Gejala Herpes Genitalis Pada Wanita

Written by Klinik Utama Gracia

Herpes genital atau herpes kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh herpes virus simpleks. Banyak orang dengan herpes tidak memiliki tanda-tanda infeksi dan tidak tahu mereka memilikinya.

Bagaimana Herpes Kelamin ditularkan ?

Virus herpes ditularkan melalui kontak kulit-ke-kulit dengan orang yang memiliki virus herpes:

•             Paling sering, dari luka herpes atau lecet

•             jarang terjadi dari kulit yang tampak normal di mana virus pertama kali memasuki tubuh

•             Seks vagina, anal, oral, berbagi alat bantu seks (sextoys) atau kontak kulit ke kulit. Hal ini bisa terjadi bahkan tanpa luka yang terlihat.

Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah bisa mendapatkan infeksi herpes lebih mudah. Sistem kekebalan tubuh yang lemah disebabkan oleh beberapa penyakit (misalnya, kanker, HIV / AIDS) dan oleh beberapa obat-obatan yang digunakan untuk mengobati penyakit yang serius.

Orang yang tidak tahu bahwa mereka memiliki herpes masih bisa menyebarkan virus ke orang lain.

Apa Tanda-Tanda Herpes Genitalis Pada Wanita ?

Wanita yang memiliki virus herpes mungkin tidak memiliki gejala atau tanda-tanda infeksi. Banyak yang tidak tahu bahwa mereka memiliki virus. Setelah Anda terinfeksi, virus menetap di sel-sel saraf Anda untuk hidup.

Ketika virus tidak aktif, tidak ada tanda-tanda infeksi. Ketika virus menjadi aktif, gejala herpes terjadi. Beberapa wanita mungkin tidak memiliki gejala atau mungkin hanya memiliki satu gejala, sementara yang lain mungkin memiliki beberapa gejala.

Gejala pertama

Gejala pertama herpes genitalis pada wanita sering terjadi dalam 2 minggu setelah tertular virus dari orang yang terinfeksi. Tanda-tanda pertama mungkin termasuk:

•             Gatal, kesemutan, atau sensasi terbakar di daerah vagina atau dubur

•             Gejala seperti flu, termasuk demam

•             Pembengkakan kelenjar

•             Rasa sakit di kaki, bokong, atau daerah vagina

•             Perubahan pada keputihan

•             Sakit kepala

•             Nyeri saat buang air kecil

•             Merasakan tekanan di daerah bawah perut

Setelah beberapa hari, luka yang menyakitkan, lepuh, atau borok dapat timbul di daerah virus memasuki tubuh. Daerah ini termasuk:

•             Daerah vagina atau dubur

•             Mulut

•             Di dalam vagina

•             Pada serviks

•             Di saluran kemih

•             Pada bokong atau paha

•             Pada bagian lain dari tubuh Anda tempat masuknya virus herpes

Kadang-kadang gejala pertama tidak akan terjadi sampai bulan atau tahun setelah infeksi.

Gejala lainnya

Setelah gejala pertama, Anda mungkin memiliki gejala lanjutan. Untuk sebagian besar, gejala ini terjadi kurang sering dari waktu ke waktu. Tanda-tanda infeksi herpes biasanya lebih ringan daripada selama gejala pertama, dan mereka hilang lebih cepat.

Bagi orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, gejala yang timbul bisa menjadi berat dan berlangsung lama. Segera hubungi dokter jika memiliki tanda-tanda herpes.

Bagaimana mengetahui penyakit herpes genitalis pada tubuh kita ?

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki herpes genitalis adalah dengan pemeriksaan medis.

Herpes Kelamin dapat diobati, tetapi tidak bisa disembuhkan. Kebanyakan orang dengan herpes kelamin bisa hidup dengan virus dan mengobati gejala mereka.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui obat-obatan yang dapat mengobati gejala dan tentang cara-cara untuk mengurangi kesempatan menularkan virus ke pasangan seksual anda.

Tes infeksi TORCH sangat disarankan untuk wanita hamil atau yang sedang merencanakan kehamilan yang dicurigai mempunyai penyakit herpes.

Tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada kelompok  virus yang terdiri dari virus toksoplasmosis, rubela, sitomegalovirus, virus herpes simpleks, dan virus lain (misalnya sifilis, cacar air, gondongan, parvovirus dan HIV).

Jika anda positif herpes, penanganan bisa dilakukan agar janin tidak terinfeksi virus.

Obat-obatan dapat membantu menurunkan kemungkinan bahwa Anda akan menularkan virus kepada orang lain.

Jika Anda memiliki herpes genital, selama gejala terjadi anda harus :

•             Menjaga daerah yang terinfeksi bersih dan kering.

•             Hindari menyentuh luka atau lecet.

•             Tangan harus bersih setelah kontak dengan daerah yang terinfeksi.

•             Menghindari kontak kulit ke kulit dari waktu gejala pertama dari herpes sampai luka telah sembuh.

Bagaimana Anda Bisa Menghindari Penyakit Herpes Genitalis ?

Kebanyakan wanita mendapatkan penyakit herpes genitalis melalui kontak seksual dengan orang yang memiliki luka herpes. Anda bisa mendapatkan virus tanpa berhubungan seks.

Untuk pencegahan herpes genitalis hindari kontak kulit-ke-kulit dan aktivitas seksual (vagina, anal, oral) berbagi alat bantu seks, handuk dan pakaian pada pengidap herpes

Mengurangi jumlah pasangan seksual juga merupakan pencegahan herpes genitalis. Seks aman, kondom bila digunakan dengan benar, dapat mengurangi risiko terkena herpes genital. Setiap kali Anda berhubungan seks menggunakan kondom (tipe laki-laki atau perempuan)

Berhubungan seks dengan hanya satu pasangan yang tidak berhubungan seks dengan orang lain dan tidak memiliki herpes, adalah hal yang paling penting untuk pencegahan herpes genitalis.

Jika anda ragu terhadap gejala herpes kelamin pada wanita, anda bisa berkonsultasi kepada staff medis kami dengan mengklik tombol dibawah ini, atau datang langsung ke klinik kami.

Konsultasi Online