Seorang wanita tentunya pernah mengalami keputihan, apalagi bagi wanita yang sedang hamil tentunya akan sangat sering mengalami keputihan. Bagaimanakah cara menyembuhkan keputihan pada wanita?

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menyembuhkan keputihan pada wanita, alangkah baiknya Anda mengetahui apa itu keputihan, serta apa saja jenis-jenis keputihan. Keputihan atau fluor albus adalah kondisi dimana terjadinya sekresi vaginal pada wanita. Penyakit keputihan biasanya akan muncul menjelang siklus menstruasi atau setelah menstruasi.

Hal yang harus selalu diperhatikan ketika Anda mengalami keputihan adalah kondisi keputihan itu sendiri, mulai dari bentuk, warna, bau, serta jumlah cairan keputihan yang Anda alami. Hal itu dikarenakan setiap tanda keputihan yang berbeda tentunya sangat berpengaruh terhadap cara serta langkah-langkah yang harus dilakukan untuk dapat menyembuhkannya.

Keputihan menurut jenisnya terbagi menjadi dua, yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan tidak normal (patologis). Dua jenis keputihan ini mempunyai ciri, bentuk serta penyebab yang berbeda-beda. Oleh karena itu para wanita harus mengetahui bagaimana cara melakukan tindakan perawatan yang benar dan tepat. Sebab dengan melakukan perawatan keputihan yang tepat akan sangat penting untuk melakukan tindakan penyembuhan serta menjaga kesehatan reproduksi wanita.

Berikut ini adalah beberapa cara menyembuhkan keputihan pada wanita yang dapat Anda lakukan, antara lain yaitu:               

  • Menggunakan cuka sari apel

Cuka sari apel sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit keputihan, hal ini dikarenakan cuka sari apel dapat membantu vagina untuk menyeimbangkan pH pada daerah sekitar vagina. Selain itu, cuka sari apel juga sangat berguna untuk meningkatkan jumlah bakteri baik pada vagina Anda serta mengurangi bau yang timbul akibat infeksi jamur.

 

  • Mengkonsumsi pisang

Ternyata dengan mengkonsumsi pisang secara rutin dan teratur dapat menyembuhkan penyakit keputihan secara alami. Hal ini dikarenakan kandungan gizi yang terdapat pada pisang dapat membantu tubuh dalam mengatasi gangguan reproduksi dengan menyeimbangkan hormon dari dalam tubuh. Bagi Anda yang mengalami keputihan sangat disarankan untuk mengkonsumsi pisang selama dua kali sehari. Selain itu, pisang juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda, dan kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang dapat membantu meningkatkan detak jantung agar selalu sehat.

 

  • Mengkonsumsi jus delima

Kandungan nutrisi yang terdapat pada jus delima ternyata dapat meningkatkan keseimbangan hormon pada tubuh Anda serta mencegah berkembangnya virus dan bakteri. Selain itu kandungan pada jus delima juga dapat membunuh semua bakteri jahat yang selama ini berkembang di dalam vagina Anda. Maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa mengkonsumsi jus delima juga merupakan cara menyembuhkan keputihan pada wanita secara alami. Sangat disarankan untuk selalu mengkonsumsi jus delima minimal satu kali sehari.

 

  • Meminum jahe hangat

Jahe adalah salah satu tanaman obat berkhasiat yang sudah sejak lama digunakan oleh nenek moyang sebagai tanaman untuk menyembuhkan segala penyakit. Ternyata dengan senyawa alami yang ada pada jahe membuat jahe dapat digunakan untuk mencegah radikal bebas serta melawan infeksi bakteri dan virus. Selain itu, jahe juga dapat melawan bakteri jahat yang terdapat di dalam vagina.

Untuk menyembuhkan penyakit keputihan, Anda cukup merebus satu gelas air minum yang telah dicampurkan dengan satu ruas kecil jahe segar. Setelah airnya mendidih, maka angkat dan saringlah, lalu minum airnya selagi masih hangat. Anda juga dapat menambahkan madu atau gula batu untuk membuat rasanya lebih nikmat.

 

  • Mengkonsumsi yoghurt

Yoghurt adalah salah satu makanan dengan sumber probiotik alami yang sangat tinggi sehingga mampu melawan tumbuhnya bakteri jahat di dalam vagina yang menyebabkan penyakit keputihan. Selain itu, yoghurt juga ternyata mampu melawan infeksi jamur yang terjadi pada vagina. yoghurt juga dapat memelihara organ reproduksi wanita dari dalam tubuh secara alami. Untuk itu maka tidak salah jika mengkonsumsi yoghurt merupakan salah satu cara mengatasi keputihan pada wanita secara alami.

Itulah beberapa informasi mengenai penyakit keputihan, serta beberapa cara menyembuhkan keputihan pada wanita secara alami. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih lengkap mengenai cara menyembuhkan keputihan pada wanita secara alami, Anda dapat melakukan konsultasi secara online dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.