Penyakit Gonorrhea Adalah Penyakit Menular Seksual

Written by Klinik Utama Gracia

Penyakit Gonorrhea Adalah Penyakit Menular Seksual

Penyakit Gonorrhea adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae . Hal ini cenderung menginfeksi daerah hangat atau lembab dari tubuh, termasuk:

• Uretra (tabung yang mengalirkan urin dari kandung kemih)
  • Mata
  • Tenggorokan
  • Vagina
  • Dubur
  • Saluran reproduksi wanita (tuba falopi, leher rahim, dan rahim)

Penyakit Gonorrhea adalah penyakit yang dapat menular dari satu orang ke orang melalui seks oral, anal, atau vagina yang tidak menggunakan pengaman. Orang dengan pasangan seksual yang banyak atau mereka yang tidak menggunakan kondom berada pada risiko terbesar infeksi.

Perlindungan terbaik terhadap infeksi adalah dengan pantang berganti – ganti pasangan seksual, monogami (seks dengan satu pasangan), dan penggunaan kondom yang tepat.

Perilaku yang membuat seseorang lebih mungkin untuk terlibat dalam hubungan seks tanpa kondom juga meningkatkan kemungkinan infeksi. Perilaku ini termasuk penyalahgunaan alkohol dan penyalahgunaan narkoba, penggunaan narkoba terutama intravena.

Gejala biasanya terjadi dalam dua sampai 14 hari setelah paparan. Namun, beberapa orang yang terinfeksi dengan gonore tidak pernah mengembangkan gejala terlihat.

Sangat penting untuk diingat bahwa seseorang dengan gonore yang tidak memiliki gejala, juga disebut pembawa nonsymptomatic, masih bisa menularkan kepada orang lain. Seseorang lebih mungkin menyebarkan infeksi ke pasangan nya ketika mereka tidak memiliki gejala yang terlihat.

Gejala  Pada Pria

Pria mungkin tidak mengalami gejala terlihat selama beberapa minggu. Beberapa orang mungkin tidak pernah mengembangkan gejala.

Biasanya, infeksi mulai menunjukkan gejala seminggu setelah transmisi. Gejala pertama yang mencolok pada pria adalah seringnya merasakan sensasi terbakar atau rasa nyeri saat buang air kecil. Pada pria, beberapa gejala penyakit gonorrhea adalah:

• Frekuensi atau urgensi buang air kecil yang lebih sering
  • Keluarnya nanah seperti (atau drip) dari penis (putih, kuning, krem, atau kehijauan)
  • Pembengkakan atau kemerahan pada pembukaan penis
  • Pembengkakan atau nyeri pada testis
  • Sakit tenggorokan yang persisten

Infeksi akan tinggal di dalam tubuh selama beberapa minggu setelah gejala telah diobati. Pada kasus yang jarang, gonore dapat terus menyebabkan kerusakan pada tubuh, khususnya saluran kencing dan testis. Nyeri juga dapat menyebar ke rektum.

Gejala Pada Wanita

Banyak wanita tidak mengembangkan gejala gonore yang jelas. Ketika wanita mengalami gejala, mereka cenderung ringan atau mirip dengan infeksi lain, membuat penyakit lebih sulit untuk diidentifikasi. Infeksi gonore dapat muncul seperti umumnya jamur vagina atau infeksi bakteri.

Pada wanita, beberapa gejala penyakit gonorrhea adalah:

• Cairan vagina (cair, creamy, atau sedikit hijau)
  • Rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Keinginan untuk buang air kecil lebih sering
  • Periode yang lebih berat atau bercak
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri saat melakukan hubungan seksual
  • Nyeri di perut bagian bawah

Diagnosa

Infeksi gonore dapat didiagnosa dalam beberapa cara, salah satu cara mendiagnosa penyakit gonorrhea adalah dengan mengambil sampel cairan dari daerah gejala menggunakan swab (penis, vagina, rektum, atau tenggorokan) dan ditempatkan pada slide kaca.

Jika dokter mencurigai adanya infeksi sendi atau darah, dokter akan mendapatkan sampel dengan menggambar darah atau memasukkan jarum ke dalam sendi gejala untuk menarik cairan.

Mereka kemudian akan menambah noda untuk sampel dan memeriksanya di bawah mikroskop. Jika sel-sel bereaksi terhadap noda, Anda kemungkinan besar memiliki infeksi gonore. Metode ini relatif cepat dan mudah, tetapi tidak memberikan benar-benar pasti. Tes ini juga dapat diselesaikan oleh teknolog lab.

Metode kedua melibatkan mengambil jenis yang sama dari sampel dan menempatkannya pada hidangan khusus. Ini akan diinkubasi dalam kondisi pertumbuhan yang ideal untuk beberapa hari. Sebuah koloni bakteri gonore akan tumbuh jika gonore hadir.

Hasil awal mungkin siap dalam waktu 24 jam. Hasil akhir akan memakan waktu hingga tiga hari.

Komplikasi gonore

Yang berisiko lebih besar terkena komplikasi jangka panjang dari penyakit gonorrhea adalah perempuan, jika infeksi tidak diobati. Infeksi gonore yang tidak diobati pada wanita dapat naik ke saluran reproduksi wanita dan melibatkan rahim, saluran tuba, dan ovarium.

Kondisi ini dikenal sebagai penyakit radang panggul dan dapat menyebabkan sakit parah dan kronis dan merusak organ reproduksi wanita. Penyakit radang panggul dapat disebabkan oleh penyakit menular seksual lainnya juga.

Perempuan juga dapat mengembangkan pemblokiran atau parut pada saluran tuba, yang dapat mencegah kehamilan masa depan atau menyebabkan kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik adalah ketika dibuahi implan telur di luar rahim. Infeksi gonore dapat lolos ke bayi baru lahir saat melahirkan.

Pria mungkin mengalami jaringan parut dari uretra. Pria mungkin juga mengembangkan abses yang menyakitkan di pedalaman penis. Infeksi dapat menyebabkan berkurangnya kesuburan atau kemandulan.

Ketika infeksi gonore menyebar ke aliran darah, baik pria maupun wanita bisa mengalami arthritis, kerusakan katup jantung, atau radang selaput otak atau sumsum tulang belakang. Ini adalah kondisi yang jarang namun serius.

Pengobatan Gonore

Pengobatan yang sering digunakan untuk penyakit gonorrhea adalah antibiotik. Sebagian besar negara juga memberikan diagnosis dan perawatan gratis di klinik kesehatan yang disponsori negara .

Di rumah dan over-the-counter obat

Tidak ada obat rumahan yang akan mengobati infeksi gonore. Jika Anda menduga bahwa Anda memiliki gonore, Anda harus mencari perawatan dari seorang profesional kesehatan.

Antibiotik

Antibiotik yang sering digunakan untuk penyakit gonorrhea adalah dengan suntikan antibiotik Ceftriaxone satu waktu ke bokong atau dosis tunggal Azitromisin melalui mulut. Setelah pada antibiotik, Anda harus merasa lega dalam beberapa hari.

Dokter  akan mengidentifikasi, kontak, tes, dan mengobati pasangan seksual dari orang yang terkena untuk membantu mencegah penyebaran infeksi.

Munculnya strain resisten antibiotik dari gonore adalah  tantangan yang berkembang . Kasus-kasus ini mungkin memerlukan perawatan yang lebih luas, dengan kursus tujuh-hari terapi antibiotik atau ganda lisan dengan dua antibiotik yang berbeda, biasanya untuk total tujuh hari terapi.

Antibiotik yang digunakan untuk terapi diperpanjang biasanya diberikan sekali atau dua kali sehari. Beberapa antibiotik yang umum digunakan termasuk azitromisin dan doxycycline. Para ilmuwan bekerja untuk mengembangkan vaksin untuk mencegah infeksi gonore.

Pencegahan Gonore

Cara paling aman untuk mencegah penyakit gonorrhea adalah melalui tidak bergonta ganti pasangan seksual. Jika Anda melakukan seks, selalu menggunakan kondom. Sangat penting untuk terbuka dengan pasangan seksual Anda, dapatkan pengujian penyakit menular seksual, dan mencari tahu apakah mereka telah diuji.

Jika pasangan Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi yang mungkin, menghindari kontak seksual dengan mereka. Minta mereka untuk mencari bantuan medis untuk menyingkirkan infeksi kemungkinan yang dapat diteruskan.

Anda berada di risiko yang lebih tinggi tertular gonore jika Anda sudah memiliki itu atau PMS lainnya. Anda juga beresiko tinggi jika Anda memiliki beberapa mitra seksual atau pasangan baru.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Anda Memiliki Gonore

Jika Anda berpikir Anda mungkin memiliki gonore, Anda harus menghindari aktivitas seksual. Anda juga harus segera menghubungi dokter Anda.

Selama kunjungan dokter Anda, bersiaplah untuk:

• gejala rinci
  • mendiskusikan sejarah seksual Anda

Jika Anda berada di kontak dengan pasangan seks Anda (s), biarkan mereka tahu mereka harus diuji segera.

Jika Anda ditempatkan pada antibiotik, penting untuk mengambil kursus penuh pil untuk memastikan bahwa infeksi Anda benar-benar diperlakukan. Pemotongan saja Anda antibiotik pendek dapat membuat bakteri lebih mungkin untuk mengembangkan resistensi terhadap antibiotik. Anda juga perlu untuk menindaklanjuti dengan dokter Anda satu sampai dua minggu kemudian untuk memastikan bahwa infeksi Anda telah dibersihkan.

Jika hasil kembali negatif dan pasangan seksual Anda juga jelas infeksi apapun, itu mungkin untuk melanjutkan aktivitas seksual.

Apa Hubungan Antara Gonore Dan Klamidia?

Gonore dan klamidia keduanya bakteri yang menyebabkan penyakit menular seksual. Faktor risiko yang sama untuk kedua infeksi, dan kedua menyebabkan gejala yang sama.

Komplikasi klamidia sangat mirip dengan gonore kecuali klamidia jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mempengaruhi situs selain saluran reproduksi.

Diagnosis dan pengobatan yang hampir sama juga. Jika Anda berpikir Anda mungkin memiliki penyakit menular seksual lainnya, Anda akan melihat seorang profesional kesehatan. Mereka dapat menentukan apa jenis itu adalah dengan menguji Anda seperti dijelaskan di atas, dan kemudian mulai pengobatan yang tepat.

Konsultasi Online