Penyakit sipilis disebut juga sebagai “peniru ulung”. Hal itu dikarenakan tanda dan gejalanya sangat sulit untuk dibedakan, dan memerlukan perhatian yang lebih untuk dapat mengetahui ciri-cirinya. Selain para pria, para wanita juga dapat terserang penyakit ini, sebab penyakit ini menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Pada artikel kali ini akan di bahas ciri-ciri penyakit sipilis pada wanita.

Sebelum membahas ciri-ciri penyakit sipilis pada wanita, alangkah lebih baiknya Anda mengetahui beberapa informasi penting berikut ini, yaitu pada tahun 2006, Pemerintah Amerika Serikat melaporkan bahwa di Negaranya terdapat lebih dari 36.000 kasus penyakit sipilis, dan merupakan kasus sipilis terbesar pada tahun itu.

Berdasarkan laporan dari beberapa kasus serta penelitian, manusia dengan golongan umur 20 hingga 39 tahun terkena penyakit sipilis. Sedangkan berdasarkan gendernya, laki-laki yang berusia 35 hingga 39 tahun merupakan usia yang beresiko terserang penyakit ini. Sedangkan bagi perempuan, usia 20 hingga 24 tahun merupakan usia yang paling banyak terserang penyakit ini.

Penyebab penyakit sipilis

Sipilis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri yang bernama bakteri spiroset Treponema pallidum. Bakteri jenis ini menularkan penyakitnya melalui kontak seksual. Selain itu bagi wanita yang sedang hamil, penyakit ini juga dapat menularkan penyakitnya kepada bayi yang sedang di kandung, sehingga menyebabkan sipilis kongenital.

Penyakit sipilis selain menularkan penyakit ini melalui hubungan intim, ternyata juga dapat menyebar melalui cairan pada tubuh penderitanya, seperti melalui darah karena penggunaan jarum suntik yang bergantian, mentato dan menindik telinganya.

Ciri-ciri penyakit sipilis pada wanita

Pada umumnya terdapat 4 fase ciri-ciri penyakit sipilis, dan semuanya mempunyai ciri dan tanda yang berbeda antara satu dengan lainnya. Beberapa fase penyakit sipilis antara lain yaitu:

  1. Fase Primer

  2. Fase Sekunder

  3. Fase Laten

  4. Fase Tersier

Adapun gejala penyakit sipilis yang terjadi pada wanita yang perlu para wanita ketahui, antara lain yaitu:

  1. Keluarnya cairan secara tidak normal dari saluran kencing atau liang senggama
  2. Munculnya keputihan yang banyak, berbau amis, serta berwarna putih kehijauan
  3. Munculnya rasa nyeri saat buang air kecil
  4. Munculnya rasa nyeri saat melakukan hubungan seksual
  5. Munculnya rasa gatal di sekitar alat kelamin
  6. Munculnya luka kecil tanpa rasa sakit yang disertai dengan terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening
  7. Terjadinya perubahan pada warna kulit dan mata
  8. Terjadinya komplikasi bartolitis, yaitu pembengkakan pada kelenjar bartholin yang mengakibatkan sulitnya berjalan akibar rasa nyeri.

Jika telah memasuki fase awal, ciri-ciri penyakit keputihan pada wanita yang akan terjadi biasanya adalah munculnya luka berwarna kemerahan dan basah pada daerah vagina, mulut atau juga poros usus. Luka seperti ini disebut juga dengan chancre. Pada fase ini pun akan terjadi pembengkakan kelenjar getah bening.

Pada fase kedua atau stadium dua apabila tidak dilakukan pengobatan, maka akan meningkatkan resiko terjadinya ruam pada bagian telapak tangan dan kaki. Selain itu juga akan muncul luka di bagian bibir, tenggorokan, mulut, dubur, dan vagina. Adapun gejala penyakit sipilis lainnya yaitu terjadinya demam, pegal-pegal, dan flu.

Jika telah memasuki stadium tiga atau fase ketiga dari fase umum terjadinya penyakit sipilis, maka penderita akan mengalami sipilis laten, yaitu kondisi dimana semua gejala akan hilang, namun meskipun begitu penyakit ini belum dapat dikatakan sembuh dan masih berdiam diri di dalam tubuh. Kondisi ini dapat terjadi hingga bertahun-tahun lamunya.

Setelah melewati fase ketiga, selanjutnya wanita akan memasuki fase yang paling berbahaya. Hal ini dikarenakan penyakit sipilis telah menyebar ke seluruh tubuh dan mengakibatkan kerusakan jantung, otak, batang otak dan tulang.

Itulah beberapa informasi mengenai ciri-ciri penyakit sipilis pada wanita yang pada umumnya terjadi dalam beberapa fase. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih jelas mengenai ciri-ciri penyakit sipilis pada wanita lainnya, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.