Timbulnya gejala keputihan tidak lain keluarnya cairan yang mengandung zat semisolid yang mengalir dari lubang vagina. Sebagian besar wanita akan mengalami keputihan sampai batas tertentu dan sedikit keputihan merupakan refleksi dari proses pembersihan tubuh yang bersifat normal. Jenis dan jumlah keputihan sangat bervariasi antara wanita dan siklus menstruasi.

Jika terdapat perubahan pada keputihan seperti bau abnormal atau mengeluarkan warna kuning kehijauan, serta adanya keputihan yang terkait dengan iritasi atau gejala tidak nyaman lainnya. Hal tersebut sudah termasuk kedalam infeksi atau sebuah gejala keputihan.

Penyebab Timbulnya Keputihan Pada Wanita

Dinding vagina dan leher rahim mengandung kelenjar yang menghasilkan sejumlah cairan yang dapat membantu menjaga vagina tetap bersih. Sekresi yang normal biasanya berwarna bening atau seperti putih susu dan tidak mempunyai bau. Sejumlah infeksi yang berbeda bisa menyebabkan perubahan dalam jumlah, warna, serta bau. Lalu sebenarnya apa gejala dari keputihan?

Beberapa Gejala Keputihan yang Perlu Diwaspadai

Keluarnya keputihan yang disertai dengan gejala lain menjadi tanda adanya masalah pada vagina. Berikut kami uraikan beberapa gejala keputihan yang harus diwaspadai.

Baca Juga : Apa Penyebab Keputihan Berwarna Hijau?

1. Keputihan disertai rasa gatal

Keputihan yang timbul disertai rasa gatal pada umumnya disebabkan oleh pertumbuhan jamur berjenis candida albicans di area vagina. Selain terasa gatal, penderita jenis ini akan mengalami pembengkakan pada vagina, merah di bagian vulva dan terasa nyeri ketika buang air kecil ketika berhubungan seksual.

2. Keputihan berwarna kuning atau hijau

Beberapa penyakit yang mendasari yakni klamidia, trikomoniasis, dan gonorea. Ciri keputihan tidak normal yang muncul karena penyakit tersebut tidak lain karena adanya lendir berwarna kuning atau kehijauan. Selain itu gejala keputihan yang akan ditimbulkan yakni tekstur keputihan tersebut sangat cair, sakit pada perut bagian bawah, nyeri ketika buang air kecil, vagina berbau, nyeri panggul, dan sakit ketika berhubungan seksual.

3. Keputihan berwarna abu-abu dan berbau

Keputihan dengan warna abu-abu dan berbau merupakan tanda kalian sedang menderita infeksi bakteri. Kondisi tersebut biasanya akan muncul akibat tidak seimbangnya bakteri di dalam vagina. Selain keputihan berbau dan menimbulkan warna, wanita yang mengalami kondisi tersebut akan merasakan beberapa gejala lainnya seperti nyeri ketika buang air kecil atau terasa gatal pada vagina.

4. Keputihan disertai demam

Jika keputihan disertai dengan demam, ini menjadi salah satu tanda bahaya yang harus kalian waspadai. Demam menandakan adanya reaksi perlawanan dari tubuh terhadap kuman yang bisa menyebabkan infeksi. Kondisi tersebut merupakan hal yang perlu Anda perhatikan, segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

5. Keputihan disertai darah

Gejala keputihan yang berbahaya salah satunya yakni sekresi yang disertai dengan pendarahan di area vagina, namun di luar siklus haid atau setelah menopause. Keputihan yang disertai dengan darah menjadi salah satu gejala keputihan abnormal. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai jenis infeksi, kanker serviks, atau radang panggul.

Cara Mengatasi Keputihan Dengan Benar

Pengobatan keputihan abnormal merupakan penanganan yang harus disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk menentukan penyebab dari keputihan, gejala keputihan yang abnormal memang harus Anda periksakan ke dokter.

Jangan lupa untuk membersihkan vagina Anda setiap buang air kecil atau buang air besar. Selalu pastikan Anda membersihkan vagina dari depan kebelang atau menuju anus. Agar bakteri dari anus tidak masuk kedalam vagina dan menyebabkan infeksi. Hindari penggunaan produk kebersihan yang mengandung bau dan alkohol, sebab dapat mengiritasi daerah kewanitaan. Gunakan celana dalam dengan bahan katun serta hindari pakaian yang terlalu ketat.

Jika Anda mengalami masalah dan gejala diatas segera lakukan pencegahan, namun apabila proses masalah tersebut tak kunjung berhenti, Anda bisa konsultasikan kepada kami di Klinik Utama Gracia. Segera lakukan reservasi dengan mudah di nomer 081336361555, sekian semoga Anda memperoleh banyak informasi setelah membaca artikel gejala keputihan ini. Sekian terima kasih.