Klinik Utama Gracia

Get Adobe Flash player

Gonore

Gonore atau kencing Nanah merupakan salah satu penyakit menular seksual yang umum dan disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Pria maupun wanita dapat terjangkit penyakit ini. Bakteri gonococcus biasanya ditemukan di cairan penis dan organ intim wanita dari orang yang terinfeksi.

Bakteri penyakit ini dapat menyerang anus, servik (leher rahim), uretra (saluran kencing dan air mani), mata, dan tenggorokan. Gonore paling sering menular melewati relasi seks, seperti seks oral atau anal, mainan seks yang terkontaminasi atau tidak dilapisi dengan kondom baru tiap-tiap diaplikasikan, dan terkait seks tanpa mengaplikasikan kondom. 

Bayi juga dapat terinfeksi saat proses kelahiran bila ibunya mengidap penyakit gonore dan biasanya menjangkiti mata bayi, sampai berpotensi mengakibatkan kebutaan permanen. Bakteri gonore tidak dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama, itu sebabnya gonore tidak menular melewati dudukan kamar mandi, perlengkapan makan, berbagi handuk, kolam renang, berbagi gelas, ciuman, dan pelukan.

berikut ini artikel mengenai tentang Gonore :

1. Gejala Penyakit Gonore