penyebab penyakit gonorrhea

Gonorrhea atau penyakit kencing nanah, merupakah salah satu penyakit menular seksual yang cukup berbahaya. Lalu apa saja penyebab penyakit gonorrhea?

Penyebab penyakit gonorrhea yaitu kuman yang bernama Neisseria Gonorheae yang menginfeksi selaput lendir manusia seperti dubur, selaput lendir pada bagian mata, tenggorokan dan alat kelamin. Cara penyebaran penyakit ini biasanya melalui hubungan seksual yang aktif, serta rutinnya berganti pasangan seks, dan kurangnya menjaga kebersihan.

Gejala penyakit gonorrhea tidaklah sama antara satu dengan lainnya, akan tetapi penyebab gonorrhea tetaplah sama. Gejala yang timbul pada penyakit gonorrhea sangat bergantung pada jenis kelamin serta tingkatan penyakit gonorrhea tersebut. Jika penyakit gonorrhea menyerang laki-laki maka gejala yang dapat timbul akibat dari penyakit antara lain yaitu keluarnya nanah dari saluran kencing, timbulnya rasa perih dan panas seperti terbakar, ujung buah zakar yang membengkak dan berwarna merah.

Jika penyakit gonorrhea terjadi pada wanita, maka gejala yang ditimbulkan antara lain yaitu nyeri pada bagian sekitar wilayah perut, terjadinya infeksi saluran kencing, serviks atau vagina, cairan yang keluar dari vagina bertambah, timbulnya rasa sakit saat buang air kecil, dan air kencing yang berwarna kuning kehijauan.

Penyebab Penyakit Gonorrhea

Menurut penelitian, ada beberapa faktor penyebab gonorrhea yang pada umumnya terjadi, beberapa faktor tersebut antara lain yaitu:

  • Pergaulan

Melihat pergaulan pada masa sekarang ini yang sangat mengkhawatirkan, terutama mengenai pergaulan tanpa batas yang dapat membuat anak-anak bebas melakukan apa saja termasuk seks bebas yang tanpa menggunakan alat pengaman seperti kondom dan lain-lain.

Seks bebas tanpa menggunakan alat pengaman seperti inilah yang menjadi penyebab gonorrhea. Oleh karena itu selalu gunakan alat pengaman atau alat-alat kontrasepsi lainnya untuk menghindarkan diri Anda dari penyakit gonorrhea atau kencing nanah.

 

  • Lingkungan

Penyebab gonorrhea selanjutnya adalah faktor lingkungan. Dengan lingkungan yang kotor dan kumuh dapat menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri, sehingga menyebabkan terjadinya penyakit gonorrhea.

Anda perlu menyadari bahwa terjadinya penyakit gonorrhea berawal dari kuman. Oleh karena itu lingkungan yang kotor juga menjadi salah satu faktor pendukung terjadinya penyakit ini.

 

  • Sex bebas

Faktor penyebab gonorrhea yang lain adalah sex bebas. Sex bebas banyak dilakukan oleh para pelajar usia remaja yang masih sangat kurang dalam menggali informasi mengenai seks bebas, serta kurangnya kesadaran mengenai pentingnya memakai alat kontrasepesi saat melakukan hubungan seksual.

Melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom, akan sangat merugikan diri sendiri. Melakukan seks bebas dan seringnya bergonta-ganti pasangan juga akan mendatangkan penyakit HIV atau AIDS yang tergolong penyakit menular seksual yang berbahaya dan mematikan.

 

  • Bakteri atau Kuman

Bakteri atau kuman merupakan penyebab utama terjadinya penyakit gonorrhea. Bakteri dan kuman pada umumnya ditemukan pada lingkungan yang kotor atau kumuh, sehingga dengan lingkungan kotor dan kumuh tersebut, bakteri dan kuman dapat tumbuh dan berkembang sehingga menyebabkan seseorang terkena penyakit gonorrhea ini.

Untuk itu selalu jagalah kebersihan alat kelamin serta tubuh Anda sebaik mungkin agar tidak terjadi penyakit gonorrhea atau kencing nanah.

 

  • Kurang menjaga kebersihan organ intim

Kurangnya menjaga kebersihan organ intim menjadi penyebab utama terjadinya penyakit gonorrhea atau kencing nanah. Agar terhindar dari penyakit ini, disarankan bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan organ intimnya.

Kurangnya menjaga kebersihan organ intim juga dapat mendatangkan penyakit kelamin lainnya seperti kutil kelamin. Oleh karena itu merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kebersihan organ vital Anda agar mencegah bakteri dan kuman masuk ke dalam tubuh Anda.

Itulah informasi mengenai penyebab penyakit gonorrhea serta beberapa faktor utama penyebab gonorrhea yang dapat menjadi gerbang masuk virus gonorrhea untuk menyerang tubuh Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin mengetahui mengenai penyebab penyakit gonorrhea lainnya, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan staff kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.