Penyakit Menular Seksual dapat terjadi pada manusia maupun pada binitang lewat transmisi sex (berhugungan seks), serta dapat juga ditularkan tanpa kontak langsung. Umumnya diketahui kebanyakan orang,  PMS terjadi pada seseorang karena terlalu sering melakukan seks bebas . Selain seks bebas yang tidak aman jenis penyakit ini juga dapat ditularkan melalui jarum suntik yang dipakai secara berganti-gantian maupun lewat transfusi darah.

Jenis Penyakit Menular Seksual Serta Gejala Yang Ditimbulkan

Selama ini jenis penyakit menular belum banyak diketahui jeninsnya, salah satu jenis Penyakit PMS yang populer yaitu HIV/AIDS maupun sifilis, akan tetapi jenis penyakit ini menular ini sangat banyak bahkan lebih dari 20. Berikut jenis penyakit sek menular serta gejala yang ditimbulkan

Ulkus Mole (Chancroid)

Jenis penyakit menular ini disebabkan karena adanya bakteri Hemophilus ducreyi, adapun gejala kemungkinan yang ditimbulkan yaitu terdapat luka yang diamternya lebih dari 2 cm, cekung, bernanah dan terasa nyeri, umumnya gejala seperti ditimbulkan seperti ini hanya terjadi pada satu sisi jenis kelamin. Hampir 50% dari penderitan penyakit ini mengalami pembengkakan pada getah bening dan pada bagian lipatan paha mengalami kemerahan (bubo) yang bila pecah akan bernanah dan nyeri. Jenis penyakit ini bila dibiarkan tanpa penanganan medis akan terjadi komplikasi hingga menyebabkan kematian janin pada ibu hamil, memudahkan dalam penularan HIV

Sifilis

Penyakit  menular seksual ini cukup sering ditemukan  khusunya pada lelaki, sifilis atau raja singa merupakan penyakit  infeksi yang ditumbulkan karena adanya bakteri Treponema pallidum. Untuk mendetiksi terhadap seseorang apakah mengidap sifilis dapat diketahui gejala awal yang ditimbulkan seperti, terdapat lesi atau luka pada alat kelamin maupun pada mulut. Luka yang ditimbilkan bisa saja tidak terasa sakit atau nyeri seperti Ulkus Mole, akan tetapi sifilis sangat mudah menularkan infeksi. Luka lesi biasanya akan hilang dengan sendirinya bilamana melebihi 45 hari atau 1,5 bln. Meski akan hilang dengan sendirinya perlu diketahui lesi sangat mudah menularkan pada saat luka  lesi bersentuhan . Bila penyakit sifilis tidak ditangani kemungkinan akan berlanjut selama 4-10 minggu kedepan selanjutnya hilang dengan sendirinya.

Adapun gejala berikutnya  dari penyakit sifilis yakni flu dan demam, terasa nyeri pada persendian, dan kepala terasa pusing. Selain itu kerontokan rambut secara tidak wajar hingga menyebabkan pitak bisa saja terjadi. Jika dibiarkan secara terus–menerus tanpa penanganan yang medis yang memadai infeksi sifilis akan bertahan selama bertahun-tahun meski gejala lain tidak tampak.  Sebaiiknya bila seseorang terinfeksi sifilis agar mendapatkan penanganan khsusus agar tidak menjalar kebagian tubuh lainnya yang memungkinkan dapat menimbulkan kelumpuhan, demensia, kebutaan, gangguan jantung, meningitis. Untuk lebih lanjut tentang penyakit sifilis klik link dibawah ini 

Gejala, penyakit dan penyebabnya

Herpes Gental (HSV-2)

Merupakan penyakit menular disebabkan virus HRV (herpes simplek virus).  Jenis virus yang satu ini bisa saja terjadapat hampir disemua bagian kulit, seperti mulut, maupun pada alat kelamin. Penyakit satu ini memungkinkan kulit si penderita menjadi melepuh, serta otot akan terasa sangat sakit disekitar daerah yang terjangkit.

Gejala awal yang ditimbulkan :

Terdapat gelembung-gelembung yang berisi cairan, kemudian berkumpul menjadi satu hingga menimbulkan luka pada bagian kelamin. Perlu diketahui jenis penyakit ini sifatnya kambuhan terutama faktor fsikis dan emosionla seseorang.

Klaminda

Umumnya penyakit menular ini disebabkan infeksi bakteri Chlamidia trachomatis, umumnya penderita penyakit klamida lebih sering terjadi pada wanita, yang  awalnya sipenderita tanpa merasakan apapun sehingga tidak pernah memeriksakannya ke dokter.

Gejala umum:

Munculnya cairan berwarna putih dengan bau yang  tidak sedap dari alat kelamin serta terasa sakit ketika buang kecil maupun saat berhubungan seksual. Komplikasi kemingkinan terjadi bila tidak ditangani secara tepat, kemandulan, infeksi pada bayi baru lahir, serta memudahkan dalam penularan HIV.

AIDS

Mungkin kamu sering mendengar jenis penyakit menular  seksual yang satu, AIDS, atau Acquired Immuno Defisiency Syndrome, merupakan kumpulan yang terjadi akbiat menurunnya daya tahan tubuh secara drastis, adapun penyebab dari penyakit AIDS ini adalah HIV (Humanus Immunodeficiency Virus). Jenis penyakit ini dapat ditularkan melalui transfusi, semen, sekref vagina, maupun cairan tubuh lainnya. Inveksi ADIS merupakan jenis penyakit yang susah untuk disembuhkan dan sangat mematikan bagi penderitanya.  Dikatakan jenis infeksi yang paling mematikan karena sampai sekarang belum ditemukan obat maupun vaksinnya, gejala yang ditimbulkan tampak setelah 5 – 10 tahun dan penyebarannya sangat cepat.

Gejala yang ditimbulkan

  • Demam tinggi dan suhu tubuh tidak turun-turun hingga satu bulan lamanya,
  • Berat badan turun secara drastis bahkan lebih dari 10%
  • Menderita diare secara berkepanjangan hingga satu bulan lamanya
  • Menderita batuk yang susah hilang
  • Badan terasa lemas dan sariawan
  • Sering gonta-ganti pasangan
  • Dll

Skabies

Juga merupakan penyakit  menular seksual yang ditularkan lewat hubungan seks. Selain penularan secara kontak langsung, juga dapat terjadi lewat benda yang dipakai secara bersamaan seperti selimut, handuk, keset dan lain lain. Jenis penyakit ini disebabkan karena adanya sejenis parasit Protozoa Trichomonas vaginali  

Gejala yang ditimbulkan

  • Gatal pada malam hari
  • Terdapat disela jari, lipatan kaki, ketiak, maupun pada ujung kelamin
  • Merupakan inpeksi dilingkungan keluarga

Gonorrhoe – GO

Panyakit ini biasa disebut dengan kencing nanah. Salah satu jenis penyakit menular yang paling sering ditemukan di indonesia. Diperkirakan lebih dari 150 juta kasus  setiap tahunnya yang menderita penyakit kencing nanah (GO) diseluruh dunia dan merupakan salah satu penyakit PMS yang berbahaya. Umumnya kasus  GO ini lebih banyak terjadi pada laki-laki, sementara diagnosa pada wanita sangat sulit.

Gejala yang ditimbulkan:

  • Terasa nyeri pada saat buang air kecil
  • Terjadi pembengkakan hingga bernanah di bagian kelamin
  • Terdapat cairan/sakref kanfal seperti nanah dari alat kelamin
  • Dll

Kutil Kelamin - Kondiloma Akuminala

Penyakit ini sering juga disebut dengan penyakit jengger ayam atau brondong jagung. Munculnya jenis penyakit ini dikarenakan adanya jenis virus Humanus Papilloma Virus (HPV). Jenis penyakit ini umumnya lebih sering diderita yang berusia 17-33 tahun yang ditularkan kontak secara langsung.

Gejala yang ditimbulkan

  • Terdapat bintil-bintil kecil berkelompok hingga menjadi besar
  • Umumnya bagi penderita laki laki sering terjadi di ujung kelamin
  • Keluar cairan yang berwarna punih yang menimbulkan rasa gatal-garal luar biasa
  • Terasa nyeri dan panas saat berhubungan seksual

 

Penanganan/Pengobatan Untuk Penyakit Menular Seksual.

Sebaiknya anda disarankan untuk mendatangi sakit agar di diagnosa dan  mendapatkan penangan secara tepat, selain itu anda juga dapat berkonsultasi dengan team dokter yang profesional yang secara online maupun dengan mendatangi klinik yang tersebar dijakarta.

Pengobatan dapat dilakukan secara alami dengan jelly gamat gold g. Dengan gamat gold g dipercaya dapat mengatasi penyakit menular seksual