Keputihan merupakan kondisi alami yang terjadi pada seluruh wanita baik yang telah mengalami siklus menstruasi, saat mengalami keputihan, atau menjelang menstruasi. Keputihan sendiri menurut jenisnya terbagi menjadi dua yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal. Keputihan normal merupakan keputihan yang tidak berbahaya, sedangkan keputihan tidak normal merupakan keputihan yang berbahaya serta dapat menjadi pertanda terjadinya penyakit menular seksual. Apa saja ciri-ciri keputihan yang berbahaya dan bagaimana cara mencegahnya?

Keputihan merupakan kondisi dimana keluarnya cairan dari dalam vagina wanita yang berwarna putih bening. Terjadinya keputihan berfungsi untuk mengeluarkan sel-sel serta berbagai macam bakteri dalam vagina yang telah mati. Pada dasarnya keputihan dapat terjadi kepada seluruh wanita tanpa melihat usia, bahkan wanita yang masuk dalam masa subur juga dapat mengalami keputihan, apalagi wanita yang sedang hamil.

Menurut jenisnya keputihan terbagi menjadi dua, yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal. diantara keduanya, keputihan tidak normal merupakan keputihan yang berbahaya. Oleh karena itu para wanita harus mengetahui beberapa gejala keputihan yang terjadi sehingga mampu mendiagnosa apakah keputihan yang dialaminya tergolong berbahaya atau tidak.

Beberapa hal di bawah ini merupakan ciri-ciri keputihan yang berbahaya, antara lain yaitu:

  • Keputihan disertai dengan rasa gatal

Ciri-ciri keputihan yang berbahaya pertama adalah keputihan yang disertai rasa gatal. Jika keputihan yang terjadi tidak memiliki bau serta lebih cair namun menyebabkan rasa gatal, maka hal ini dapat disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh clamidia. Infeksi yang terjadi merupakan infeksi umum yang tetap dibutuhkan perawatan hingga sembuh. Keputihan yang disertai dengan rasa gatal juga menjadi pertanda terjadinya penyakit menular seksual, yang jika dibiarkan akan menyebar hingga ke saluran kemih, sehingga mengakibatkan terjadinya infeksi saluran kemih.

 

  • Bau keputihan yang tidak sedap

Bau keputihan yang tidak sedap juga harus diwaspadai oleh para wanita. Keputihan jenis ini dapat ditandai dengan bentuk yang lebih kental, aroma busuk yang menyengat, dan mempunyai warna hijau atau kuning. Keputihan seperti ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang dapat menjadi pertanda adanya infeksi atau penyakit berat, seperti terjadinya kanker serviks, penyakit kista, kista ovarium, gejala endometriosis, atau tanda-tanda miom.

 

  • Keputihan yang dialami disertai dengan seringnya buang air kecil

Keputihan jenis ini merupakan keputihan berbahaya, apalagi jika keputihan yang keluar dari dalam vagina berbentuk lebih cair, atau berbentuk tegas namun sering membuat rasa ingin buang air kecil yang disertai dengan rasa panas. Kondisi ini merupakan tanda terjadinya infeksi saluran kemih sehingga sangat diperlukan perawatan secara tepat dan benar, terlebih lagi jika kondisi sudah kronis maka akan mengakibatkan terjadinya gagal ginjal serta infeksi pada bagian ginjal.

 

  • Keputihan disertai dengan pendarahan

Keputihan yang disertai dengan pendarahan, biasanya terjadi setelah masa menstruasi atau menjelang wanita mengalami menopause. Jenis keputihan ini merupakan keputihan yang berbahaya, sebab dapat menandakan bahwa telah terjadinya masalah pada organ vital atau organ reproduksinya. Pada umumnya wanita yang mengalami keputihan seperti ini terdiagnosa mengalami kanker rahim atau kanker serviks, sedangkan bagi wanita yang sedang hamil, dengan mengalami keputihan yang disertai pendarahan dapat menandakan bahwa dirinya mengalami keguguran pada kandungannya.

 

  • Keputihan cair secara terus menerus

Jika keputihan yang terjadi berbentuk cair namun keluarnya secara terus menerus, menandakan bahwa telah terjadi infeksi yang sangat serius pada organ intim Anda. Terjadinya keputihan seperti ini dapat diakibatkan oleh penyakit herpes genital atau herpes yang terjadi pada organ intim. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual, oleh karena itu perawatan yang tepat sangat diperlukan untuk menyembuhkan infeksi yang telah terjadi serta mencegah agar tidak ada lagi infeksi secara berulang.

Itulah beberapa informasi mengenai ciri-ciri keputihan yang berbahaya. Untuk mengobatinya diperlukan beberapa langkah-langkah baik medis ataupun alami. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih lengkap mengenai ciri-ciri keputihan yang berbahaya lainnya, Anda dapat berkomunikasi secara langsung (online) dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.