keputihan normal dan tidak normal, keputihan normal

Keputihan merupakan kejadian alami yang tidak akan dapat dihindarkan oleh seluruh wanita terutama wanita yang sedang hamil. Namun tahukah Anda mengenai keputihan normal dan tidak normal?

Penyakit keputihan merupakan suatu reaksi alami yang terjadi akibat terjadinya infeksi pada bagian dalam vagina atau leher rahim sehingga akhirnya rongga vagina bereaksi dan membersihkan dirinya dari sumber infeksi tersebut. Fungsi vagina yaitu menghubungkan antara bagian luar tubuh dengan organ bagian dalam reproduksi.

Ketika kondisi vagina dalam keadaan sehat, maka akan menghasilkan lendir yang berwarna putih bening, hal itu bertujuan untuk membersihkan semua zat-zat atau kotoran-kotoran asing yang masuk ke dalam leher rahim.

Keputihan yang normal

Gejala

• Berbentuk lendir dengan mempunyai warna putih bening yang sangat jelas
  • Ketika lendir keputihan dipegang, maka tekstrurnya lengket dan mudah hilang apabila terkena air
  • Keputihan yang disertai dengan gumpalan berwarna putih dan terlihat jelas batas antara lendir satu dengan lainnya
  • Keputihan yang disertai dengan serabut warna putih yang sangat tipis dan bahkan hampir tidak terlihat
  • Keputihan akan meninggalkan flek warna kuning pada pakaian dalam apabila telah kering setelah dicuci

Penyebab

Terdapat beberapa penyebab terjadinya keputihan yang normal, antara lain yaitu:

• Terjadinya perubahan siklus menstruasi
  • Stress yang telah mencapai tingkatan yang sangat tinggi
  • Terjadinya perubahan hormon akibat gizi
  • Terjadinya kehamilan
  • Penggunaan pil KB secara terus menerus tanpa resep dokter
  • Nafsu Seksual

Keputihan Tidak Normal

Gejala

• Terjadinya keputihan yang disertai dengan rasa tidak nyaman pada bagian panggula seperti rasa nyeri yang sangat berlebihan
  • Terjadinya keputihan menyebabkan rasa gatal pada daerah sekitar organ intim
  • Munculnya ruam pada sekitar kulit bekas keputihan yang diakibatkan oleh infeksi
  • Jumlah lendir dari keputihan yang terjadi terus bertambah dan tidak dapat diobati dengan cara biasa atau cara alami.
  • Munculnya rasa sakit atau nyeri ketika buang air kecil
  • Lendir keputihan yang terjadi disertai dengan adanya gumpalan-gumpalan putih yang tebal atau keras
  • Lendir yang dihasilkan berwarna kunging, kecokelatan atau hijau dengan bau yang sangat menyengat dan amis

Penyebab

Terdapat beberapa hal yang menjadi pemicu terjadinya keputihan tidak normal, antara lain yaitu:

• Terjadinya infeksi akibat jamur sehingga mempengaruhi kondisi sekitar bagian dalam vagina dan menyebabkan keputihan
  • Terjadinya infeksi akibat dari bakteri vaginosis, yaitu bakteri yang menyerang bagian dalam rongga vagina
  • Infeksi yang terjadi akibat parasit yang ditularkan oleh pasangan seks
  • Terjadinya infeksi gonore akibat dari virus clamidia
  • Infeksi akibat virus yang menyebabkan terjadinya penyakit herpes genital

Perbedaan Keputihan Normal dan Tidak Normal

Perbedaan antara keputihan normal dan tidak normal jika disertai dengan darah dapat menjadi penanda waktu menstruasi yang akan seger datang. Namun, apabila disertai dengan darah kental secara terus menerus, maka hal ini dapat menjadi infeksi yang serius. Kondisi yang kemungkinan terjadi akibat dari tanda ini seperti kanker leher rahim, polip di bagian leher rahim, serta infeksi yang menyebar ke dalam organ reproduksi.

Perbedaan keputihan normal dan tidak normal lainnya, yaitu apabila warna keputihan menjadi putih kental dan menyebabkan rasa gatal, maka kemungkinan yang terjadi adalah adanya infeksi jamur. Infeksi ini dapat diobati dengan menggunakan antibiotik, akan tetapi sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter untuk mencegah infeksi semakin serius.

Apabila keputihan berwarna kuning atau kehijauan, dapat menjadi pertanda terjadinya infeksi gonore sehingga membutuhkan perawatan dengan segera. Jika keputihan tidak segera ditangani dengan baik dan benar, akan menyebabkan infeksi semakin menyebar ke dalam rongga vagina.

Apabila keputihan mempunyai warna putih keabuan yang disertai dengan busa, maka kemungkinan hal ini merupakan pertanda terjadinya infeksi bakteri vaginosis. Apabila terinfeksi penyakit ini, sangat disarankan untuk segera mendatangi dokter untuk segera mendapatkan tindakan yang tepat.

Apabila keputihan yang terjadi disertai dengan cairan yang berwarna biru dan licin, maka hal ini merupakan pertanda bahwa telah terjadinya infeksi virus herpes. Jika Anda mengalami hal ini maka segeralah berkonsultasi dengan dokter agar segera dilakukan tindakan yang tepat, sebab jika hal ini dibiarkan saja, maka akan menyebabkan rasa sakit yang berlebihan.

Itulah informasi mengenai keputihan normal dan tidak normal, untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kelamin agar Anda segera mendapatkan tindakan yang diperlukan. Jika Anda ingin mengetahui mengenai keputihan normal dan tidak normal, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan staff kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.