akibat keputihan berlebihan

Keputihan merupakan suatu hal alami yang pastinya akan dialami oleh semua wanita, apalagi bagi wanita yang sedang hamil. Lalu bagaimana jika keputihan yang dialami berlebihan? Apa akibat keputihan berlebihan?

Sebelum Anda mengetahui akibat keputihan berlebihan, Anda perlu mengenal keputihan itu sendiri dengan lebih jelas. Keputihan merupakan lendir atau cairan yang keluar dari dalam vagina. Cairan atau lendir yang diproduksi oleh kelenjar serviks akan membawa sel-sel yang mati serta bakteri keluar dari dalam vagina.

Pada umumnya penyakit ini akan terjadi sebelum dan sesudah menstruasi, saat melakukan hubungan seks, stress atau mengalami kelelahan. Apabila keputihan yang Anda alami berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka Anda harus segera waspada, sebab hal tersebut dapat menjadi pertanda adanya masalah pada vagina Anda, sebab keputihan merupakan cerminan dari kesehatan wanita.

Terdapat dua jenis keputihan yang biasanya terjadi pada wanita yaitu keputihan patologis dan keputihan fisiologis. Masing-masing dari keputihan ini mempunyai gejala dan ciri-ciri yang berbeda antara satu dengan lainnya. Oleh sebab itu para wanita harus lebih memperhatikan gejala-gejala keputihan yang sedang dialami agar dapat dilakukan pengobatan yang sesuai.

Perhatikan selalu jumlah, warna, aroma serta ada atau tidaknya rasa gatal dan nyeri pada vagina Anda. Apabila keputihan yang Anda alami terjadi tidak seperti biasanya, maka segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan sejak dini.

Gangguan kesehatan pada reproduksi wanita serta masalah seksualitas merupakan akibat dari penyakit keputihan tidak normal yang tidak diobati sejak dini, bahkan gangguan pada reproduksi yang paling parah adalah terjadinya kemandulan (infertilitas).

Apabila kondisi keputihan disebabkan oleh bakteri, jamur, virus dan parasit sehingga menularkan penyakit kepada pasangannya, akan menyebabkan masalah seksualitas. Keputihan yang disebabkan oleh virus, bakteri, parasit dan jamur akan mengakibatkan keputihan berlebih sehingga mengganggu dan mengurangi aktifitas seksual.

Akibat keputihan berlebihan

Jika keputihan berlebih akan mengakibatkan berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah beberapa penyakit akibat keputihan berlebihan, yaitu:

Vaginitis

Merupakan kondisi dimana terjadinya peradangan pada vagina, dan biasanya kasus peradangan vagina terjadi akibat keputihan tidak normal yang tidak mendapatkan pengobatan. Oleh sebab itu bagi wanita yang sedang hamil jika terinfeksi penyakit ini dapat mengakibatkan kelahiran prematur serta mempengaruhi kesehatan sang bayi.

Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan penyakit yang amat berbahaya jika tidak segera ditangani dengan cepat. Untuk mencegah terjadinya kanker serviks, wanita sebaiknya rutin melakukan tes smear yaitu pengambilan cairan vagina untuk dilakukan pengecekan apakah ditemukan penyakit pada vagina ataukah tidak. Apabila cairan keputihan yang keluar berbau, berwarna merah atau cokelat serta keluar dalam jangka waktu yang lama dari biasanya, maka hal itu merupakan pertanda dari penyakit kanker serviks. Oleh sebab itu jika Anda mengalami hal-hal tersebut, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter agar diberikan tindakan penanganan yang sesuai. Jika wanita terkena kanker serviks, maka wanita tersebut beresiko untuk dilakukan pengangkatan rahim yang menyebabkan wanita tersebut tidak dapat memberikan keturunan alias mengalami kemandulan.

Radang Panggul

Keputihan tidak normal yang tidak diobati dapat meluas hingga ke rongga rahim, lalu merembet ke saluran indung telur yang pada akhirnya akan menginfeksi ke dalam rongga panggul yang menyebabkan penyakit radang panggul. Bagi wanita yang terkena penyakit radang panggul ini beresiko untuk mengalami kemandulan serta kehamilan ektopik.

Penyakit Kelamin

Jenis penyakit kelamin yang menyebabkan terjadinya keputihan abnormal atau tidak normal adalah gonore dan klamidia. Apabila penderita mengalami keputihan yang berwarna kuning kehijauan, gatal dan timbulnya aroma tidak sedap maka wanita tersebut telah terinfeksi penyakit gonore atau kencing nanah.

Infeksi Saluran Kemih

Keputihan yang tidak normal bukan hanya menginfeksi wilayah sekitar vagina saja, melainkan organ-organ lain seperti saluran kemih juga akan terjadi infeksi. Hal ini dapat terjadi apabila peradangan yang terjadi pada vagina tidak diobati sehingga menyebabkan penderita mengalami rasa nyeri saat buang air kecil.

Itulah beberapa informasi akibat keputihan berlebihan serta beberapa penyakit yang dapat timbul akibat keputihan berlebihan. Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai hal ini, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.