Kutil kemaluan ataupun kutil kelamin merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) dan biasanya kutil kelamin akan berkembang didalam dan disekitar wilayah kelamin pada pria maupun wanita.

Selain itu kutil kelamin dicirikan dalam beberapa ukuran bervariasi dari ukuran yang sangat besar bahkan hingga ukuran yang tidak terlihat dengan mata telanjang dan perlu Anda ketahui bahwa kutil kelamin ini disebabkan oleh adanya Virus Human Papillima Virus (HPV).

Dan umumnya Virus Human Papillima Virus ditularkan melalui aktivitas seksual seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi kutil kelamin.

Di Bagian Manakah Kutil Kemaluan Akan Timbul?

Kutil kemaluan biasanya akan tumbuh satu persatu sebelum menjadi pertumbuhan berkelompok dan ketika kutil kelamin sudah menjadi berkelompok besar, maka akan agak sulit untuk disembuhkan.

Akan tetapi kutil kelamin dengan ukuran yang kecil, dapat dideteksi dengan tes menyeluruh oleh para dokter spesialis penyakit kelamin di Klinik Utama Gracia.

Perlu juga Anda pahami bahwa meskipun penyakit kutil kemaluan ini umumnya berkembang di daerah kelamin juga bisa tumbuh pada dalam anus, bibir, mulut serta tenggorokan atau bagian tubuh yang lembab

Pada wanita kutil kelamin bisa tumbuh dan akan berkembang pada bagian dalam dari vagina, anus, mulut rahim, sedangkan pada pria kutil kelamin bisa tumbuh di Mr P, buah zakar, pada paha, dan bisa tumbuh di paha atau sekitar anus dan kutil kelamin juga bisa timbul pada area tenggorokan, lidah yang disebabkan oleh seks oral.

Perlu Anda waspadai juga bahwa jika penyakit ini tidak segera disembuhkan maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan kanker serviks.

Faktor Apa Sajakah yang Menyebabkan Seseorang Terinfeksi Kutil Kemaluan?

• Melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan banyak pasangan.
  • Memiliki penyakit kelamin lain.
  • Memiliki pasangan seksual yang terinfeksi baik Aktif secara seksual pada umur muda.
  • Penyakit kutil kelamin juga dapat mengakibatkan perkara pada mulut atau di dalam lidah dan bibir, andai tidak cepat diatasi.
  • Melakukan hubungan seksual dengan berganti ganti pasangan dan tidak menggunakan kondom

Gejala-Gejala Kutil Kemaluan yang Perlu Anda Waspadi, Diantaranya:

• Karena kelamin sudah terinfeksi penyakit ini, maka bisa menyebabkan perasaan ketidaknyamanan dalam melakukan hubungan seksual dengan pasangan.
  • Jika seorang wanita terinfeksi kutil kelamin maka biasanya akan mengeluarkan peningkatan cairan tidak normal yang biasanya dikeluarkan oleh vagina
  • Akan merasakan gatal-gatal di kelamin
  • Akan merasakan sakit saat anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

Pengobatan Kutil Kemaluan

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit kutil kemaluan akan lebih mudah untuk dihilangkan ketika kutil masih sedikit dan kecil, selain itu janganlah menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran untuk menghilangkan kutil kelamin karena obat-obatan bebas tersebut belum pasti menghilangkan kutil kelamin.

Sehingga untuk menyembuhkan kutil kelamin maka ada baiknya untuk segera datang ke Klinik spesialis penyakit kelamin di Klinik Utama Gracia dan ada baiknya selama masa pengobatan Anda dan pasangan dilarang untuk melakukan aktivitas seksual sampai pengobatan benar-benar menghilangkan kutil kelamin.

Kembali lagi ingatkan bahwa pengobatan penyakit kutil kelamin belum tentu menjamin kesembuhan dan menghilangkan virus yang sudah masuk dalam tubuh sehingga salah satu cara pencegahan yang paling ampuh adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual dan segera lakukan pemeriksaan dan penyembuhan kutil kelamin.

Jika Anda merasa memiliki salah satu gejala kutil kelamin seperti di atas maka ada baiknya untuk segera melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia yang merupakan salah satu Klinik spesialis penyakit kelamin, dan Anda juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi online untuk mempermudah Anda.

Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikpenyakitkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.