Bagi para wanita, keputihan merupakan suatu masalah yang dapat mengurangi kecantikan karena penyakit ini seringkali menimbulkan bau yang tidak sedap. Lalu bagaimanakah cara mencegah keputihan?

Keputihan merupakan masalah pada wanita yang sering terjadi setelah masa menstruasi ataupun saat memasuki pertengahan menjelang menstruasi. Keputihan terjadi akibat infeksi yang diakibatkan oleh bakteri candida albicans sehingga menyebabkan vagina mengeluarkan cairan putih bening atau kekuningan atau kehijauan yang kental dan disertai dengan gatal, sakit dan bau yang tidak sedap.

Penyakit ini membuat wanita menjadi tidak nyaman, sebab menjadikan vagina menjadi lebih lembab dan basah. Menurut jenisnya, keputihan terbagi menjadi dua yaitu keputihan normal dan tidak normal. keputihan normal yaitu keputihan yang tidak berbau dengan jumlah cairan yang keluar normal tidak berlebihan, meskipun kadarnya berbeda antara wanita satu dengan lainnya sesuai siklus menstruasi.

Keputihan yang tidak normal yaitu keputihan yang menyebabkan bau tidak sedap, berwarna terang dan jelas, serta mempunyai jumlah cairan yang lebih banyak bahkan berlebihan dari biasanya. Selain itu keputihan juga akan terasa lengket dan lembab.

Cara mencegah keputihan

Untuk mencegah terjadinya keputihan, dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

Menjaga kebersihan pakaian dalam dan luar

Menjaga kebersihan pakaian dalam dan luar merupakan salah satu cara mencegah keputihan yang dapat Anda lakukan. Gunakanlah pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun agar area sekitar vagina menjadi tidak lembab dan kering. Selain itu, hindari penggunaan bahan sintetis yang merupakan bahan yang mudah panas serta dapat menghasilkan keringat yang berlebih.

Untuk pakaian luar, sangat disarankan untuk menggunakan pakaian yang longgar dan tidak terlalu ketat, hal ini bertujuan agar area sekitar reproduksi menjadi lebih nyaman.

Menghindari penggunaan cairan pembersih vagina

Banyak jenis cairan pembersih vagina yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotik sekitar wilayah Anda, selain itu dalam menggunakan cairan ini cukup mudah sebab tidak memerlukan resep dari dokter. Akan tetapi Anda harus mengetahui bahwa ternyata cairan pembersih vagina dapat meningkatkan jumlah keputihan yang Anda alami. Hal itu dikarenakan beberapa bahan kimia dalam cairan yang terkandung di dalamnya dapat merusak pH murni di dalam vagina Anda serta mematikan bakteri baik. Oleh karena itu jika Anda mengalami keputihan, sebaiknya tidak menggunakan cairan pembersih vagina.

Menghindari stress yang berlebihan

Stress yang berlebihan, dapat membuat Anda menjadi depresi, yang apabila Anda tidak dapat menanganinya, maka akan menimbulkan gangguan serta guncangan jiwa. Selain itu, stress ternyata dapat memicu terjadinya keputihan dan beberapa penyakit lainnya. Oleh karena itu jauhi dan hindari stress yang berlebihan.

Melakukan pola makan yang sehat

Menjaga kesehatan merupakan hal yang harus dijaga secara benar dan tepat, salah satunya dengan menerapakan pola hidup yang sehat. Mengkonsumsi makanan yang bergizi serta mempunyai kandungan protein, serat, mineral, karbohidrat yang banyak mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu menjaga pola makan sehat juga merupakan salah satu cara mencegah keputihan yang dapat diterapkan dengan mudah.

Merutinkan membersihkan vagina

Untuk mencegah penyakit keputihan, salah satu cara yang wajib dilakukan adalah dengan selalu menjaga kebersihan vagina Anda. Hal ini disebabkan vagina mempunyai tingkat kesensitifan yang sangat tinggi apabila dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya. Oleh karena itu tidaklah heran jika akan terjadi banyak masalah jika kebersihan vagina tidak di jaga dengan baik. Penyakit seperti kutil kelamin, keputihan, vagina gatal, kutu rambut, kanker, tumor dan bau pada vagina akan selalu mengintai vagina yang tidak di jaga kebersihannya. Oleh karena itu rawatlah vagina Anda dengan baik dan benar.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mencegah keputihan pada wanita. Jika Anda ingin mengetahui mengenai informasi ini secara lebih lengkap, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.