selaput dara, selaput dara wanita, bentuk selaput dara

Tahukah Anda para wanita, bahwa menurut penelitian bentuk selaput dara wanita ternyata berbeda-beda. Pada wanita normal, biasanya memiliki bentuk setengah bulan yang mengelilingi lingkaran vagina.

Selaput ini juga sangat berkaitan dengan keperawanan seorang wanita, sebab timbulnya kepercayaan yang beredar luas di masyarakat bahwa jika selaputnya telah robek, maka dapat dipastikan bahwa wanita tersebut sudah tidak perawan lagi. Hal itu merupakan statement yang salah dan belum dapat dipastikan secara klinis, sebab selaput yang robek bukan hanya disebabkan akibat dari hubungan intim dengan pasangan, namun dapat juga disebabkan oleh beberapa hal seperti masturbasi, berolahraga, bersepeda, pemeriksaan vagina, cedera dll.

Selaput dara merupakan lapisan kulit yang amat tipis, dimana posisinya merentang pada vagina. lapisan ini biasanya dapat menutupi seluruh atau sebagian vagina. Selaput ini sendiri merupakan bagian dari vulva atau merupakan bagian dari organ genital luar yang memiliki struktur yang hampir sama dengan vagina. Bentuknya sendiri dapat berubah-ubah, dan biasanya terjadi akibat dari penetrasi seksual dan proses persalinan.

Berbagai Macam Bentuk Selaput Dara Wanita

Berikut ini merupakan bentuk-bentuk yang biasanya ditemukan pada wanita:

  • Bentuk Imperforate Hymen

Imperforate Hymen merupakan bentuk dimana posisi tidak sepenuhnya menutupi pembukaan vagina. Kondisi ini umumnya tidak terdiagnosis hingga seorang gadis telah memasuki masa pubertas dan menstruasi pertama, dimana darah tidak dapat mengalir keluar.

 

  • Bentuk Microperforate Hymen

Bentuk ini hampir terjadi pada semua wanita, dimana selaput hampir sepenuhnya menutup lubang vagina namun darah haid tetap dapat mengalir keluar. Namun pada wanita yang masih perawan kemungkinan tidak dapat menggunakan tampon

 

  • Bentuk Septate Hymen

Bentuk ini adalah bentuk yang dibagi menjadi dua bukaan atas vagina. kondisi ini juga tidak menghentikan aliran darah haid, namun dapat memblokir dalam penggunaan tampon pada wanita yang masih perawan. Jika seorang wanita tidak memilih untuk menggunakan tampon, maka dalam kondisi tersebut umumnya tidak menyebabkan masalah sebelum wanita tersebut kehilangan keperawanannya, tetapi dapat menyebabkan masalah saat hubungan seksual pertama berlangsung. Untuk itu jika Anda mengalami kondisi seperti ini, segeralah lakukan operasi kecil.

 

  • Bentuk Annular

Ini merupakan bentuk normal dan sempurna. Disebut dengan annular, sebab bentuknya yang bulat penuh seperti cincin dan merupakan bentuk yang paling sering ditemukan pada setiap wanita.

Artikel ini juga akan membahas mengenai beberapa operasi yang dapat Anda lakukan:

  • Hymenoplasty

Pada mulanya operasi ini merupakan sebuah operasi kosmetik yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki selaput yang telah rusak. Beberapa orang wanita biasanya akan memilih operasi ini karena alasan pribadi atau memang kebutuhan atau dapat juga karena keyakinan spiritual.

 

  • Hymenectomy

Operasi ini merupakan prosedur bedah yang digunakan dengan tujuan untuk membuka selaput yang berbentuk imperforata, septate atau microperfoate.

Demikianlah artikel mengenai selaput dara pada wanita serta beberapa operasi yang biasanya dilakukan untuk memperbaikinya. Jika Anda ingin mengetahui secara mendalam mengenai hal ini. Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.