apa penyebab keputihan pada wanita

Hampir 85% dari wanita mengalami masalah keputihan, hal ini menjadi kecemasan tersendiri bagi para wanita. Lalu sebenarnya apa penyebab keputihan pada wanita?

Masalah keputihan merupakan masalah yang sangat sering terjadi pada wanita, namun ironisnya banyak dari para wanita yang belum mengetahui mengenai keputihan serta beberapa faktor pemicu penyebab terjadinya keputihan, sehingga para wanita tidak dapat mencari solusi bagaimana cara untuk menghilangkan keputihan tersebut.

Penyakit keputihan hendaknya tidak dianggap sebagai hal yang enteng saja, sebab jika tidak ditangani dengan baik, akan berakibat fatal. Mandul atau hamil di luar kandungan (kehamilan ektopik) dapat menjadi akibat dari ketidak tahuan para wanita dalam menangani keputihan. selain itu keputihan juga merupakan tanda-tanda dari gejala awal penyakit kanker rahim.

Oleh sebab itu para wanita supaya mulai sejak dini diberikan informasi yang benar bagaimana cara mengatasi keputihan serta mengetahui apa penyebab keputihan pada wanita serta dampak apa saja yang dapat terjadi jika tidak dapat menangani keputihan dengan baik dan benar.

Jenis Keputihan

Keputihan terbagi menjadi dua jenis yaitu keputihan yang bersifat fisiologis dan patologis.

Keputihan fisiologis, merupakan jenis keputihan yang sering terjadi saat masa subur seorang wanita atau sesaat dan sebelum terjadinya siklus menstruasi. Kondisi yang biasanya terjadi saat masa subur yaitu terdapatnya lendir yang berlebih. Hal itu merupakan hal yang normal dan biasanya tidak akan menyebabkan rasa gatal serta tidak berbau. Keputihan jenis ini tidak akan mempengaruhi pada janin secara langsung, sebab adanya selaput ketuban yang melindungi janin.

Keputihan patologis, merupakan keputihan yang tidak normal. keputihan patologis merupakan keputihan penyakit, sebab menyebabkan berbagai efek dan mengganggu kesehatan wanita khususnya pada seputar daerah kewanitaan. Keputihan patologis terjadi akibat terjadinya infeksi, jika dibiarkan maka akan mengakibatkan meningkatnya resiko pada wanita yang sedang hamil, sehingga menyebabkan bayi lahir prematur dan akan turut terinfeksi. Jika sudah seperti ini, bayi akan mengalami gangguan pernapasan dan gangguan pencernaan sehingga akan menyebabkan kebutaan bahkan kematian.

Apa penyebab keputihan pada wanita?

Terdapat banyak sekali faktor yang menjadi penyebab keputihan. Mulai dari faktor kebersihan, stress, penggunaan obat-obatan, jamur, parasit, bakteri dan virus. Hal itulah yang pada umumnya menjadi penyebab keputihan.

Faktor Kebersihan

Apa penyebab keputihan pada wanita yang harus Anda ketahui, salah satunya adalah mengenai faktor kebersihan. Kebersihan yang kurang baik khususnya pada daerah seputar wilayah vagina menjadi hal yang paling utama. Oleh karena itu sangat penting bagi wanita untuk selalu menjaga kelembaban vagina agar tidak terlalu tinggi, sehingga dapat mengurangi infeksi pada vagina.

Stress

Stress merupakan faktor yang amat penting dalam menjadi pemicu terjadinya keputihan. Hal itu disebabkan karena semua organ tubuh kinerjanya di kontrol dan di pengaruhi oleh otak. Maka ketika otak mengalami stress, maka akan berdampak pada sejumlah anggota tubuh sehingga menyebabkan terjadinya perubahan dan keseimbangan hormon dalam tubuh yang akhirnya dapat memicu terjadinya keputihan.

Penggunaan obat-obatan

Menggunakan obat-obatan antibiotik dalam jangka waktu yang lama ternyata juga dapat memicu keputihan, sebab dengan menggunakan obat-obatan tersebut mengganggu sistem imunitas pada wanita sehingga akhirnya menyebabkan gangguan keseimbangan hormon.

Jamur, parasit, bakteri dan virus

Selain beberapa hal tersebut diatas, ternyata apa penyebab keputihan pada wanita lainnya adalah berbagai jenis jamur, parasit, bakteri dan virus yang menyerang. Terdapat beberapa jenis jamur yang biasanya menjadi pemicu terjadinya keputihan seperti jamur monilia dan jamur candidas, yang biasanya menyebabkan radang dan kemerahan pada vagina. Selain itu ada juga parasit Trichomonas Vaginalis yang biasanya menimbulkan gatal dan rasa sakit pada vagina.

Untuk bakteri yang biasanya menyebabkan keputihan, terdapat bakteri Gardnella yang menyebabkan keputihan berwarna keabuan, encer dan mempunyai bau yang amis dan berbuih. Sedangkan virus yang menyebabkan penyakit keputihan biasanya merupakan virus yang timbul akibat penyakit kelamin seperti HIV/AIDS, herpes dan virus Conyloma yang dikenal sangat berbahaya.

Untuk itu para wanita supaya selalu menjaga kebersihan khususnya organ kewanitaan agar dapat selalu terhindar dari penyakit keputihan yang jika dibiarkan saja akan berakibat fatal. Itulah artikel mengenai apa penyebab keputihan pada wanita, semoga informasi ini bermanfaat.