Klinik Utama Gracia

Get Adobe Flash player

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) yaitu situasi dikala organ yang termasuk dalam cara kemih, merupakan ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi. Biasanya, ISK terjadi pada kandung kemih dan uretra.

Bermula dari ginjal, zat sisa di dalam darah disaring dan dikeluarkan dalam wujud air kemih. Kemudian, air kemih dialirkan dari ginjal lewat ureter, menuju kandung kemih. Sesudah ditampung di kandung kemih, air kemih kemudian dibuang dari tubuh lewat saluran pelepasan yang disebut uretra, sampai bermuara ke lubang kencing.

Menurut komponen yang terinfeksi, ISK terbagi menjadi ISK atas dan ISK bawah. ISK atas adalah infeksi yang terjadi di komponen atas kandung kemih, merupakan di ginjal dan ureter. Padahal ISK bawah yaitu infeksi pada kandung kemih komponen bawah, merupakan kandung kemih dan uretra.

ISK atas lebih membahayakan dan bisa memicu urosepsis, merupakan situasi dikala kuman di ginjal yang terinfeksi menyebar ke darah. Urosepsis dapat mengakibatkan tekanan darah turun sampai stress berat, malahan kematian.

Berikut ini artikel mengenai Penyakit Infeksi Saluran Kemih :

1. Infeksi Saluran Kemih Dapat Menular Melalui Hubungan Seksual

2. Tanda - Tanda Infeksi Saluran Kemih