Olahraga merupakan salah satu kegiatan aktifitas yang wajib dilakukan oleh semua pria. Karena bagi seorang pria, kesehatan merupakan hal yang paling utama, karena selain membuat tubuh menjadi sehat, olahraga juga menjadikan tubuh seorang pria menjadi lebih berotot dan terlihat gagah.

Untuk itu para pria harus lebih mengetahui berbagai informasi mengenai kesehatan pria. Artikel kali ini akan membahas mengenai info kesehatan pria khususnya tentang kesehatan reproduksi pria.

Menjaga kebersihan organ vital merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan oleh para pria maupun wanita. Bagi pria info kesehatan pria merupakan hal yang harus diketahui secara lengkap, terutama kesehatan reproduksi pria.

Menjaga kesehatan reproduksi dapat dimulai dengan merawat kesehatan organ intim bagian luar dengan benar, rajin dan rutin berolahraga serta menerapkan gaya hidup yang sehat. Selain itu, untuk menunjang serta menjaga kesuburan sistem reproduksi, para pria juga harus memperhatikan asupan makanan yang mengandung nutrisi untuk kesuburannya.

Pola makan dengan disertai dengan asupan gizi yang seimbang dapat menjaga agar sistem kesehatan reproduksi tidak terganggu. Untuk itu perlu nutrisi untuk menunjang kesehatan reproduksi pria. Berikut ini adalah daftar nutrisi yang dibutuhkan oleh pria untuk menjaga kesehatan reproduksinya.

  • Vitamin C

Vitamin ini merupakan salah satu vitamin yang bukan hanya dibutuhkan oleh pria saja namun juga oleh para wanita untuk menunjang sistem reproduksinya agar semakin sehat dan subur. Manfaat vitamin C selain sebagai menjaga sistem kekebalan juga bermanfaat untuk menjaga sistem imun, meningkatkan kesuburan bagi para pria dan mencegah terjadinya gumpalan sperma.

Selain itu, vitamin C juga diperlukan oleh para pria untuk membantu memperbaiki jaringan tubuh terutama penis, mencegah terjadinya ejakulasi dini saat melakukan hubungan seks, disungsi ereksi serta berbagai macam permasalahan seksual lainnya. Vitamin C juga sangat berperan dalam meningkatkan kualitas sperma.

 

  • Vitamin E

Vitamin E juga sangat dibutuhkan oleh para pria untuk menjaga sistem reproduksi mereka. Vitamin E bagi para pria berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan DNA sperma, mendukung produksi hormon-hormon seksual dan memproduksi sperma yang berkualitas. Selain itu vitamin E juga berperan sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas sehingga mencegah timbulnya kerusakan pada DNA sperma. Makanan yang banyak mengandung vitamin E adalah makanan seperti sayuran yang mempunyai warna hijau tua, biji-bijian, hati dan kecambah.

 

  • Vitamin B

Vitamin B dibutuhkan oleh para pria untuk meningkatkan dan menambah kualitas sperma. selain itu, jenis vitamin B yang mengandung asam folat juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses konsepsi (penyatuan sel sperma dengan sel telur). Untuk makanan yang mengandung vitamin B antara lain yaitu susu, hati, brokoli, beras merah, pisang, telur dan ikan.

 

  • Zat besi

Zat besi merupakan kandungan yang sangat dibutuhkan oleh pria dan wanita, zat besi berguna untuk menjaga sirkulasi darah yang mendukung keseimbangan hormon dalam tubuh dapat terjaga. Zat besi juga dikenal mampu menjaga kualitas sperma. Adapun sumber makanan yang berasal dari zat besi antara lain yaitu, bayam, hati dan daging merah.

 

  • Zinc

Zinc merupakan nutrisi yang tidak kalah penting. Nutrisi ini dibutuhkan oleh para pria untuk meningkatkan produksi sperma dan libido. Terdapat beberapa macam makanan yang mengandung zinc seperti daging merah, gandum, beras merah, kerang-kerangan dan sayuran berwarna hijau.

 

  • Selenium

Nutrisi ini merupakan salah satu nutrisi yang baik dan sangat dibutuhkan oleh para pria untuk meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan. Selenium juga berperan sebagai antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah terjadinya oksidasi pada sel sperma. Kandungan selenium dapat Anda temui pada makanan laut, hati dan daging merah.

 

  • Kalsium

Untuk menjaga agar sistem reproduksi selalu sehat, pria juga membutuhkan asupan kalsium yang cukup setiap harinya. Kalsium sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas sperma sekaligus meningkatkan kesuburan sistem reproduksi pria.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai info kesehatan pria khususnya mengenai kesehatan reproduksi pria. Jika Anda ingin berkonsultasi lebih jauh mengenai hal ini, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter spesialis kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.