penyakit keputihan pada wanita

Masalah keputihan merupakan masalah yang seringkali menimpa pada kaum wanita. Namun, kurangnya informasi dan pengetahuan yang didapatkan oleh para wanita, membuat mereka tidak mengetahui apa saja penyebab penyakit keputihan pada wanita, serta bagaimana cara mereka untuk mengatasinya.

Keputihan merupakan hal normal yang tentunya akan dialami oleh para wanita. Keputihan yang normal yaitu keputihan yang mempunyai warna putih, bening dan tidak berbau. Keputihan yang normal dapat menjadi keputihan yang tidak normal jika Anda mengabaikan beberapa faktor yang dapat mengakibatkan keputihan menjadi tidak normal.

Kurangnya informasi dan pengetahuan wanita terhadap bahaya keputihan, khususnya bagi wanita yang sedang hamil, dan tidak segera ditangani dengan baik, maka akan berakibat fatal. Kemandulan dan kehamilan diluar kandungan akan menjadi salah satu akibat dari keputihan. Selain itu gejala awal kanker rahim juga diawali dengan adanya keputihan.

Penyakit keputihan pada wanita biasanya seringkali dialami oleh wanita yang sedang hamil, hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon serta peningkatan kadar hormon sehingga menyebabkan produksi cairan meningkat sehingga menyebabkan tingkat keasaman pada organ intim wanita mengalami penurunan.

Penyakit Keputihan pada Wanita

Jenis penyakit keputihan pada wanita terbagi menjadi dua yaitu bersifat fisiologis dan patologis

Keputihan Fisiologis

Ini merupakan salah satu penyakit keputihan yang seringkali dialami pada saat masa subur, serta disaat sebelum dan sesudah masa menstruasi. Pada saat hal ini terjadi, sering terdapat lendir yang berlebihan. Kondisi itu merupakan kondisi normal yang biasanya terjadi dan tidak menyebabkan rasa gatal serta tidak berbau.

Keputihan fisiologis pada wanita yang sedang hamil tidak akan berpengaruh secara langsung terhadap janin yang sedang dikandungnya, karena adanya selaput ketuban yang melindungi janin.

Keputihan fisiologis mempunyai ciri-ciri seperti berikut:

  • Cairan keputihan yang encer
  • Cairan yang keluar mempunyai warna krem atau bening
  • Tidak berbau
  • Tidak menyebabkan gatal
  • Jumlah cairan yang keluar sedikit

Keputihan Patologis

Keputihan patologis merupakan keputihan yang tidak normal. Keputihan patologis disebut juga sebagai keputihan penyakit, sebab keputihan ini menyebabkan berbagai macam efek serta mengganggu kesehatan wanita, terutama pada seputar daerah kewanitaan.

Keputihan patologis terjadi disebabkan oleh adanya infeksi pada daerah kewanitaan sehingga akan meningkatkan resiko terjadinya bayi lahir prematur pada wanita yang sedang hamil dan bayi pun akan terinfeksi virus yang sama dengan Ibu kandungnya.

Bayi yang terinfeksi virus akan sangat beresiko untuk terkena gangguan pencernaan dan gangguan pernapasan, sehingga menyebabkan kematian pada bayi. Selain itu bayi yang terinfeksi juga akan mengalami kebutaan secara permanen.

Keputihan patologis mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Cairan keputihan yang bersifat kental
  • Cairannya mempunyai warna putih seperti susu atau berwarna kuning atau hijau
  • Keputihannya menyebabkan rasa gatal
  • Mempunyai bau yang tidak sedap
  • Pada umumnya keputihan ini mempunyai bercak-bercak yang terlihat pada celana dalam wanita
  • Jumlah cairan yang dikeluarkan cukup banyak

Itulah beberapa informasi mengenai penyakit keputihan pada wanita serta jenis-jenis keputihan yang biasanya dialami oleh para wanita berikut dengan ciri-cirinya. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih jelas mengenai hal ini, Anda dapat berkonsultasi langsung secara online dengan dokter kami yang siap melayani Anda selama 24 jam dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini, atau Anda dapat langsung mengunjungi Klinik Utama Gracia yang terletak di Jalan Cideng Barat No. 73, Jakarta Pusat.