Penyebab Ejakulasi Dini

Written by Klinik Utama Gracia

Ejakulasi dini ( ED ) terjadi ketika seorang pria berejakulasi lebih cepat ketika berhubungan seksual dari yang ia inginkan atau yang pasangannya inginkan.

ED adalah keluhan seksual yang umum. Tiap pria dipastikan pernah mengalami ED. Selama hal ini terjadi tidak secara sering, tidak perlu dikhawatirkan.

Tetapi, Jika sering mengalami ejakulasi lebih cepat dari yang anda dan pasangan inginkan, seperti sebelum hubungan intim dimulai atau ketika baru mulai berhubungan, hal ini bisa dikatakan sebagai ED.

Anda mungkin memenuhi kriteria diagnostik untuk ED jika Anda :

  • Selalu atau hampir sering mengalami ejakulasi dalam waktu satu menit penetrasi.
  • Selalu atau hampir sering tidak dapat menunda ejakulasi selama melakukan hubungan seksual.
  • Merasa tertekan dan frustrasi, dan cenderung menghindari kedekatan secara seksual.

Kedua faktor psikologis dan biologis dapat memainkan peran dalam ED. Meskipun banyak pria merasa malu untuk membicarakan masalah ini, ED adalah kondisi umum dan dapat diobati.

Obat-obatan, konseling dan teknik seksual yang dapat menunda ejakulasi dapat membantu meningkatkan kualitas seks anda dan pasangan anda.

 

Gejala Ejakulasi Dini

 

penyebab ejakulasi diniGejala utama dari ED adalah ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi selama lebih dari satu menit setelah penetrasi. Namun, dapat terjadi pada semua situasi seksual, bahkan selama masturbasi.

Dokter biasanya membagi ED menjadi dua ( keluhan ), yaitu ejakulasi dini seumur hidup ( primer ) dan ejakulasi dini kambuhan ( sekunder ). ED primer dialami pria sejak pertama kali melakukan hubungan seksual.

ED sekunder memiliki gejala yang sama, tetapi terjadi pada pria yang sebelumnya mempunyai riwayat ejakulasi normal atau tanpa masalah ejakulasi.

Banyak pria merasa bahwa mereka memiliki gejala ED, tapi gejala tidak memenuhi kriteria diagnostik untuk ED. Sebaliknya ini mungkin ED yang memiliki variable alami, ditandai dengan periode ejakulasi yang cepat serta periode ejakulasi yang normal.

 

Haruskah Saya Konsultasi Ke Dokter ?

 

Bicarakan dengan dokter jika mengalami ejakulasi lebih cepat dari yang diinginkan hampir di setiap saat anda berhubungan seksual.

Umumnya pria merasa malu untuk membahas masalah kesehatan seksual, tapi jangan biarkan ini mencegah Anda untuk berkonsultasi ke dokter. ED adalah masalah umum dan dapat diobati.

Bagi sebagian pria, percakapan dengan dokter dapat membantu meringankan kekhawatiran tentang ED. Sebagai contoh, mungkin akan menenangkan saat mendengar bahwa ED sesekali adalah normal dan bahwa rata-rata waktu dari awal hubungan seksual untuk ejakulasi adalah sekitar lima menit.

 

Baca juga : Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

 

Penyebab Ejakulasi Dini

 

Penyebab ED tidak diketahui secara pasti. Pernah dianggap hanya masalah psikologis, dan saat ini Dokter tahu bahwa ED lebih rumit dan melibatkan interaksi yang kompleks dari faktor psikologis dan biologis.

 

Penyebab Ejakulasi Dini Dari Segi Psikologis

 

Beberapa dokter percaya bahwa pengalaman seksual dini dapat membentuk pola yang nantinya sulit di ubah di kemudian hari, seperti :

  • Situasi-situasi dimana anda mungkin telah melakukan proses terburu-buru untuk mencapai klimaks untuk menghindari agar anda tidak ketahuan.
  • Perasaan bersalah yang meningkatkan kecenderungan anda untuk melakukan hubungan seksual yang terburu - buru.

 

Faktor-faktor lain yang dapat berperan dalam penyebab ED meliputi:

 

  • Disfungsi ereksi. Pria yang cemas memperoleh atau mempertahankan ereksi selama hubungan seksual dapat membentuk pola yang mempercepat ejakulasi, yang akan sulit untuk diubah.
  • Kegelisahan / Kecemasan. Banyak pria dengan masalah ED juga memiliki masalah dengan kecemasan / kegelisahan, baik secara khusus tentang kinerja seksual atau terkait masalah lainnya.
  • Masalah – masalah dalam hubungan. Jika Anda dulunya memiliki hubungan seksual yang memuaskan dengan pasangan terdahulu, di mana ED jarang terjadi atau tidak terjadi sama sekali. Itu mungkin bahwa masalah interpersonal antara Anda dan pasangan saat ini, berkontribusi terhadap masalah ED tersebut.

 

Penyebab Ejakulasi Dini Dari Segi Biologis

 

Sejumlah faktor biologis dapat menjadi penyebab ejakulasi dini, termasuk:

  • Kadar hormon yang tidak normal
  • Tingkat tidak normal cairan kimia otak yang disebut neurotransmiter
  • Aktivitas refleks dari sistem ejakulasi yang tidak normal
  • Masalah tiroid
  • Peradangan dan infeksi prostat atau uretra
  • Sifat turunan


Jarang sekali ED disebabkan oleh :

  • Kerusakan saraf dari operasi atau trauma
  • Penghentian dari pengobatan tertentu yang pernah dilakukan untuk mengobati masalah seksual.

 

Faktor - Faktor Yang Meningkatkan Resiko

 

Berbagai faktor dapat meningkatkan risiko ED, termasuk:

Disfungsi ereksi. Risiko ED meningkat jika Anda sesekali atau secara konsisten mengalami kesulitan mendapatkan atau mempertahankan ereksi. Ketakutan akan kehilangan ereksi dapat menyebabkan Anda untuk secara sadar atau tidak sadar terburu-buru dalam berhubungan seksual.

Masalah kesehatan. Jika Anda mempunyai kondisi medis yang serius atau kronis, seperti penyakit jantung, Anda mungkin mengalami rasa cemas saat berhubungan seks dan mungkin tidak sadar mempercepat ejakulasi.

Stres. Emosional atau ketegangan mental dalam setiap bidang kehidupan Anda dapat memainkan peran dalam ED, hal ini sering membatasi kemampuan untuk rileks dan fokus selama hubungan seksual.

Jika anda memiliki keluhan tentang Ejakulasi Dini, Segera Hubungi Dokter Klinik Kami untuk berkonsultasi mengenai keluhan anda.

Klinik kami menawarkan pelayanan medis dengan kualifikasi terbaik, dengan menggunakan teknologi yang canggih serta dokter-dokter yang profesional dan terampil di bidang penyakit kelamin. Atau segera Klik tombol Konsultasi Dibawah ini untuk konsultasi medis online dengan staff medis kami.

 

Konsultasi Online