operasi selaput dara

Jika membahas mengenai keperawanan, akan sangat erat kaitannya dengan selaput dara. Selaput dara atau dalam dunia medis dikenal dengan nama hymen merupakan selaput tipis yang mengelilingi bukaan vagina.

Pada wanita, selaput dara merupakan sebuah mahkota yang harus selalu dijaga, jika selaput dara hilang dan rusak sebelum menikah, maka akan menyebabkan rasa tidak percaya diri pada wanita tersebut. Namun perlu Anda ketahui bahwa penyebab hilangnya selaput dara bukan hanya disebabkan oleh hubungan seksual saja, tapi ada beberapa faktor lain yang menyebabkan selaput dara hilang.

Terdapat sebuat keyakinan pada masyarakat bahwa wanita yang telah hilang selaput daranya, berarti wanita tersebut sudah tidak suci lagi, sehingga banyak para wanita yang sudah tidak perawan mencari solusi agar selaput daranya dapat kembali. Salah satu yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan operasi selaput dara.

Operasi selaput dara adalah operasi untuk mengembalikan bentuk keperawanan wanita sehingga kembali ke bentuk semula, dalam istilah kedokteran hal ini disebut dengan hymenoplasty. Hymenoplasty merupakan sebuah prosedur untuk merekatkan kembali selaput dara pada bibir vagina dengan menggunakan jahitan. Jenis jahitan yang diterapkan untuk operasi ini adalah jahitan dissolvable yang secara kasat mata tidak akan terlihat dan tidak perlu dilepas setelah dilakukannya operasi.

Jenis Operasi Selaput Dara

  • Operasi Sederhana

Operasi ini dilakukan untuk menyatukan kembali sisa-sisa selaput dara dengan menutup robekan yang telah terjadi. Operasi ini biasanya dilakukan dengan waktu yang sangat dekat dari tanggal pernikahan.

Operasi ini merupakan operasi yang sangat sederhana dan harus dilakukan minimal 1 bulan hingga 6 minggu sebelum tanggal pernikahan, sehingga jahitan dapat hilang.

  • Operasi Vaginaplasty

Operasi vaginaplasty merupakan operasi besar yang harus dilakukan sejauh mungkin dari tanggal pernikahan, sebab membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh pasca operasi. Operasi ini merupakan operasi besar, dimana pada membran vagina akan dibuat sayatan dan kedua belah sisi ditarik kemudian dijahit secara bersama-sama. Dalam melakukan operasi ini, dokter hanya membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua jam lamanya, setelah itu pasien dapat bekerja kembali keesokan harinya.

  • Operasi Labiaplasty

Operasi ini merupakan operasi pembedahan untuk menghilangkan kelebihan jaringan dari bibir vagina. Operasi ini dilakukan karena alasan kosmetik atau karena ketidaknyamanan pada labia yang membesar atau memanjang. Operasi ini jika dikombinasikan dengan operasi vaginaplasty, dapat dikenal dengan operasi peremajaan vagina

Selain menggunakan cara operasi untuk mendapatkan keperawanan, Anda juga dapat menggunakan bahan alami untuk kembali perawan. Adapun beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan keperawanan adalah sebagai berikut:

  • Telur ayam jawa/ telur ayam kampung
  • Kayu cendana
  • Minyak wijen
  • Kunyit
  • Buah Maja

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa teknik operasi selaput dara yang dapat Anda gunakan sebagai pilihan untuk mengembalikan keperawanan Anda. Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih akurat, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.