Sistitis pada wanita biasanya disebut dengan honeymoon sistitis, merupakan infeksi saluran kemih yang terjadi ketika bulan madu dan dialami oleh pasangan yang baru menikah. Hal tersebut terjadi karena intens kegiatan seksual yang dilakukan ketika bulan madu dan hal tersebut sering dialami oleh kalangan wanita.

Bagaimana Terjadinya Sistitis Pada Wanita


Lalu kenapa disebut dengan honeymoon atau sistitis pada wanita. Karena pada umumnya gejala tersebut dikeluhkan oleh pasangan yang sedang atau setelah menjalani masa bulan madu. Namun bukan berarti mereka yang sudah lama menikah tidak bisa terserang penyakit tersebut. Kenali beberapa gejala dibawah ini.

Gejalanya utamanya yakni terasa nyeri ketika buang air kecil, frekuensi buang air kecil menjadi semakin sering, sulit menahan buang air kecil, terasa tertekan pada kandung kemih, air kencing mempunyai warna keruh, air kencing bercampur darah dan nyeri ketika menekan atas kemaluan.

Baca Juga : Apa itu Penyakit Cystitis (sistitis)?


Honeymoon Cystitis tidak termasuk dalam penyakit menular seksual. Honeymoon sistitis pada wanita terjadi karena adanya papan kuman yang seharusnya tinggal disaluran kelamin atau anus, kemudian pindah pada saluran kemih. Karena perbedaan habitat, maka akan timbul reaksi infeksi. Sedangkan pada penyakit menular seksual, infeksi tersebut terjadi karena masuknya bakteri jahat ke dalam saluran kemih.

Ketika melakukan hubungan seksual terjadi gesekan pada muara saluran kemih wanita yang berlebihan sehingga terjadi sebuah peradangan di saluran tersebut. Letak saluran kemih memang berdekatan dengan anus dan vagina. Kegiatan seksual dan kemaluan pria yang meningkat merupakan media terbaik untuk memindahkan kuman dari vagina atau anus ke muara saluran kemih tersebut. Apalagi bagi kalangan yang baru menikah, pasti sangat menyukai kegiatan seksual, namun kita harus mewaspadai efek samping yang ada.

Honeymoon sistitis tidak hanya terjadi pada kalangan yang baru menikah saja, bisa juga terjadi ke pasangan yang sudah lama tidak berhubungan suami istri dan baru memulai kegiatan intim dengan pasangan secara terburu-buru akibat terlalu bersemangat. Oleh sebab itu, kebersihan sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut, bukan hanya pada pihak wanita, melainkan pria harus menjaga kebersihan tersebut.

Pencegahan Sistitis Bagi Kalangan Wanita


Jika Anda sering terserang infeksi kandung kemih seperti sistitis, ingat mengenai kebiasan yang kemungkinan besar dapat membuat Anda terinfeksi. Sebaiknya lakukan beberapa hal untuk mencegah terjadinya infeksi sistitis pada wanita.

• Menghindari penggunaan sabun yang mengandung pewangi atau bedak di area genital.
• Menghindari berendam.
• Hindari kebiasaan menahan buang air kecil.
• Lakukan buang air kecil hingga tuntas.
• Memenuhi kebutuhan cairan yang cukup.
• Jangan lupa seka area genital dengan cara dari depan ke belakang.
• Kosongkan kandung kemih segera setelah berhubungan seksual.
• Hindari penggunaan diagfragma sebagai kb.
• Mengenakan pakaian dalam dengan bahan katun.
• Menghindari penggunaan celana yang terlalu ketat.

Pengobatan Sistitis Yang Tepat


Dalam kasus ringan, sistitis pada wanita biasanya tidak membutuhkan beberapa pengobatan, jika gejala terjadi dalam waktu 4 hari, sebaiknya Anda pergi ke dokter. Mereka akan segera memberi antibiotik untuk mengobati infeksi tersebut. Penggunaan antibiotik harus dengan pengawasan dan sesuai dengan anjuran dokter. Anda akan mengalami beberapa perbaikan gejala selama 1 – 2 hari setelah minum antibiotik.

Obat tambahan paracetamol atau ibuprofen juga dapat mengurangi gejala demam dan tidak enak badan. Beberapa hal yang dapat membantu meliputi.

Obat tambahan juga bisa mengurangi gejala demam dan masuk angin. Beberapa hal yang bisa membantu kondisi tersebut diantaranya :

• Minum air dalam yang banyak.
• Menghindari hubungan seksual.
• Kompres perut bagian bawah dengan air hangat atau panas.

Bagi Anda kalangan yang mengidap sistitis bisa segera lakukan pemeriksaan bersama kami di Klinik Utama Gracia untuk memperoleh penanganan yang tepat, aman, dan terpercaya. Anda bisa melakukan reservasi dengan mudah bersama di 081336361555. Sekian kami sampaikan mengenai sistitis pada wanita, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Apa Itu Infeksi Kandung Kemih ?


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikpenyakitkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.