Keputihan merupakan salah satu dari berbagai macam penyakit yang diderita oleh para wanita. Keputihan pada wanita biasanya dialami pada waktu 1 minggu sebelum dan sesudah haid. Bagi wanita yang mengalami keputihan normal mempunyai ciri tidak berbau, tidak menyebabkan rasa gatal, dan memiliki warna yang bening. Keputihan normal tidak berbahaya bagi wanita.

Sedangkan keputihan yang tidak normal adalah keputihan berbahaya yang harus segera diatasi. Keputihan yang abnormal memiliki ciri-ciri berbau, menyebabkan rasa gatal dan berwarna kuning kehijauan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya keputihan, seperti pola makan, kurang menjaga kebersihan organ intim dan stress dapat menjadi beberapa faktor penyebab keputihan.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa makanan yang menjadi penyebab keputihan, diantaranya adalah:

  1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan penyebab keputihan, ini dikarenakan telur mengandung banyak protein dan kalori. Tingginya kandungan ini dapat menjadi faktor salah satu munculnya lendir keputihan, bahkan kepada wanita yang awalnya tidak mengalami keputihan. Untuk menghindari keputihan maka disarankan makan telur maksimal 4 butir sehari.

 

  1. Jamur

Makanan penyebab keputihan selanjutnya adalah jamur, jamur mempunyai ragi dan hampir semua jamur mempunyai ragi. Ragi dapat meningkatkan lendir penyebab keputihan, dan tidak dapat dihilangkan meskipun jamur telah melalui proses pemasakan yang lama.

 

  1. Timun

Timun dikenal sebagai penyebab keputihan nomor satu. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa yang terdapat pada timun dapat membuat produksi hormon esterogen meningkat, sehingga lendir penyebab keputihan semakin banyak dan meningkat.

 

  1. Tape Singkong

Ragi yang terkandung pada tape singkong juga dapat meningkatkan lendir penyebab keputihan. Oleh karena itu, jika Anda terkena penyakit keputihan, alangkah lebih baiknya tidak memakan tape singkong agar keputihan yang Anda alami tidak semakin parah.

 

  1. Udang

Udang juga merupakan salah satu makanan penyebab keputihan. Jika Anda mengkonsumsi 100 gram udang, maka dapat dipastikan lendir penyebab keputihan Anda meningkat.

 

  1. Keju

Jenis keju yang dapat menyebabkan keputihan adalah keju yang tidak mengalami proses pasteurisasi sehingga dianggap belum disterilisasi.

 

  1. Nanas

Kandungan pada nanas dapat mendatangkan lendir yang berlebihan pada wanita. Selain makanan yang dilarang untuk ibu yang sedang hamil muda, nanas juga sangat tidak dianjurkan bagi wanita, meskipun wanita tersebut tidak mengalami keputihan.

 

  1. Gula

Makanan yang terlalu banyak mengandung gula juga dapat menyebabkan keputihan. Gula pada makanan dapat memicu tumbuhnya jamur pada organ wanita, selain itu juga dapat memicu keluarnya lendiri yang terlalu banyak dari vagina.

 

  1. Soft Drink

Pemanis buatan dan pewarna buatan yang banyak terkandung dalam soft drink juga menjadi penyebab keputihan. Hal ini dikarenakan bakteri dan virus terus berkembang biak pada organ intim wanita karena disebabkan kandungan pemanis buatan dan pewarna buatan tersebut.

 

  1. Pisang dan Anggur

Mengkonsumis buah-buahan sangat baik bagi tubuh jika dikonsumsi dalam batas wajar, namun jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan, maka tidak akan baik dan sangat tidak dianjurkan. Khusus bagi buah pisang dan anggur, jika Anda mengkonsumsinya terlalu berlebihan, maka akan memperparah terjadinya keputihan pada organ intim Anda.

Itulah beberapa makanan yang menyebabkan keputihan dan ada baiknya untuk Anda kurangi dalam mengkonsumsinya. Bagi Anda yang mengalami keputihan, disarankan untuk mengurangi mengkonsumsi makanan tersebut sedikit demi sedikit hingga penyakit keputihan Anda sembuh.