Keputihan merupakan penyakit yang seringkali diderita oleh para wanita, khususnya bagi para wanita hamil. Terkadang keputihan yang dialami oleh para wanita berwarna bening dan tidak berbau amis, namun adapula beberapa wanita yang mengalami keputihan yang berbau amis dan tidak sedap. Sebenarnya apa sih penyebab keputihan berbau amis?

Keputihan menurut jenisnya terbagi menjadi dua, yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal. Keputihan dikatakan normal apabila mempunyai warna bening dan tidak berbau, baik selama masa ovulasi atau setelah mengalami menstruasi. Apabila keputihan yang Anda alami berbau amis dan mempunyai warna yang mencolok dan cerah, maka dapat dipastikan bahwa Anda mengalami keputihan yang tidak normal. Terjadinya keputihan berbau amis atau keputihan abnormal dapat disebabkan oleh berbagai hal, akan tetapi penyebab utama dan seringkali ditemukan adalah bakteri.

Perlu Anda ketahui bahwa di dalam vagina Anda terdapat bakteri, akan tetapi bakteri tersebut bukanlah bakteri yang membahayakan apabila pertumbuhannya tidak berlebihan atau normal, sebab akan sangat berbahaya jika bakteri tersebut tumbuh secara tidak normal, sebab akan mempengaruhi tingkat keasaman dan hormon pada vagina. Keputihan yang mempunyai bau amis akan membuat hubungan seksual Anda menjadi tidak nyaman.

Adapun bakteri yang seringkali menciptakan bau yang tidak sedap yaitu bakteri berjenis gardnerella. Bakteri ini merupakan bakteri yang tumbuh di dalam vagina dalam jumlah yang kecil. Adapun pemicu terjadinya pertumbuhan bakteri ini menjadi tidak normal adalah karena hubungan seks yang tidak sehat dan selalu berganti-ganti pasangan. Jika bakteri ini berkembang menjadi semakin banyak, maka akan mengakibatkan vagina mengeluarkan cairan yang tidak normal dan berbau amis.

Penyebab keputihan berbau amis

Menurut penelitian medis, terdapat beberapa faktor penyebab mengapa vagina berbau amis dan tidak sedap. Beberapa faktor tersebut antara lain yaitu:

  • Makanan

Makanan merupakan salah satu penyebab keputihan berbau amis. Hal ini dikarenakan makanan mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap vagina sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap pada vagina. Oleh karena itu sebaiknya Anda menjauhi beberapa makanan yang menyebabkan bau amis dan gatal pada vagina, yaitu daging merah. Mengkonsumsi daging merah ternyata dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi apabila dikonsumsi secara berlebihan. Sangat disarankan bagi Anda untuk memperbanyak makan sayur dan buah agar tingkat keasaman vagina Anda terkendali.

 

  • Jamur

Jamur yang tumbuh dan berkembang tanpa bisa dikendalikan juga dapat menyebabkan keputihan berbau amis.

 

  • Celana basah

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa jamur dan bakteri berkembang pada tempat yang lembab. Oleh karena itu celana yang basah justru akan meningkatkan jumlah bakteri dan jamur yang ada dengan sangat cepat. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan celana yang basah dan lembab, sebab dapat menjadikan keputihan bau amis.

 

  • Kanker serviks

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit berbahaya yang biasanya menyerang wanita yang tidak melakukan hubungan seks yang sehat. Pada umumnya kanker ini akan menyerang leher rahim, dan adapun gejala yang biasanya timbul adalah kencing yang mengalami pendarahan, timbulnya rasa sakit pada perut bagian bawah serta munculnya keputihan yang disertai bau yang tidak sedap dan amis.

 

  • Kurang menjaga kebersihan

Penyebab keputihan bau amis selanjutnya adalah kurangnya wanita dalam menjaga kebersihan organ intimnya. Hal ini seringkali di anggap remeh oleh para wanita, padahal kebersihan pada daerah sekitar organ intim sangatlah penting dan sangat berpengaruh pada kesehatan vagina. Oleh karena itu jika Anda tidak dapat menjaga kebersihan vagina Anda dengan benar, maka akan mengakibatkan pertumbuhan bakteri dan kuman menjadi semakin tidak terkendali sehingga menyebabkan beberapa penyakit.

 

  • Bakteri vaginosis

Bakteri vaginosis merupakan bakteri yang biasanya mengganggu keseimbangan cairan vagina sehingga menyebabkan terjadinya keputihan tidak normal. Cairan yang muncul dari dalam vagina akan berbau amis, akan tetapi tidak menyebabkan gatal.

 

  • Trikomoniasis

Penyakit trikomoniasis merupakan infeksi yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan tidak normal. Penyebab terjadinya infeksi ini adalah mikroorganisme yang bernama protozoa. Bakteri ini menular melalui hubungan seksual dengan penderita infeksi ini. Jika bakteri protozoa telah memasuki periode parah, maka akan menyebabkan terjadinya infeksi vagina yang menimbulkan bau yang tidak sedap pada vagina Anda.

Itulah informasi mengenai penyebab keputihan berbau amis. Apabila Anda ingin mengetahui penyebab keputihan bau amis secara lebih lengkap, Anda dapat berkonsultasi dengan staff medis kami, melalui tombol konsultasi di bawah ini.