Tahukah Anda mengenai sipilis? Sipilis atau raja singa merupakan salah satu dari penyakit menular seksual yang dapat menyerang siapapun tanpa memilih gender dan usia. Namun, sebagian besar kasus sipilis yang terjadi banyak menyerang para pria dibandingkan dengan para wanita. Lalu apakah ada obat sipilis pada pria?

Berdasarkan penelitian, penyakit sipilis terjadi akibat bakteri Treponema pallidum yang menular melalui hubungan seksual dengan penderitanya. Penyakit ini mempunyai tahapan-tahapan tertentu dalam menularkan penyakitnya.

Adapun beberapa tahapan penyakit sipilis antara lain yaitu:

• Sipilis Primer
  • Sipilis Sekunder
  • Sipilis tahap laten
  • Sipilis tahap tersier

Perlu Anda ketahui bahwa gejala yang terjadi antara satu tahapan dengan tahapan lainnya berbeda-beda, bahkan untuk gejala pada wanita hampir tidak dapat diketahui. Hal ini dikarenakan gejala yang ditimbulkan hampir sama dengan gejala pada flu ringan.

Cara mendiagnosa sipilis

Untuk dapat mengetahui secara pasti apakah Anda mempunyai penyakit sipilis atau tidak, Anda dapat mengeceknya melalui tes darah. Tes darah ini dapat Anda lakukan pada klinik-klinik khusus serta beberapa puskesmas yang terdapat di sekitar rumah Anda.

Cara mengobati sipilis

Saat ini sudah banyak obat-obatan yang dapat Anda konsumsi untuk mengobati penyakit sipilis, salah satunya adalah menggunakan penisilin. Penisilin dapat menghancurkan bakteri penyebab penyakit sipilis. Akan tetapi hal ini dapat terjadi jika gejala sipilis telah diketahui sejak dini atau masih dalam tahap awal.

Pemberian penisilin oleh dokter kepada penderita sipilis disebabkan karena penisilin merupakan antibiotik yang umumnya digunakan untuk mengatasi sipilis dan telah terbukti secara efektif mengobati sipilis yang memasuki tahap awal. Pada umumnya penderita sipilis akan diberikan penisilin melalui suntikan atau injeksi.

Jika Anda alergi terhadap penisilin, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter agar dapat ditangani dengan tepat. Pada umumnya bagi penderita sipilis yang alergi terhadap penisilin akan diberikan azithromycin atau doxycycline, yang juga termasuk ke dalam golongan obat sipilis pada pria.

Azithromycin adalah obat antibiotik yang biasanya digunakan sebagai obat sipilis pada pria untuk melawan berbagai macam bakteri. Selain itu, azithromycin juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi yang terjadi akibat dari bakteri, seperti infeksi saluran pernapasan, infeksi kulit, telinga dan beberapa penyakit menular seksual lainnya.

Doxycycline adalah obat antibiotik yang biasanya digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi yang terjadi akibat bakteri. Doxycycline pada umumnya diresepkan oleh dokter untuk mencegah penyakit malaria.

Selain penisilin serta beberapa obat antibiotik lainnya, ternyata terdapat beberapa obat-obatan alami yang dipercaya mampu untuk mengatasi serta menyembuhkan penyakit sipilis. Beberapa obat alami tersebut, antara lain yaitu:

• Madu

Sejak dahulu madu telah dipercaya oleh masyarakat sebagai obat segala penyakit, termasuk sebagai obat sipilis pada pria. Hal ini tidak lepas dari kandungan yang terdapat di dalam madu, yang dipercaya mampu mengatasi berbagai bakteri yang terdapat di dalam tubuh.

• Daun sendok

Daun sendok merupakan salah satu tanaman yang dipercaya mempunyai kandungan yang baik untuk dapat mengatasi infeksi, sehingga apabila Anda mengalami penyakit sipilis, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi daun sendok yang telah direbus setiap hari secara teratur.

• Daun sirih

Daun sirih telah lama dikenal sebagai tanaman obat dan berkhasiat. Kandungan yang terdapat pada daun sirih dipercaya mampu untuk dapat mengatasi berbagai macam infeksi, salah satunya adalah sipilis. Untuk dapat mengobati penyakit sipilis dengan menggunakan daun sirih adalah dengan cara meminum air rebusan dari daun sirih sama seperti halnya Anda mengkonsumsi jamu. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur.

• Sambiloto

Selain menggunakan daun sirih, untuk mengobati penyakit sipilis, Anda juga dapat menggunakan daun sambiloto yang telah direbus dan meminumnya. Cara ini Anda lakukan setiap hari secara rutin dan teratur.

Itulah beberapa obat sipilis pada pria yang berasal dari obat-obatan secara medis maupun alami. Jika Anda ingin mengetahui secara jelas mengenai hal ini, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter spesialis kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini