Apa Itu Penyakit Orchitis Dan Apa Penyebab Orchitis ?

Written by Klinik Utama Gracia

Orchitis adalah peradangan pada testis, dan bisa terjadi pada salah satu atau kedua testis sekaligus. Hal ini dapat disebabkan oleh bakteri maupun virus.

Penyebab Orchitis

Salah satu penyebab orchitis paling umum adalah virus mumps (penyebab gondongan). Virus penyebab orkitis lainnya meliputi Coxsackie virus, varicella, dan echovirus.

Sekitar sepertiga dari anak laki laki yang memiliki gondok setelah masa pubertas dapat mengidap orkitis. Orkitis sering terjadi pada anak laki laki, dan peradangan biasanya berkembang ketika masa penyembuhan gondok, atau sekitar 4-6 hari setelah timbulnya gondok.

Beberapa kasus orkitis terjadi setelah imunisasi gondok, campak , dan rubella (MMR), tapi ini jarang terjadi.

Penyebab orchitis yang lain adalah infeksi bakteri. Sebagian besar kasus penyakit orchitis terjadi dari perkembangan dan penyebaran epididimitis (radang tabung melingkar di bagian belakang testis), baik dari penyakit menular seksual (PMS) atau dari kelenjar prostat / infeksi saluran kemih . Kondisi ini disebut epididymo-orchitis.

Bakteri yang dapat menyebabkan orkitis dari kelenjar prostat / infeksi saluran kemih meliputi Escherichia coli , Klebsiella pneumoniae, Pseudomonas aeruginosa, dan Staphylococcus dan Streptococcus spesies.

Bakteri yang menyebabkan penyakit menular seksual , seperti gonore , klamidia , dan sifilis , dapat menyebabkan penyakit orchitis pada pria yang aktif secara seksual, biasanya antara usia 19-35 tahun.

Anda mungkin beresiko terhadap orkitis jika mereka memiliki banyak pasangan seksual, pasangan seksual anda memiliki penyakit menular seksual, atau jika anda memiliki riwayat penyakit menular seksual .

Risiko non-penyakit menular seksual lainnya dari orkitis adalah jika mereka belum mendapatkan imunisasi untuk gondok, jika anda sering mengalami infeksi saluran kemih , jika berumur lebih dari 45 tahun, lahir dengan kelainan pada saluran kemih, atau jika mereka menggunakan kateter.

Baca juga : Diagnosis Penyakit Orkitis dan Pengobatan Orkitis

Gejala Penyakit Orchitis

Gejala yang terkait dengan orkitis dapat berkisar dari ringan sampai berat, dan peradangan mungkin terjadi pada salah satu atau kedua testis. Anda mungkin mengalami gejala secara mendadak, atau gejala dapat muncul lebih secara bertahap. Gejala orchitis mungkin termasuk yang berikut:

  • penyakit orchitis penyebab orchitisPembengkakan pada salah satu atau kedua testis sekaligus.
  • Testis sakit apabila di sentuh
  • Nyeri pada pada salah satu atau kedua testis sekaligus. Nyeri bisa terjadi selama bermingu-minggu.
  • Kelelahan.
  • Sakit kepala.
  • Demam.
  • Nyeri pada bagian selangkangan.
  • Terdapat darah pada cairan sperma.
  • Mual dan muntah.
  • Nyeri saat buang air kecil, saat berhubungan seks, dan saat mengalami ejakulasi.

Komplikasi yang ditimbulkan orkitis dapat berupa:

  • Artrofi testis. penyakit orkitis dapat menyebabkan testis yang terinfeksi menjadi menyusut.
  • Abses skrotum. Jaringan yang terinfeksi terisi dengan nanah.
  • Epididimitis berulang. Orkitis dapat menyebabkan episode epididimitis berulang Infertilitas.
  • Dalam sedikit kasus, orkitis dapat menyebabkan infertilitas, namun jika orkitis hanya mempengaruhi salah satu testis, risiko infertilitas cenderung sangat kecil.

Jika anda mengalami gejala diatas, anda bisa temui dokter klinik kami dan berkonsultasi untuk penanganan yang tepat. Atau anda bisa klin tombol dibawah ini untuk konsultasi secara online dengan staff konsultasi medis kami.

 

Konsultasi Online