Ciri-ciri kutil kelamin merupakan adanya benjolan yang tumbuh di kelamin dan disebabkan oleh adanya bakteri human papillomavirus atau HPV, dalam dunia medis bakteri tersebut dikenal dengan condyloma acuminate. HPV merupakan salah satu infeksi menular seksual yang sering terjadi. Virus tersebut akan menyebar melalui kulit ke bagian kelamin.

Penyebab Timbulnya Ciri-Ciri Kutil Kelamin

Penyebab penderita terserang ciri-ciri kutil kelamin yakni hadirnya bakter HPV. Ketika masuk kedalam tubuh, virus tersebut akan terdiam dalam sel dan menyebar ketubuh bagian lainnya. Setelahnya, virus akan keluar dari sel dan menyerang ke bagian tubuh sehat.

Faktor yang menentukan apakah seorang berisiko tertular penyakit kelamin biasanya dilihat dari beberapa jenis faktor, seperti berhubungan seksual dengan berbeda-beda kalangan tanpa menggunakan kondom atau melakukan hubungan dengan seorang yang mempunyai riwayat kehidupan seksual yang tidak diketahui.

Ada beberapa jenis HPV, ada virus yang berisiko rendah dan beberapa jenis yang bisa menyebabkan kanker rahim, kanker mulut, dubur, yang biasa disebut HPV berisiko tinggi. Kutil kelamin tumbuh dengan berbagai jenis dan bentuk. Beberapa terlihat seperti bercak putih yang datar dan yang lain bergelombang, seperti jengger ayam atau kembang kol. Virus HPV dan ciri-ciri kutil kelamin bisa menyebar melalui hubungan seksual atau kontak kulit kelamin dengan seseorang yang terserang virus.

Gejala Umum Penderita Terserang Kutil Kelamin

Kebanyakan kalangan yang terserang HPV tidak mendapatkan gejala apapun, namun jika pasien mempunyai gejala, biasanya tidak terlalu berat, sehingga seseorang tidak akan tahu bahwa dirinya terinfeksi. Gejala umum yang akan tertadi biasanya timbul nyeri, pendarahan dan rasa gatal.

Perlu dipahami dengan baik, gejala kutil kelamin akan terjadi 2 sampai 3 bulan setelah terjadinya infeksi. Namun ada yang muncul dari 3 minggu sampai bertahun-tahun setelah infeksi. Kutil kelamin terlihat hanya muncul selama infeksi bersifat aktif. Kemungkinan penyebaran virus akan terdeteksi apalagi jika kutil terlihat.

Dokter akan mengetahui apakah pasien mempunyai ciri-ciri kutil kelamin dengan cara memeriksa secara saksama daerah anal dan genital. Dokter pun bisa bertanya mengenai gejala dan faktor risiko lainnya. Faktor tersebut merupakan hal-hal yang membuat Anda memperoleh infeksi. Dokter akan mengambil sampel jaringan dari kutil untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut.

Bagi kaum wanita, apabila Anda mempunyai pap yang tidak normal, dokter akan melakukan tes HPV untuk melihat jenis virus yang berisiko tinggi. Sampai sekarang tidak terdapat obat HPV, namun gejala bisa diobati. Walaupun tidak terjadi penetrasi seksual, namun sentuhan antar kulit kelamin mempunyai risiko penularan virus kutil kelamin.

Bagaimana Proses Penyakit Kutil Kelamin Di Diagnosis?

Pemeriksaan fisik merupakan proses utama yang akan dijalankan oleh dokter untuk mendiagnosa ciri-ciri kutil kelamin tersebut. Apabila kutil berkembang dalam tubuh wanita, maka pemeriksaan memang diperlukan. Dokter mungkin akan menerapkan larutan asam ringan yang akan membantu membuat kutil terlihat.

Dokter pun akan mengambil sampel dari daerah yang sudah terserang untuk memperoleh sel dari leher rahim menggunakan proses pap smear untuk mendiagnosa penyakit Anda. Sampel akan di uji untuk melihat adanya HPV atau tidak. Selain itu, dokter juga akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui mengenai kesehatan serta riwayat seksual penderitanya.

Pengobatan Dan Penanganan Di Rumah

• Menggunakan pengaman atau kondom ketika berhubungan seksual. Penggunaa kondom tersebut menjadi langkah mudah untuk mengurangi risiko tertularnya kutil kelamin.

• Penderita bisa berendam, caranya tuangkan beberapa liter air hangat pada bak mandi dan duduklah di dalamnya selama 15 menit setiap hari.

• Anda bisa menggunakan alat-alat tersebut untuk mengeringkan area genital. Namun, sebaiknya memegang lampu atau pengering setidaknya 40 cm dari kulit Anda.

Jika masih merasakan tanda dan gejala penyakit tersebut, segera konsultasi dengan dokter untuk memperoleh informasi yang lebih baik. Kami merupakan Klinik Utama Gracia yang akan memberi penanganan secara professional kepada seluruh pasein. Segera lakukan reservasi di nomer 081336361555 atau bisa klik link dibawah ini. Sekian kami sampaikan mengenai ciri-ciri kutil kelamin, terima kasih.

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikpenyakitkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.