Klinik Utama Gracia

Tanda - Tanda Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah sebuah iritasi maupun peradangan yang terjadi pada sistem saluran kemih seseorang yang diakibatkan oleh adanya infeksi. Ada banyak mikroorganisme yang bisa menjadi penyebab adanya tanda-tanda infeksi saluran kemih (ISK). Kemungkinan besar Anda mendapatkan keluhan infeksinya akibat adanya beberapa jenis bakteri yang berjalan atau berpindah dari area rektum ke dalam uretra Anda.

Mikroorganisme yang sering menjadi penyebab adanya infeksi pada area saluran kemih Anda diantaranya adalah:

o    Bakteri escherichia coli atau E.Coli

o    Bakteri neisseria gonorrhoeae

o    Bakteri clamydia trachomatis

o    Jamur dan parasit

Diantaranya juga terdapat organismen yang menjadi penyabab adanya keluhan lain yang mendorong adanya gejala infeksi pada saluran kemih muncul dan dirasakan. Diperlukan analisa lebih dalam untuk bisa menentukan penyebab keluhan Anda saat melakukan pemeriksaan. dan tentunya hal ini juga bisa memberikan solusi atau penyembuhan yang tepat untuk Anda.

Khusus bagi seorang wanita, dimana dirinya akan lebih sering untuk mendapatkan kesempatan lebih mengenai keluhan pada sistem saluran kemihnya. Meskipun begitu pria juga bisa menjadi penyebab yang menularkan adanya perpindahan bakteri atau organisme saat dirinya melakukan hubungan seksual. sebagian besar kasus infeksi saluran kemih pada seorang wanita tentunya didukung dengan adanya faktor anatomi tubuh dari organ reproduksi dan anusnya yang memiliki jarak berdekatan.

Gejala Dan Tanda Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Gejala dan tanda-tanda infeksi saluran kemih (ISK) dapat berupa seperti:

o    Rasa sakit atau nyeri pada buang air kecil (BAK) yang sering

o    Intensitas buang air kecil (BAK) yang meningkat

o    Terasa terbakar ketika Anda buang air kecil (BAK)

o    Urin yang berbau atau juga berbusa

o    Urin yang memiliki perubahan warna bahkan bisa bercampur dengan darah

o    Nyeri atau sakit saat Anda menekan area perut bagian bawah, dan terkadang juga ada rasa sakit pada bagian punggung dan pinggang bawah

o    Demam, panas dingin atau menggigil seperti gejala pada flu

o    Mual dan muntah

o    Merasa lelah atau kelelahan berlebih

Gejala dan tanda infeksi saluran kemih tersebut bisa mengindikasikan adanya beberapa kemungkinan infeksi pada saluran kemih Anda, apakah pada bagian atas atau juga pada bagian bawah. Dimana pada sistem saluran kemih seseorang terdapat organ-organ yang masing-masing mendapatkan perannya yaitu

o    Dua ginjal

o    Dua ureter

o    Satu kadung kemih, dan

o    Satu lubang saluran yang mengeluarkan urin dari dalam tubuh atau disebut dengan uretra

Iritasi dan peradangan akan mudah untuk muncul pada setiap organ dari sistem saluran kemih seseorang, akan lebih berbahaya dan berisiko jika infeksinya juga bisa naik hingga kesaluran kemih bagian atas (ginjal dan ureter). dan kondisi ini mungkin akan menyebabkan gejala demam tinggi serta mual muntah yang Anda alami, akan tetapi kondisi ini juga lebih jarang ditemukan. sebagaian besar orang akan lebih sering mendapatkan infeksi saluran kemih bgaian bawah (kandung kemih dan uretra).

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Tanda Infeksi Saluran Kemih Muncul?

Urin manusia seharusnya tidak mengandung atau bebas dari mikroorganisme apapun, namun dalam kenyataannya banyak kondisi yang bisa mengakibatkan adanya pertumbuhan mikroorganisme didalamnya dan bisa menimbulkan adanya infeksi. Tes dan pengecekan dibutuhkan untuk bisa mengetahui penyebab keluhan beserta cara menanganinya.

Anda mungkin akan mendapatkan tes atau pengecekan seperti pengambilan sampel urin, dan jika terdapat sekresi pada area genital maka ini juga bisa diambil untuk menganalisa jika adanya kemungkinan penyakit menular seksual (PMS). jika Anda sedang dalam masa pengobatan maka Anda akan disarankan untuk melakukan beberapa langkah untuk mencegah infeksinya meluas, seperti:

o    Minum banyak air atau cairan

o    Hindari cairan yang bisa mengiritasi kandung kemih misalnya minuman bersoda, alkohol, teh, dan juga kopi

o    Konsumsi obat hingga tuntas bahkan jika Anda merasa gejalanya sudah tidak ada

o    Bersihkan bagian organ genital setelah berhubungan seksual

o    Membersihkan dari area depan kebelakang, khususnya bagi wanita

o    Jangan sering menggunakan obat atau bahan-bahan yang mengandung bahan kimia berlebih

Riwayat infeksi saluran kemih tentu masih bisa berulang atau kambuh kembali jika Anda juga tidak bisa menjaga kesehatan atau kebersihan pada area organ genital Anda dengan baik. Dalam sebagian besar kasus infeksi saluran kemih biasanya akan berhasil untuk diobati, dan ini tentu harus disesuaikan dengan kondisi dan juga tingkat keparahannya.

Klinik Utama Gracia merupakan klinik khusus kesehatan organ genital yang menangani keluhan mengenai penyakit menular seksual (PMS), andrologi, ginekologi, disfungsi seksual, serta keluhan genital lainnya. Klinik Utama Gracia menggunakan metode modern serta canggih pada setiap tindakan yang dilakukan. Sehingga untuk pengobatan diklinik kami tidak hanya menggobati keluhan secara fisik atau yang terlihat tetapi juga terfokus pada pengobatan untuk penyebabnya.

Keluhan yang sudah berlangsunng pada tahap serius tentu akan membutuhkan waktu pengobatan dan juga pemulihan lebih lama jika dibandingkan dengan keluhan yang diketahui dalam tahap awal. Segera lakukan pemeriksaan diklinik kami atau hubungi 0813-3636-1555 untuk berkonsultasi dengan dokter maupun tenaga medis ahli kami.