infeksi saluran kencing pada wanita

Infeksi saluran kencing atau ISK merupakan infeksi bakteri yang umumnya menyerang daerah saluran kemih yang terdapat pada tubuh. Infeksi ini dapat menyerang siapa saja terutama wanita, untuk itu pada artikel kali ini akan membahas mengenai infeksi saluran kencing pada wanita.

Wanita akan lebih mudah terserang penyakit ini dibandingkan dengan pria, penyebabnya adalah saluran kemih bagian bawah wanita yang lebih pendek, muara saluran kemih yang berdekatan dengan muara vagina, tempat dimana darah haid rutin keluar, dan lembabnya daerah sekitar vagina yang disebabkan oleh air bilasan saat buang air kecil dan buang air besar.

Infeksi yang masuk ke dalam saluran kencing dapat terus menjalar ke kandung kemih hingga sampai ginjal. Jika infeksi sudah bersarang pada saluran kemih bawah, maka gejala yang dapat ditimbulkan antara lain yaitu nyeri saat buang air kecil, dan munculnya rasa panas sewaktu buang air kecil.

Infeksi Saluran Kencing pada Wanita

Penderita infeksi saluran kencing pada wanita secara umum terjadi pada usia dewasa dan jarang sekali dialami oleh para remaja dan anak-anak. Penyebab utama ISK adalah bakteri E.coli, dimana bakteri ini biasanya bertahan hidup pada saluran pencernaan dan dapat keluar dari dalam rektum.

Dikarenakan jarak antara vagina dan rektum yang amat dekat, maka resiko untuk masuknya bakteri ke dalam organ intim atau vagina juga sangat besar. Terdapat beberapa faktor mengapa dapat terjadi infeksi saluran kemih pada wanita antara lain yaitu:

  • Cara membersihkan vagina yang kurang tepat

Penyebab utama infeksi pada saluran kencing adalah cara membersihkan vagina yang kurang tepat, sebab jika Anda salah dalam membersihkan vagina, dapat meningkatkan resiko masuknya bakteri ke dalam saluran kemih. Cara membersihkan vagina yang salah pada umumnya yaitu dengan tidak mendahului bagian vagina setelah selesai buang air besar, melainkan mendahului membersihkan bagian dubur atau rektum terlebih dahulu. Hal ini dapat menyebabkan bakteri yang terdapat pada bagian dubur dapat langsung masuk ke dalam vagina setelah membersihkan dubur. Oleh karena itu gunakan teknik membersihkan vagina yang baik agar tidak ada bakteri dan parasit yang masuk ke dalam vagina.

  • Penggunaan alat bantu kencing

Salah satu penyebab terjadinya infeksi saluran kencing pada wanita yaitu penggunaan alat bantu kencing. Hal ini biasanya terjadi saat di rumah sakit, dimana pasien menggunakan kateter dalam jangka waktu yang lama sehingga menyebabkan terjadinya infeksi salurah kemih. Selain itu alat kateter yang kurang bersih juga dapat menjadi penyebab ISK.

 

  • Alat kontrasepsi (KB)

Penyebab ISK selanjutnya adalah penggunaan alat KB atau alat kontrasepsi yang tidak steril. Bagi wanita jenis alat KB yang dapat menyebabkan ISK adalah KB jenis spermasida. Untuk itu selalu ganti kondom serta alat-alat KB yang tepat untuk mengurangi resiko terkena penyakit infeksi saluran kencing.

 

  • Penurunan Hormon

Menopause atau menstruasi juga menjadi salah satu penyebab seorang wanita terkena penyakit ISK ini. Hal ini dikarenakan dengan bertambahnya usia, maka hormon yang terdapat pada tubuh wanita secara otomatis akan mengalami penurunan secara perlahan-lahan sehingga menyebabkan menopause. Penurunan hormon seperti ini dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi bakteri yang akan masuk melalui vagina dan menuju saluran kemih.

 

  • Penyakit Diabetes

Diabetes juga menjadi penyebab infeksi saluran kemih, sebab kadar gula yang tinggi tidak dapat diimbangi dengan hormon insulin yang cukup. Selain itu penurunan kesehatan yang dialami oleh penderita diabetes juga menjadi salah satu penyebab terinfeksi penyakit ini.

 

  • Lemahnya daya tahan tubuh

Dengan lemahnya daya tahan tubuh, maka segala jenis penyakit akan menyerang, termasuk infeksi saluran kencing.

Itulah artikel yang membahas mengenai infeksi saluran kencing pada wanita serta faktor-faktor yang dapat menyebabkan infeksi salurang kencing. Untuk itu selalu jagalah kebersihan organ intim Anda, dan selalu menjaga pola hidup sehat agar Anda terhindar dari segala macam penyakit. Semoga bermanfaat.