penyakit kelamin pada pria
Menjaga dan merawat organ intim bukan hanya wajib dilakukan oleh para wanita, tapi juga wajib dilakukan oleh para pria. Seorang pria juga harus selalu memperhatikan organ vitalnya agar tidak mudah terserang beberapa penyakit.

Dengan maraknya pergaulan dan seks bebas pada saat ini, justru memicu terjadinya penyakit kelamin yang semakin lama jumlahnya semakin banyak. Diantara beberapa penyakit kelamin tersebut, terdapat jenis-jenis penyakit kelamin yang biasanya terjadi kepada para pria.

Penyakit kelamin pada pria

Selain kepada para wanita, para pria juga dapat terkena penyakit kelamin. Pada artikel kali ini akan dibahas beberapa penyakit kelamin pada pria beserta gejala-gejala yang timbul:

1. HIV

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang sangat terkenal di dunia dan dikategorikan sebagai virus yang sangat berbahaya, bahkan hingga saat ini belum ada pengobatan yang secara klinis mampu untuk mengobati dan membasmi virus ini. Obat yang pernah ditemukan selama ini ternyata bukan untuk menyembuhkan, tetapi hanya memperpanjang usia penderitanya saja.

Virus ini menyebar melalui hubungan kontak langsung dengan si penderita, seperti melakukan hubungan seksual dan berbagi jarum suntik atau alat suntik lainnya.

Ciri-ciri atau gejala yang terjadi pada seseorang yang terkena virus ini belum dapat dijelaskan, sebab gejalanya hampir sama dengan gejala flu ringan seperti sakit tenggorokan, demam, serta munculnya beberapa ruam pada tubuh. Cara untuk mengetahui apakah seseorang terkena virus ini atau tidak yaitu dengan cara melakukan tes HIV dengan disertai bimbingan konseling terhadap si penderita.

1. Sifilis

Sifilis terjadi disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum dan Spirochete Treponema Pallidum. Penyakit ini dapat menyebar secara luas melalui hubungan langsung atau kontak secara langsung dengan si penderita. Selain dapat menyebar melalui hubungan seksual, bakteri ini juga dapat menyebar dengan cara seperti melakukan ciuman dengan si penderita, menggunakan barang-barang yang sama dengan si penderita seperti handuk, toilet umum dll.

Gejala penyakit sifilis yang biasanya timbul antara lain yaitu:

• Munculnya ruam pada organ vital yang menyebabkan rasa gatal
  • Timbulnya kerontokan pada rambut kepala
  • Timbulnya luka yang terbuka seperti habis digigit oleh serangga
  • Tidak enak badan, lelah, mual, menggigil, sakit kepala, demam, kehilangan nafsu makan. Merupakan tanda awal bahwa Anda terkena penyakit sifilis.
  • Si penderita dalam beberapa waktu akan mengalami anemia.

1. Kutil Kelamin

Kutil kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang terjadi akibat dari aktifitas seksual, atau ditularkan melalui seorang ibu kepada bayi yang dilahirkan. Penyakit ini disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV) yang dapat menyebar melalui aktifitas seksual dan kontak langsung dengan kulit si penderita.

Gejala yang timbul akibat dari penyakit ini adalah

• Munculnya bintik-bintik kecil berwarna kemerahan yang secara bertahap akan tumbuh semakin besar dan semakin banyak
  • Munculnya kutil pada bagian luar tubuh yang lembab seperti anus, penis, kepala penis, coronal kulup, dan uretra (saluran kemih). Jika terjadi pada wanita, biasanya akan muncul pada bagian klitoris, anus, vagina, leher rahim dan labia.

1. Herpes Genital

Penyakit ini merupakan penyakit infeksi menular seksual (IMS). Penyakit ini disebabkan oleh sebuah virus yang bernama virus herpes simpleks atau virus HSV. Virus ini menyebar melalui jaringan membran mukosa yaitu sebuah jaringan lunak basah yang melapisi bagian terbuka yang terdapat pada bagian tubuh manusia, seperti bagian dalam telinga, dinding vagina, bagian dalam saluran urin dan anus, bagian dalam kelopak mata, dan dinding mulut.

Gejala yang timbul dari penyakit ini adalah:

• Munculnya gejala flu seperti demam, tubuh yang cepat mengalami kelelahan dan menurunnya nafsu makan.
  • Muncul rasa sakit ketika buang air kecil
  • Timbul rasa sakit pada bagian punggung bawah
  • Munculnya sensasi rasa sakit disertai gatal dan geli pada bagian anal
  • Timbulnya luka melepuh yang terbuka dan pecah pada bagian anal, pantat, rektum dan paha
  • Kulit mengalami luka terbuka dan berwarna merah namun tidak ada rasa sakit atau gatal.

1. Kencing Nanah (Gonore)

Gonore atau kencing nanah disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria Gonorrhoeae yang menyerang dan menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, tenggorokan serta bagian putih pada mata (konjungtiva). Penyakit ini juga dapat menyebar melalui aliran darah dan akan menuju bagian-bagian tubuh untuk di infeksi terutama bagian kulit dan persendian.

Gejala yang biasanya timbul akibat dari penyakit ini adalah:

• Sakit saat buang air kecil
  • Timbulnya rasa nyeri pada bagian testis atau skrotum
  • Keluarnya cairan dari uretra yang menyerupai nanah dan berwarna kuning, putih atau hijau
  • Keluarnya cairan dari dubur yang menyebabkan rasa gatal, nyeri serta pendarahan pada saat buang air besar
  • Jika yang terinfeksi bagian tenggorokan, akan menyebabkan rasa gatal, kesulitan untuk menelan, bahkan dapat menjadi pemicu munculnya kelenjar getah bening pada bagian leher.
  • Jika bagian mata yang terinfeksi, maka akan menyebabkan rasa sensitif yang amat sangat pada bagian mata terhadap cahaya, mata akan mengeluarkan cairan seperti nanah. Mata akan menjadi merah, bengkak dan nyeri sendi

1. Chlamidia

Penyakit ini juga merupakan salah satu penyakit menular seksual yang dapat menjangkit semua kalangan, baik pria maupun wanita, bahkan semua jenis usia. Namun pada umumnya wanita yang berusia muda dan remaja rentan terkena penyakit ini.

Gejala penyakit chlamidia antara lain yaitu:

• Keluarnya cairan dari penis
  • Munculnya rasa sakit pada bagian testis
  • Sakit saat melakukan hubungan seksual
  • Timbulnya rasa sakit pada saat buang air kecil serta pada perut bagian bawah

Itulah beberapa macam penyakit kelamin pada pria beserta gejala-gejala yang biasanya timbul. Sebagai pria harus selalu menjaga kebersihan organ vitalnya dengan sebaik-baiknya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda ingin mendapatkan pengetahuan yang lebih mengenai penyakit kelamin yang sering dialami oleh para pria, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami secara online dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.