keputihan berwarna putih susu

Keputihan adalah kondisi yang pastinya akan terjadi oleh semua wanita, khususnya bagi wanita yang sedang hamil. Keputihan juga dapat menyerang segala usia, maka tidak heran jika wanita yang baru pertama kali mengalami siklus menstruasi mendapatkan keputihan. Namun, jika keputihan yang terjadi mempunyai warna-warna tertentu, maka dapat memiliki arti yang berbeda. Terlebih lagi jika keputihan berwarna putih susu tentunya menjadi pertanda bahwa telah terjadi kondisi yang kurang baik pada organ intim wanita.

Keputihan berwarna putih susu

Keputihan menurut jenisnya terbagi menjadi dua, yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal. Pada umumnya keputihan normal tidak berwarna, tidak menyebabkan rasa gatal, dan tidak berbau. Sebaliknya keputihan tidak normal, yaitu keputihan yang berbau tidak sedap, berwarna dan menyebabkan rasa gatal. Menurut pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa keputihan berwarna putih susu merupakan salah satu keputihan tidak normal.

Penyebab Keputihan Tidak Normal

• Infeksi Jamur

Tanda-tanda keputihan terjadi akibat adanya infeksi jamur, antara lain yaitu cairan keputihan berwarna putih susu, menggumpal, tidak berbau, dan menyebabkan rasa gatal

• Infeksi Trichomoniasis

Ciri-ciri keputihan yang terjadi akibat Infeksi Trichomoniasis, yaitu cairan berwarna kuning kehijauan, berbau amis, dan munculnya rasa nyeri ketika buang air kecil

• Infeksi Bakteri

Ciri-cirinya yaitu, cairan berwarna putih abu-abu, dan berbau amis

• Kanker Serviks

Ciri-cirinya yaitu, keluarnya cairan keputihan yang telah bercampur dengan darah

Keputihan dengan warna putih susu merupakan tanda bahwa telah terjadi infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida Albicans. Pada umumnya jamur ini tumbuh pada organ intim wanita yang terkenal sangat lembab.

Secara alami, jenis jamur seperti ini memang tumbuh pada organ intim wanita. Akan tetapi karena adanya suatu hal, maka perkembangannya menjadi tidak terkendali sehingga menyebabkan terjadinya keputihan. Jamur yang tumbuh secara berlebihan pada organ intim wanita, dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya seperti:

• Lemahnya sistem kekebalan tubuh

Dengan lemahnya sistem kekebalan tubuh membuat tubuh tidak dapat menyeimbangkan tumbuhnya jamur, sehingga membuat tubuh semakin tidak terkendali. Kondisi tubuh yang lemah pada seorang wanita menyebabkan wanita dapat dengan mudah terserang penyakit seperti stress, flu, serta beberapa penyakit lainnya yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

• Terjadinya kehamilan

Ketika wanita mengalami kehamilan, maka kadar hormon esterogen pada tubuhnya akan meningkat. Meningkatnya kadar hormon estrogen pada tubuh wanita akan membuat organ intim wanita tersebut menjadi lebih rentan terinfeksi jamur, khususnya bagi wanita yang sedang hamil. Pada umumnya wanita akan mencari cara agar dapat menghilangkan jamur tersebut dengan membeli obat-obatan yang dijual di pasaran. Hal ini merupakan tindakan yang kurang bijak, sebab Anda belum tentu mengetahui kondisi atau jenis keputihan yang Anda alami. Disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda mengkonsumsi atau menggunakan obat-obatan untuk mengatasi infeksi jamur tersebut.

• Membersihkan organ intim menggunakan pembersih yang kurang tepat

Bagi sebagian wanita, dalam membersihkan area seputar kewanitaannya selalu menggunakan sabun mandi, padahal sabun mandi mempunyai kadar keasaman yang tidak sesuai bagi organ intim wanita. Oleh karena itu sangat disarankan bagi wanita untuk memakai pembersih khusus untuk membersihkan organ intimnya. Sebab pembersih khusus bagi organ intim wanita mempunyai kemampuan untuk mempertahankan bakteri baik sehingga dapat menghambat tumbuhnya jamur serta membasmi bakteri jahat yang merugikan.

Mengatasi keputihan berwarna putih susu

Setelah Anda memahami penyebab keputihan ini dikarenakan jamur, maka diharapkan kepada seluruh wanita untuk selalu berhati-hati dalam merawat organ intimnya. Jika muncul keputihan yang tidak wajar, maka segeralah lakukan pengobatan. Sebab jika keputihan tersebut dibiarkan, akan dapat merambat pada organ reproduksi lainnya sehingga mengganggu kesuburan.

Pengobatan alami untuk mengatasi keputihan ini adalah dengan menggunakan air rebusan daun sirih, yaitu dengan mengkonsumsinya atau dengan menggunakan air rebusan terebut sebagai pembasuh organ kewanitaa. Hal ini supaya dilakukan secara teratur hingga keputihan tersebut hilang.

Demikianlah informasi mengenai keputihan berwarna putih susu. Jika Anda ingin mengetahui informasi ini secara lebih lengkap, Anda dapat berkonsultasi dengan staff medis kami secara online melalui tombol konsultasi di bawah ini.