panjang, termasuk masalah dengan ejakulasi atau lemah syahwat di usia muda.

5. Mengalami depresi

Seseorang yang terserang depresi bisa menyebabkan dirinya tidak mampu ereksi. Masalah ini bermula dari otak, maka tidak heran rasa cemas yang berlebihan dapat menimbulkan ejakulasi dini. Salah satu tanda awal depresi yakni kehilangan minat pada berbagai hal menyenangkan, termasuk ketika berhubungan seksual.

6. Gangguan endokrin

Sistem endokrin dalam akan menghasilkan hormon yang mampu mengatur metabolisme dalam tubuh, fungsi seksual, suasana hati, dan proses reproduksi. Sehingga gangguan endrokin bisa meningkatkan risiko terjadinya lemah syahwat di usia muda pada beberapa kalangan pria. Terkait gangguan tersebut, pria yang menderita diabetes tentunya lebih berisiko menderita lemah syahwat.
 
Hal tersebut berhubungan dengan gangguan saraf yang sering terjadi kepada seseorang yang mengidap diabetes, terlebih apabila kadar gula tidak terkontrol. Untuk menghindari terjadinya lemah syahwat, penderita kami sarankan untuk selalu mengontrol kadar gula darah dengan baik.

7. Pengaruh gaya hidup

Seseorang yang mempunyai gaya hidup tak sehat dapat menimbulkan masalah pada aliran darah dan menyebabkan terserang lemah syahwat di usia muda. Misalnya kebiasan merokok atau konsumsi alkohol yang menyebabkan gangguan pada pembuluh darah serta mengurangi aliran darah ke penis. Selain itu, pria dengan berat yang berlebihan dan jarang menjalankan olahraga rentan menderita lemah syahwat.

Jika Anda salah satu kalangan yang mendapatkan tanda dan gejala impotensi, bisa segera berkonsultasi bersama kami di Klinik Utama Gracia dan memperoleh penanganan yang tepat. Anda bisa melakukan reservasi dengan mudah di 085714263063. Sekian mengenai lemah syahwat di usia muda, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Begini Caranya Mengatasi Lemah Syahwat Secara Alamiah


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikpenyakitkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.