Penyakit Menular Seksual (PMS) merupakan penyakit atau infeksi yang dapat terjadi akibat hubungan seks yang tidak aman. Lalu gejala penyakit menular seksual seperti apakah yang harus kita ketahui?

 

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit menular seksual dapat masuk ke dalam beberapa jaringan serta organ tubuh kita, seperti darah, sperma, cairan vagina, serta cairan yang berasal dari organ-organ tubuh lainnya. Penyakit ini ternyata dapat juga menyerang bayi yang berada di dalam kandungan, sehingga jika lahir, maka bayi sudah dalam kondisi terinfeksi.

Biasanya seseorang yang telah terinfeksi penyakit menular seksual akan menunjukkan gejala serta tanda-tanda yang terlihat dalam waktu 24 jam hingga 1 minggu setelah melakukan kontak langsung dengan si penderita, bahkan beberapa penyakit menular seksual justru tidak menampakkan gejalanya sama sekali hingga penyakit tersebut menjadi semakin parah.

Perlu Anda ketahui bahwa penyebab penyakit menular seksual adalah virus atau bakteri yang menular melalui hubungan seks yang tidak aman, baik itu dilakukan secara penetrative maupun non-penetratif seperti anal, oral dan kontak langsung antara kulit ke kulit.

Gejala penyakit menular seksual

Gejala atau tanda bahwa Anda telah terinfeksi penyakit menular seksual dapat dilihat dari ada atau tidaknya perubahan yang terjadi pada organ intim Anda. Jika organ intim Anda mengalami perubahan baik fisik maupun kondisi yang disertai dengan munculnya rasa sakit atau panas, maka hal itu bisa merupakan gejala dari penyakit menular seksual. Hal ini pada umumnya terjadi akibat bergonta-gantinya pasangan saat berhubungan seks tanpa menggunakan alat pengaman atau kondom.

Apabila Anda pernah melakukan hubungan seks tanpa menggunakan alat pengaman, maka resiko terinfeksi penyakit menular seksual akan lebih tinggi dan meningkat, apalagi jika Anda sering bergonta-ganti pasangan seks. Berdasarkan penelitian, hubungan seks yang dilakukan oleh seseorang dapat menyebarkan 50 jenis bakteri dan virus yang dapat memicu terjadinya penyakit menular seksual.

Adapun jenis penyakit menular seksual yang terjadi pada umumnya adalah kutil, hepatitis B, gonore, sifilis, klamidia dan herpes. Seseorang terinfeksi penyakit menular seksual pada umumnya akibat ketidaktahuan orang tersebut untuk menggunakan kondom saat dirinya melakukan hubungan seksual, bahkan pada beberapa kasus yang telah terjadi, para penderita tidak menunjukkan gejala atau tanda-tanda yang spesifik hingga akhirnya dirinya terdiagnosa oleh dokter terinfeksi penyakit menular seksual.

Berikut ini merupakan tanda atau gejala penyakit menular seksual yang umumnya terjadi, antara lain yaitu:

 

  • Timbulnya rasa gatal pada alat kelamin

  • Keluarnya cairan yang berasal dari penis pada pria, serta keluarnya kotoran yang berasal dari vagina

  • Munculnya rasa nyeri pada daerah sekitar kelamin saat melakukan hubungan seksual atau saat sedang buang air kecil

  • Timbulnya rasa sakit pada kerongkongan serta munculnya luka pada daerah tersebut

  • Timbulnya rasa sakit dan nyeri pada bagian anus

  • Munculnya luka berwarna merah, namun tidak merasakan sakit pada sekitar wilayah kelamin, kerongkongan, lidah ataupun anus

  • Munculnya bitnik-bintik merah pada bagian kulit dan telapak tangan, serta pada bagian kaki terasa bersisik

  • Saat sedang buang air kecil, air urine akan berwarna gelap dan tidak cerah

  • Saat buang air besar, kotoran akan berwarna terang, sedangkan pada bagian mata dan kulit akan sedikit berwarna kekuningan

  • Munculnya lepuh-lepuh pada bagian kulit kelamin dan biasanya lepuhan tersebut akan menjadi koreng

  • Munculnya rasa sakit pada seluruh tubuh yang disertai dengan demam dan bengkaknya kelenjar limfa.

  • Berkeringat secara terus menerus saat malam hari, berat badan turun drastic serta munculnya perasaan lelah secara terus menerus

  • Timbulnya kutil dengan warna cerah pada daerah sekitar organ intim

Itulah beberapa gejala penyakit menular seksual yang harus Anda ketahui. Apabila Anda mengalami gejala seperti tersebut di atas, maka kemungkinan besar Anda telah mengidap satu atau beberapa penyakit menular seksual. Jika Anda ingin mengetahui secara pasti apakah Anda terinfeksi penyakit menular seksual, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini atau Anda dapat langsung berkunjung ke klinik utama gracia di wilayah Cideng, Jakarta Pusat.