Kutil kelamin merupakan salah satu infeksi menular seksual yang kemunculannya ditandai dengan munculnya benjolan daging yang berukuran sangat kecil pada wilayah sekitar kelamin atau dubur. Penyakit ini sebenarnya tidak berbahaya serta tidak menyebabkan rasa nyeri pada penderitanya. Akan tetapi, penyakit ini dapat membuat penderitanya stress akibat benjolan yang sangat tidak sedap dipandang mata. Lalu bagaimanakah cara mengobati kutil kelamin?

 

Salah satu penyebab utama terjadinya kutil kelamin adalah Human papilloma virus (HPV). Virus ini menularkan penyakitnya melalui kontak langsung dengan penderita atau saat melakukan hubungan seksual dengan penderita tanpa memakai alat pengaman. Oleh sebab itu penyakit ini merupakan penyakit yang biasa terjadi pada seseorang yang aktif dalam berhubungan seksual.

Seseorang beresiko tertular kutil kelamin akibat dari beberapa faktor, diantaranya seperti melakukan hubungan intim dengan lebih dari satu pasangan tanpa menggunakan pelindung, melakukan hubungan intim dengan seseorang yang tidak diketahui secara jelas riwayat kehidupannya, aktif melakukan hubungan seksual sejak usia remaja, serta pernah mengalami infeksi seksual sebelumnya. Selain itu, penularan virus HPV dapat juga terjadi melalui sex toys (alat bantu seks) yang telah terpapar oleh HPV.

Kutil kelamin sebagian besar mempunyai ukuran yang sangat kecil dan berbentuk datar sehingga cukup sulit untuk melihatnya secara kasat mata. Penderita jika sudah mengalami hal ini akan merasakan rasa gatal yang amat sangat pada sekitar daerah genitalnya. Kutil kelamin selain tumbuh satu per satu, juga dapat tumbuh secara berdekatan sehingga membentuk kelompok kutil kelamin yang lebih besar.

Penyakit kutil kelamin jika menyerang para pria maka akan tumbuh pada bagian batang, ujung penis, kantong zakar serta anus. Sedangkan pada wanita, kutil kelamin akan tumbuh pada leher rahim, dinding vagina, kulit antara lubang vagina dan lubang anus, serta pada bagian vulva. Selain beberapa bagian tubuh tersebut, kutil kelamin juga dapat tumbuh pada mulut serta tenggorokan yang terjadi akibat melakukan seks oral dengan penderita.

Cara mengobati kutil kelamin

Pada umumnya, metode atau cara mengobati kutil kelamin terbagi menjadi dua, yaitu dengan menggunakan obat-obatan topikal serta melalui prosedur ablasi. Obat topikal pada umumnya digunakan pada penyakit kutil kelamin yang bersifat lunak dan tidak tumbuh menyebar. Sebaliknya, prosedur ablasi dilakukan jika kutil kelamin sudah tidak dapat merespons obat topikal serta tumbuh menyebar. Selain itu, prosedur ablasi akan dijadikan pilihan utama jika pasien sedang dalam kondisi hamil, sebab obat topikal mempunyai efek samping yang dapat membahayakan janin.

Pengobatan topikal

Metode atau cara pengobatan topikal merupakan teknik pengobatan yang dilakukan dengan cara mengoleskan obat-obatan yang telah berbentuk salep, krim atau cairan dimana di dalamnya telah terkandung zat tertentu ke bagian tubuh yang telah terinfeksi. Hal ini bertujuan untuk membunuh sel kutil atau merangsang sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan infeksi. Perlu Anda ketahui bahwa obat topikal untuk penyakit kutil kelamin berbeda dengan obat kutil biasa. Oleh sebab itu hindarilah menggunakan obat kutil biasa untuk mengobati kutil kelamin, sebab dapat membuat iritasi pada sekitar area kelamin sehingga dapat menimbulkan rasa sakit.

Jika Anda mengalami gejala kutil kelamin, seperti gatal, nyeri serta panas pada sekitar wilayah kelamin Anda, sebaiknya Anda menemui dokter untuk melakukan konsultasi sehingga mendapatkan penanganan yang tepat. Adapun beberapa jenis obat topikal yang dapat digunakan untuk mengobati kutil kelamin, antara lain yaitu asam trikloroasetat, podophyllotoxin, dan imiquimod.

Prosedur Ablasi

Cara mengobati kutil kelamin lainnya adalah dengan melakukan prosedur ablasi. Untuk melakukan prosedur ablasi, terdapat empat teknik utama yang biasanya dilakukan, antara lain yaitu:

  • Eksisi. Teknik ini merupakan teknik pemotongan kutil kelamin, dimana kutil akan dibuang dan selanjutnya luka pada kulit yang telah dipotong akan dijahit. Namun, sebelum dilakukan pemotongan kutil kelamin, pasien akan dibius lokal terlebih dahulu pada area yang telah terinfeksi kutil kelamin. Adapun efek samping yang biasanya dirasakan adalah adanya bekas luka setelah pasien sembuh. Oleh sebab itu teknik ini hanya diterapkan pada kutil kelamin yang berkelompok dalam skala kecil saja, bukan dalam skala besar.
  • Bedah listrik. Teknik ini biasanya dikombinasikan dengan teknik eksisi. Setelah eksisi dilakukan pada permukaan kutil, maka sisa kutil yang ada akan dibakar dengan menggunakan kawat panas. Hawa panas terjadi karena kawat telah dialiri oleh listrik. Metode bedah listrik ini pada umumnya akan dilakukan untuk menghilangkan kutil yang terdapat di bagian vulva dan anus.
  • Cryotherapy. Merupakan teknik pelepasan kutil dengan cara membekukannya menggunakan cairan nitrogen. Teknik ini pada umumnya dilakukan secara berkala sampai kutil yang menyerang bagian tubuh hilang dan tertutup oleh kulit yang baru. Metode ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan kutil yang tumbuh secara berkelompok kecil pada bagian penis atau sekitar vulva. Selama menjalani teknik ini, Anda disarankan untuk menghindari hubungan seksual terlebih dahulu hingga kutil serta area kulit yang berada di sekitarnya benar-benar telah sembuh. Adapun efek samping dari metode ini adalah munculnya rasa nyeri, iritasi serta terjadinya pelepuhan pada bagian kulit yang telah diobati.
  • Bedah laser. Teknik atau cara mengobati kutil kelamin lainnya adalah dengan menggunakan bedah laser. Teknik ini menggunakan energi laser untuk dapat membakar serta menghilangkan kutil kelamin. Teknik ini digunakan sebagai pilihan terakhir ketika berbagai teknik lainnya tidak mampu mengatasi penyakit kutil kelamin dengan ukuran besar serta letaknya yang sangat sulit untuk dijangkau. Adapun efek samping yang terjadi setelah melakukan teknik ini adalah munculnya iritasi yang disertai rasa nyeri pada beberapa minggu.

Perlu Anda perhatikan, selama Anda menjalani pengobatan kutil kelamin dengan menggunakan prosedur ablasi, sangat disarankan bagi Anda untuk tidak menggunakan busa mandi, losion atau sabun yang di dalamnya mengandung parfum sebab dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit Anda.

Itulah beberapa cara mengobati kutil kelamin dengan menggunakan obat dan metode pengobatan secara medis. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih lengkap mengenai hal ini, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.