gejala sipilis, gejala sipilis pada pria, gejala sipilis pada wanita

Tahukah Anda mengenai penyakit sipilis? Penyakit sipilis atau yang lebih dikenal sebagai penyakit raja singa merupakan salah satu dari penyakit menular seksual. Penyakit ini disebut juga dengan “peniru ulung”, hal ini disebabkan karena sulitnya mendeteksi tanda-tanda atau gejala penyakit ini. penyakit ini dapat menyerang siapapun, pria ataupun wanita dapat terkena penyakit ini tanpa disadari. Lalu sebenarnya apakah ada perbedaan antara gejala sipilis pada pria dan gejala sipilis pada wanita?

Secara umum tidak ada perbedaan yang berarti antara gejala sipilis pada pria dan gejala sipilis pada wanita, hal ini dikarenakan tahapan pada gejala-gejala penyakit ini hampir sama sehingga tidak menimbulkan perbedaan yang berarti di setiap tahapannya.

Namun, berdasarkan laporan dari berbagai kasus yang terjadi, jika berdasarkan pada gender, penyakit sipilis lebih banyak menyerang pria mulai umur 35 hingga 39 tahun, sedangkan pada wanita, penyakit sipilis menyerang wanita yang telah berumur 20 hingga 24 tahun.

Penyebab Sipilis

Bakteri spiroset Treponema pallidum merupakan penyebab utama dari penyakit sipilis. Pada umumnya bakteri ini menular melalui hubungan seksual, serta dapat ditularkan dari ibu hamil kepada janin yang sedang dikandungnya selama masa kehamilan atau saat melahirkan. Kondisi penularan dari ibu hamil ke janin disebut juga sebagai sipilis kongenital.

Cara penularan penyakit sipilis selain melalui hubungan seksual, juga dapat terjadi melalui cairan tubuh penderitanya, seperti darah dan lainnya. Namun, penyakit ini pada umumnya terjadi akibat adanya kontak langsung melalui hubungan intim dengan penderita, seperti seks vagina, oral, maupun anal.

Selain berbagai hal tersebut, berbagi jarum suntik dengan penderita penyakit ini juga dapat menjadi salah satu penyebab menularnya bakteri Treponema pallidum, seperti menggunakan narkoba jenis suntik, mentato bagian tubuhnya, serta melakukan tindik pada bagian telinga.

Gejala Sipilis

Pada umumnya gejala penyakit sipilis terbagi menjadi 4 fase atau 4 tahapan gejala penyakit sipilis yang dapat Anda perhatikan sebagai langkah awal penanganan dari penyakit ini. 4 tahapan secara umum gejala sipilis pada wanita dan pria antara lain yaitu:

• Fase Primer

Fase ini merupakan fase awal terjadinya sipilis, terjadinya fase ini ditandai dengan munculnya luka tunggal atau beberapa luka yang berbentuk bulat dengan sisi-sisi yang dapat terlihat dengan jelas. Luka ini akan terjadi selama 1 hingga 4 minggu atau bahkan dapat lebih. Akan tetapi, rata-rata hal ini akan terjadi selama 3 minggu (21 hari). Luka ini masih dapat diobati dan disembuhkan jika segera dilaporkan ke dokter, namun jika dibiarkan saja, maka penyakit ini akan masuk ke dalam tahap selanjutnya atau tahap sekunder.

• Fase Sekunder

Fase ini ditandai dengan munculnya ruam kemerahan pada selaput lendir atau kulit. Umumnya bentuk ruam berwarna merah, atau berbentuk bintik-bintik cokelat kemerahan. Ruam ini pada umumnya terjadi pada bagian telapak tangan dan bagian bawah kaki. Ruam yang terjadi bentuknya samar sehingga terkadang hal ini sering luput dari perhatian penderita.

Selain munculnya ruam, pada tahap ini gejala yang terjadi dapat berupa terjadinya penurunan berat badan, rambut yang rontok, seringnya sakit pada bagian kepala, demam, nyeri otot, terjadinya pembengkakan, sakit tenggorokan, dan kelenjar getah bening.

Gejala yang terjadi pada tahap ini dapat hilang dengan sendirinya meskipun tidak diberikan pengobatan, akan tetapi jika dibiarkan saja, maka penyakit ini akan masuk ke dalam tahap laten.

• Fase Laten

Pada fase ini, penyakit sipilis akan terjadi selama bertahun-tahun serta gejalanya sangat sulit untuk diketahui, tidak seperti pada tahap primer dan tahap sekunder. Selama fase laten ini berlangsung, maka gejala yang ditimbulkan yaitu gejala-gejala kambuhan, dan apabila tidak segera diobati, maka penderita terancam memasuki fase tersier atau fase yang paling parah.

• Fase Tersier

Fase ini merupakan fase terparah dari beberapa tahapan sebelumnya. Pada tahapan ini, penyakit sipilis dapat merusak organ tubuh para penderitanya termasuk organ-organ dalam tubuh seperti pembuluh darah, saraf otak, jantung, mata, tulang, sendi, dan hati.

Jika mengalami fase ini, maka penderita akan mengalami kelumpuhan, lemahnya gerakan otot, tubuh yang mengalami mati rasa, kebutaan serta berbagai akibat lainnya yang sangat berbahaya hingga menyebabkan kematian.

Selain gejala-gejala umum seperti di atas, terdapat juga beberapa gejala khusus yang dapat terjadi pada pria dan wanita, antara lain yaitu:

Gejala sipilis pada pria

• Nyeri ketika berhubungan seksual dengan pasangan
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Keluarnya cairan atau kotoran dari penis
  • Luka pada kerongkongan
  • Nyeri pada anus
  • Munculnya luka memerah tanpa rasa sakit pada penis, kerongkongan, lidah atau anus
  • Munculnya bintik merah pada kulit, terutama di bagian telapak tangan dan telapak kaki
  • Urine yang berwarna gelap sedangkan feses berwarna terang
  • Mata serta kulit berwarna kekuningan
  • Munculnya bentuk lepuh yang dapat menjadi koreng pada kemaluan
  • Terjadinya pembengkakan kelenjar limfa
  • Demam, nyeri, serta munculnya rasa sakit pada seluruh tubuh
  • Munculnya rasa lelah yang amat sangat dibandingkan sebelumnya, keringat pada malam hari, serta berat badan yang terus menurun

Gejala sipilis pada wanita

• Munculnya cairan yang tidak normal pada saluran kencing
  • Munculnya keputihan yang berwarna putih kehijauan dan berbau amis
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Nyeri ketika berhubungan seksual dengan pasangan
  • Munculnya rasa gatal pada alat kelamin
  • Munculnya luka kecil tanpa rasa sakit yang disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening
  • Terjadinya perubahan warna mata dan kulit
  • Terjadi komplikasi bartolitis sehingga menyebabkan kesulitan berjalan karena rasa nyeri yang tidak tertahankan.

Itulah beberapa informasi mengenai gejala penyakit sipilis pada pria dan pada wanita. jika Anda ingin mengetahui informasi mengenai gejala penyakit sipilis pada pria dan pada wanita, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.