penyakit prostat, penyebab penyakit prostat

Salah satu penyakit yang menjadi momok bagi kaum pria adalah gangguan prostat. Lalu apa sih penyebab penyakit prostat pada pria?

Penyakit pada kelenjar prostat merupakan penyakit yang muncul ketika usia seorang pria telah berumur lebih dari 50 tahun. Gejala penyakit prostat yang seringkali dialami dan dikeluhkan antara lain yaitu, tidak dapat menahan keinginan untuk buang air kecil, terlebih lagi jika keinginan tersebut muncul saat malam hari. Meskipun mempunyai keinginan yang besar untuk buang air kecil, terkadang urine yang dikeluarkan hanya sedikir dan disertai dengan rasa sakit.

Penyakit prostat sendiri adalah merupakan penyakit yang terjadi pada kelenjar prostat yaitu kelenjar seks pria yang letaknya berada di bawah kandung kemih serta mengelilingi saluran kencing atau uretra. Organ ini mempunyai ukuran sebesar biji kemiri dengan diameter kurang lebih sekitar 4 cm. Setiap bertambah usia, maka ukuran prostat akan semakin besar.

Pria yang berusia 25 hingga 30 tahun, berat prostat yang ada pada tubuhnya akan mencapai berat maksimal yaitu dengan berat sekitar 25 gram. Prostat sendiri mempunyai fungsi mengeluarkan campuran cairan serta enzim yang diperlukan oleh sperma agar tubuh tetap sehat. Saat pria memasuki usia pubertas, kelenjar prostat akan membuat cairan mani, dan seiring dengan bertambahnya usia seseorang, maka seseorang akan mengalami berbagai gangguan prostat seperti peradangan prostat, prostat jinak dan kanker prostat.

Peradangan prostat

Peradangan prostat dalam dunia medis disebut dengan prostatitis yaitu suatu penyakit yang menyebabkan prostat meradang dan membengkak, hal ini biasanya disebabkan oleh bakter. Penderita penyakit ini sangatlah menderita, sebab akan merasakan rasa sakit yang luar biasa. Pada umumnya radang prostat terjadi pada kaum pria yang telah berulang kali mengalami peradangan pada saluran kemihnya. Adapun bakteri penyebab peradangan prostat ini adalah E.colli, Klebsiella, Pseudomonas, Stafilokokkus, Enterobakteri, dan Streptokokkus.

Gejala yang biasanya timbul pada penyakit ini adalah munculnya rasa sakit ketika mengalami ejakulasi saat sedang berhubungan intim, fungsi seksual mengalami penurunan, dan terdapatnya darah di dalam sperma.

Pembesaran prostat jinak

Penyakit ini terjadi akibat pertumbuhan kelenjar prostat yang terlalu berlebihan. Adapun faktor utama yang mempengaruhi gangguan ini adalah bertambahnya usia serta berfungsinya sel leydig yang terdapat pada testis, dimana sel tersebut mempunyai fungsi sebagai penghasil hormon androgen yang utama, yaitu hormon testosteron.

Perubahan hormon testosteron menjadi hormon dehidrostestosteron (DHT) pada sel prostat menjadi faktor yang menyebabkan DHT masuk ke dalam inti sel prostat sehingga menyebabkan inskripsi pada RNA. Dengan begitu maka terjadilah pembentukan protein yang membuat sel prostat menjadi bertambah banyak.

Gejala yang biasanya muncul pada penyakit ini adalah kencing yang tidak lampias, pancaran kencing yang lemah, kencing yang terputus-putus, durasi kencing agak lama, muncul keinginan untuk kencing secara terus menerus, ngompol atau kencing menetes.

Kanker prostat

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya, namun dapat disembuhkan apabila dapat terdeteksi dalam tahap dini. Kanker prostat merupakan penyakit kanker yang menyerang kelenjar prostat sehingga menyebabkan sel-sel tumbuh menjadi tidak normal dan tidak terkendali. Pada dasarnya kanker prostat terbagi menjadi dua golongan yaitu kanker yang masih terbatas dalam organ prostat (kanker dini), dan kanker yang sudah menyebar keluar dari prostat.

Kanker prostat pada umumnya akan menyerang para pria yang berusia di bawah 45 tahun kecuali jika terdapat riwayat kanker prostat pada keluarga Anda. Masalah yang sering timbul dari kankeri ini adalah sering tumbuhnya kanker secara diam-diam di dalam kelenjar prostat tanpa adanya gejala-gejala yang ditimbulkan sampai menyebar hingga ke tulang dan jaringan yang ada di sekitarnya. Oleh sebab itu sangat penting bagi pria yang telah berusia 50 tahun untuk melakukan uji rektal digital agar dokter dapat menemukan benjolan atau pembesaran yang terjadi pada prostat.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab penyakit prostat. Jika Anda ingin mengetahui penyebab penyakit prostat dengan lebih lengkap, Anda dapat berkonsultasi dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.