Klinik Utama Gracia

Gejala Penyakit Gonore Sering tidak di sadari

Gejala Penyakit Gonore

Gonore atau kencing nanah adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae. Bakteri penyakit gonore biasanya akan menyerang daerah yang lembab seperti uretra (tabung yang menyalurkan urin ke saluran kemih, mata, tenggorokan, vagina, anus, dan saluran reproduksi wanita.

Penyebaran gonore paling umum adalah melalui kontak hubungan seksual dengan orang yang telah terinfeksi. Hubungan seksual ini bisa berbentuk vaginal, anal maupun oral seks. Selain itu, gonore juga bisa ditularkan melalui ibu hamil yang telah terinfeksi kepada bayi dalam kandungannya.

Tidak semua orang yang terinfeksi gonore menunjukkan gejala sehingga mereka tidak sadar telah mengidap gonore. Ketika gejala terjadi, biasanya sering muncul dalam kurun waktu dua sampai 10 hari setelah terinfeksi bakteri tersebut, tetapi butuh waktu sampai 30 hari untuk bakteri tersebut berkembang.

Penyakit menular seksual gonore biasanya ditandai dengan munculnya beberapa gejala

Pada pria:

·         Keluar cairan berupa nanah yang berwarna putih, kuning, atau kehijauan dari penis. Gejala ini adalah gejala gonore yang paling mudah dikenali

·         Buang air kecil yang mengalami peningkatan frekuensi

·         Terdapat bengkak dan kemeraan pada bukaan penis

·         Rasa nyeri pada testis

·         Tenggorokan terasa sakit terus-menerus

Sedangkan pada wanita gejala gonore antara lain :

·         Vagina mengeluarkan cairan yang menyerupai krim dan berwarna sedikit kehijauan

·         Rasa nyeri dan sensasi panas saat buang air kecil

·         Muncul pendarahan diluar siklus menstruasi

·         Nyeri ketika berhubungan seksual

·         Pembengkakan pada vulva

·         Rasa panas dan terbakar pada mulut ketika melakukan seks oral

Berbagai penyebab seseorang dapat tertular atau terinfeksi gonore

1.      Penularan melalui hubungan seksual

Berhubungan seksual dengan pasangan yang telah terinfeksi gonore akan meningkatkan risiko Anda tertular penyakit ini. Cara penularannya termasuk pada saat melakukan seks oral, anal, ataupun vaginal. Seperti halnya bakteri lain, Anda bisa mendapatkan tertular bakteri penyebab gonore hanya dari menyentuh daerah tubuh orang lain yang yang telah terinfeksi.

Contohnya apabila Anda tidak menggunakan kondom saat berhubungan seks, melakukan hubungan seks dengan pasangan yang tidak jelas riwayat seksualnya, bergonta-ganti pasangan,

2.      Menggunakan sex toys atau mainan seks

3.      Penularan dari ibu yang melahirkan kepada bayinya melalui persalinan normal

Bayi dapat tertular bakteri gonore saat proses melahirkan normal jika ibunya mengidap penyakit ini sebelumnya. Pada bayi, penyakit ini umumnya menginfeksi bagian mata hingga berpotensi mengakibatkan kebutaan permanen.

Bagaimana penanganan penyakit menular seksual gonore?

Gonore merupakan penyakit menular seksual yang harus di waspadai karena sekali seseorang telah terinfeksi, tidak berarti selanjutnya ia menjadi kebal atau imun. Banyak pula orang yang lebih dari satu kali terserang penyakit gonore.

Diagnosa penyebab dan penanganan gonore dapat diketahui setelah melakukan beberapa tes berikut ini :

·         Pengambilan sampel dari cairan urethra (pada pria)

·         Pengambilan sampel dari serviks (wanita)

·         Tes pada anus, tenggorokan dan mata

Penyakit gonore dapat disembuhkan. Pengobatan yang dilakukan tidak bisa Anda lakukan secara bebas. Anda harus pergi memeriksakan diri ke dokter agar dapat mengetahui penyebab  dan bagaimana penanganan yang tepat untuk penyakit gonore yang Anda alami.