cara mengatasi keputihan yang gatal

Pada dasarnya setiap wanita di bumi ini pasti akan mengalami keputihan, terutama saat mengalami hamil. Namun, kondisi seperti ini justru membuat wanita merasa tidak nyaman, apalagi jika kondisi keputihan yang dialami tidak normal yang menyebabkan rasa gatal serta berbau tidak sedap. Menghadapi hal ini, para wanita pun mencari berbagai cara mengatasi keputihan yang gatal ini.

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi keputihan gatal, sebaiknya Anda mengetahui apa itu keputihan, serta jenis-jenis keputihan yang biasanya menyerang.

Keputihan adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh virus, bakteri dan parasit. Pada umumnya seseorang dikatakan mengalami keputihan apabila terjadi keluarnya cairan dari dalam vagina yang berwarna putih bening, dan tidak berbau. Keputihan dapat terjadi kapan saja terutama saat Anda mengalami siklus menstruasi atau saat Anda hamil.

Terdapat dua jenis keputihan yang harus Anda ketahui yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal. Keputihan yang normal adalah keputihan yang tidak berbahaya sehingga tidak memerlukan penanganan secara khusus, sedangkan keputihan yang tidak normal merupakan keputihan yang cukup berbahaya, menyebabkan rasa gatal pada daaerah seputar vagina. Rasa gatal yang ditimbulkan dapat menjadi suatu pertanda bahwa telah terjadi penyakit menular seksual.

Keputihan yang gatal, dapat diakibatkan oleh beberapa faktor penyebab, antara lain yaitu:

  1. Iritasi

Salah satu penyebab utama keputihan terasa gatal adalah terjadinya iritasi pada vagina. Vagina yang terasa gatal dapat menjadi pemicu terjadinya alergi sehingga menyebabkan rasa gatal pada seluruh tubuh, termasuk ke dalam vagina.

 

  1. Penyakit Kulit

Pada beberapa kasus ditemukan bahwa terjadinya gatal pada vagina disebabkan oleh beberapa penyakit kulit yang disinyalir menjadi pemicunya, contohnya seperti eksim dan psoriasis yang jika tidak segera ditangani, maka akan menyebar ke dalam vagina.

 

  1. Menopause

Gatal pada vagina juga dapat terjadi akibat masa menopause yang akan segera terlewati. Hal ini terjadi akibat terjadinya penurunan kadar estrogen sehingga menyebabkan penipisan mukosa sehingga vagina menjadi kering. Vagina yang telah kering dapat menyebabkan terjadinya iritasi sehingga menimbulkan rasa gatal.

 

  1. Stress

Salah satu penyebab gatal pada vagina saat mengalami keputihan adalah stress. Stress dapat mengakibatkan sistem kekebalan tubuh melemah, sehingga rentan terinfeksi berbagai macam penyakit yang mengakibatkan gatal pada vagina.

Cara mengatasi keputihan yang gatal

Ada beberapa cara mengatasi keputihan gatal secara alami, antara lain yaitu:

  1. Yoghurt

Cara mengatasi keputihan yang gatal pertama adalah dengan menggunakan yoghurt. Yoghurt adalah hasil fermentasi dari olahan susu sapi yang di dalamnya terkandung bakteri baik yang mampu membantu mengatasi infeksi pada tubuh Anda, termasuk memerangi jamur. Untuk mengatasi gatal pada vagina, Anda cukup mengkonsumsi yoghurt sebagai makanan sehat, sebab dengan kandungan probiotik yang terdapat di dalamnya, yoghurt menjadi cara yang paling efektif untuk mengatasi keputihan gatal pada vagina.

  1. Bawang Putih

Cara mengatasi keputihan gatal selanjutnya adalah dengan bawang putih. Kandungan sulfur dan suforaphane yang terdapat di dalam bawang putih akan secara aktif menyerang jamur, sehingga dapat mengatasi rasa gatal pada vagina. selain itu, jamur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia serta membersihkan vagina tanpa adanya efek samping.

 

  1. Minyak Kelapa

Senyawa aktif yang terdapat pada minyak kelapa dipercaya mampu mengatasi jamur penyebab gatal pada vagina saat mengalami keputihan. aadpun caranya yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes minyak kelapa murni ke dalam air yang biasanya Anda gunakan untuk membersihkan diri (mandi).

 

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dengan kandungan ekstraknya yang sangat berkhasiat untuk mengobati segala macam penyakit telah dipercaya oleh nenek moyang kita sejak jaman dahulu. Tidak hanya itu, ternyata minyak ini mampu mencegah aktifitas jamur semakin meluas sehingga sangat ampuh untuk mengatasi rasa gatal pada vagina saat mengalami keputihan. untuk mengatasi keputihan yang gatal saat mengalami keputihan, Anda dapat mencampurkan minyak zaitun pada air yang biasa Anda gunakan untuk mandi atau berendam, atau Anda juga dapat mencampurkan minyak zaitun pada masakan Anda.

 

  1. Cuka Apel

Cara mengatasi keputihan yang gatal selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Pada cuka sari apel terkandung kandungan bahan aktif yang mampu menghancurkan jamur penyebab rasa gatal hingga ke bagian akar. Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencampurkan cuka apel dengan air yang biasanya Anda gunakan untuk mandi atau berendam.

Itulah beberapa informasi mengenai beberapa cara mengatasi keputihan yang gatal secara alami. Jika Anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai cara mengatasi keputihan yang gatal secara lebih lengkap, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter kami, dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.