penyebab keputihan dan cara mengatasinya

Wanita di dunia ini pasti akan mengalami keputihan, terutama dengan wanita yang sedang hamil. Hal itu terjadi akibat perubahan hormon yang terjadi pada tubuh mereka. Lalu apa sih penyebab keputihan dan cara mengatasinya seperti apa?

Keputihan merupakan hal yang alami, normal dan sehat, sebab keputihan berfungsi untuk menjaga kesehatan organ intim wanita terutama pada bagian dinding vagina dan leher rahim. Keputihan yang normal biasanya mempunyai warna yang putih, jernih serta tidak berbau.

Keputihan yang normal dapat menjadi keputihan yang tidak normal jika disebabkan oleh beberapa faktor seperti: penggunaan obat-obatan antibiotik, kanker serviks, penggunaan pil kontrasepsi, infeksi jamur, infeksi penyakit menular seksual seperti chlamidia, atau infeksi parasit, bakteri dan virus. Tanda-tanda keputihan tidak normal adalah terjadinya perubahan warna pada keputihan, umumnya berwarna kuning dan hijau, bau disertai dengan rasa gatal dan nyeri.

Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab keputihan dan cara mengatasinya:

  • Salah menggunakan pembalut

Salah menggunakan pembalut saat Anda sedang mengalami menstruasi atau haid merupakan salah satu penyebab terjadinya keputihan. Pembalut merupakan salah satu cara yang paling sederhana ketika seorang wanita sedang mengalami masa menstruasi, yang bertujuan agar darah haid yang keluar tidak berceceran dimana-mana. Untuk itu kesalahan dalam memilih jenis pembalut dapat memicu terjadinya keputihan. Sebaiknya memilih jenis pembalut yang menggunakan bantalan dengan kualitas tinggi serta mengandung bahan herbal di dalamnya, namun hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah gantilah pembalut minimal 4 jam sekali dalam sehari.

 

  • Kurang menjaga kebersihan vagina

Kurang menjaga kebersihan juga merupakan salah satu pemicu terjadinya keputihan, dan salah satu cara mengatasinya adalah dengan menjaga kelembaban daerah sekitar wilayah vagina sebagai langkah awalnya serta menjaga tingkat keasaman pada vagina Anda untuk mencegah terjadinya perubahan warna dan bau yang kurang sedap. Sebab hal itu dapat terjadi akibat dari tingkat keasaman vagina yang sangat tinggi yang jika dibiarkan akan menimbulkan rasa nyeri pada vagina Anda.

Untuk itu disarankan kepada Anda untuk selalu menjaga kelembaban vagina Anda, dan jangan sekali-kali Anda menggunakan douching atau obat semprot air untuk membersihkan vagina Anda, sebab hal ini dapat mengakibatkan terganggunya pH didalam vagina Anda. Justru dengan menggunakan douching akan semakin meningkatkan terjadinya iritasi pada vagina Anda.

 

  • Cara membersihkan vagina yang tidak benar

Penyebab masalah keputihan selanjutnya adalah cara membersihkan vagina yang tidak benar. Oleh sebab itu bersihkanlah vagina dengan teratur dan dengan cara yang benar. Saat membersihkan vagina, sebaiknya Anda memulainya dari arah depan atau vulva menuju ke arah belakang atau bagian anus. Hal ini bertujuan agar kuman-kuman atau bakteri yang terdapat pada anus tidak masuk ke vagina.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab keputihan dan cara mengatasinya. Sehingga diharapkan dengan informasi seperti ini dapat membantu mengurangi penyakit keputihan yang sedang Anda alami. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini atau Anda dapat berkunjung ke Klinik Utama Gracia yang terdapat di Jl. Cideng Barat No. 73, Jakarta Pusat.