obat keputihan, obat keputihan gatal, obat keputihan karena jamur

Keputihan merupakan hal yang normal dialami oleh semua wanita, namun terkadang kondisi ini justru membuat para wanita tidak merasa nyaman dan merasa resah. Lalu adakah obat untuk mengobati keputihan yang alami?

Keputihan dapat dialami sewaktu-waktu saat Anda mengalami siklus menstruasi dan saat Anda hamil. Keputihan sendiri terdiri atas dua jenis yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal. Apabila keputihan yang Anda alami adalah keputihan yang normal, maka Anda tidak memerlukan penanganan khusus, dan yang dapat Anda lakukan adalah menjaga agar keputihan yang Anda alami tidak berubah menjadi tidak normal.

Ada beberapa faktor penyebab keputihan tidak normal diantaranya seperti faktor kejiwaan yaitu frustasi dengan faktor adanya jamur yang menyebabkan keputihan menjadi tidak normal. Terdapat beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keputihan.

Pengobatan Keputihan

Sebenarnya sangat sulit untuk menemukan penyebab gatal pada vagina, sehingga pada beberapa kasus tertentu dilakukan pengangkatan vulva. Namun pada umumnya vagina yang gatal dapat dipicu oleh adanya jamur candida albicans sehingga menyebabkan kandidas vagina.

Kandidas vagina yang terjadi harus segera ditangani dengan tepat sebab jika tidak justru akan mengalami kebal bakteri. Keputihan yang disertai dengan rasa gatal dapat menular kepada pasangannya, sebab infeksi jamur yang menyerang pria dapat mempengaruhi Mr.P sehingga menyebabkan merah dan mengembangkan lepuh.

Adapun obat keputihan gatal dan obat keputihan karena jamur yang alami dapat Anda temukan di sekeliling lingkungan rumah Anda. Obat-obatan alami tersebut antara lain yaitu:

  1. Yoghurt

Obat keputihan gatal serta obat keputihan karena jamur yang pertama adalah yoghurt. Yoghurt merupakan hasil olahan susu yang di dalamnya terkandung sebuah bakteri yang dipercaya dapat membantu mengatasi infeksi dalam tubuh, termasuk dapat memerangi jamur. Yoghurt juga mengandung bahan probiotik yang dapat mengatasi infeksi akibat jamur dari dalam tubuh. Untuk mengobati keputihan menggunakan yoghurt, Anda dapat melakukan dua cara ini. Pertama Anda dapat memberikan sedikit yoghurt ke dalam pembalut, kemudian gunakan pembalut tersebut seperti biasanya, dan ingat, gantilah pembalut itu setiap dua jam sekali. Cara pertama mengandung resiko tinggi yaitu dapat membuat jamur semakin berkembang dengan cepat. Adapun cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi yoghurt sebagai makanan sehat.

 

  1. Bawang Putih

Bawang putih dipercaya dapat membantu menyembuhkan keputihan akibat jamur. Kandungan sulfur dan suforaphane pada bawang putih akan secara aktif menyerang jamur secara langsung. Bawang putih juga dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan dapat membersihkan bagian vagina tanpa edek samping.

 

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sudah dipercaya dan digunakan oleh nenek moyang ktia untuk mencegah infeksi jamur yang terjadi pada vagina atau kulit. Menurut penelitian, minyak kelapa mengandung senyawa aktif yang dapat menyerang jamur serta membersihkan bagian vagina. cara mengobati keputihan menggunakan minyak kelapa adalah dengan mencampur beberapa tetes minyak kelapa murni ke dalam air yang Anda gunakan untuk mandi. Setelah itu Anda dapat menggunakan air ini untuk berendam atau mencuci vagina Anda. Perlu Anda perhatikan agar jangan menerapkan minyak kelapa ini ke pembalut Anda, sebab dapat memicu terjadinya infeksi.

 

  1. Minyak Zaitun

Siapa yang tidak mengetahui mengenai minyak ini? Minyak ini sudah sejak lama digunakan untuk mengobati segala jenis penyakit. Menurut penelitian, minyak zaitun mengandung ekstrak khusus yang dapat mencegah aktifitas jamur meluas. Adapun cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan minyak zaitun sebagai campuran pada air yang Anda gunakan untuk mandi atau berendam. Selain itu Anda juga dapat mencampur minyak zaitun ke dalam masakan Anda untuk menyembuhkan infeksi jamur dari dalam tubuh.

 

  1. Cuka Apel

Cuka apel merupakan obat alami yang dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit termasuk penyakit keputihan akibat jamur. Cuka apel mengandung bahan aktif yang dapat menghancurkan jamur hingga ke bagian akar. Adapun cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencampur cuka apel dengan air untuk berendam, lalu bersihkan tubuh Anda menggunakan air hangat. Anda juga dapat menggunakan air tersebut untuk membersihkan bagian vagina.

Itulah beberapa informasi mengenai keputihan serta obat keputihan gatal dan obat keputihan karena jamur. Jika Anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai informasi ini, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter kami, dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.