Gejala awal kutil kelamin merupakan penyakit berupa benjolan kecil yang tumbuh di sekitar kelamin dan dubur. Penyakit tersebut bisa dialami oleh siapa saja yang aktif berhubungan seksual. Kutil kelamin berbeda dengan jenis kutil yang tumbuh dibagian lain, sebab kondisi tersebut termasuk infeksi manular seksual. Kutil mempunyai ukuran kecil dan tidak terlihat oleh mata telanjang. Kutil juga memberikan sensasi gatal dan terbakar kepada penderitanya, terasa nyeri serta terkadang timbul pendarahan ketika berhubungan seksual.

Penyebab Tumbuhnya Gejala Awal Kutil Kelamin


Kutil merupakan penyakit yang disebabkan oleh HPV atau human papillomavirus, penyebaran virus dapat menular ketika tangan penderita menyentuh kelamin diri sendiri, lalu bersentuhan dengan kelamin pasangan. Proses perkembangan gejala awal kutil kelamin mudah sekali terjadi, penyebab utamanya larena penggunaan alat bantu seksual. Pada beberapa kasus yang terjadi, kutil kelamin bisa menularkan kepada bayi, dari ibu yang sedang terinfeksi virus.

Perlu Anda pahami dengan baik, kutil kelamin tidak menular ketika penderita berciuman atau melalui media lain seperti alat makan, toilet duduk dan handuk. Dokter akan akan menggunakan semacam asam asetat yang ringan untuk menyembuhkan gejala awal kutil kelamin, kemudian kutil dilihat melalui instrume pembesar khusus yang biasa dinamakan kolposkop. Ketika kutil sudah terlihat, terdapat beberapa tahapan penangan terbaik bagi penderita kutil kalamin.

Baca Juga : Apakah Kutil Kemaluan Itu?

1. Tes pap smear

Semua kalangan wanita dianjurkan melakukan pemeriksaan tes smear atau panggul secara teratur. Tes tersebut akan mendeteksi perubahan vagina dan serviks akibat kutil kelamin tersebut, serta akan mendeteksi tanda adanya awal kanker. Spekulum mungkin dipergunakan untuk membuka vagina, kemudian sampel sel rahim diambil untuk dilakukan penelitian.

2. Tes HPV

Tes HPV mempunyai tujuan untuk memastikan tingkat ganasnya kutil kelamin. Namun memang perlu Anda ketahui, tak semua kutil kelamin dapat berkembang menjadi kanker serviks. Tes tersebut pada umunya diperuntukan kepada wanita dengan usia 30 atau lebih, sebab pada umumnya sistem kekebalan tubuh wanita berusia dapat melawan dan membunuh virus HPV.

Pengobatan Atau Proses Pembedahan


Jika penyakit kutil kelamin menimbulkan beberapa gejala seperti terasa sakit, timbul rasa panas seperti terbakar, dan menyebabkan tekanan emosional, Anda bisa pergi ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat. Maka dokter akan membantu meringankan berbagai gejala melalui obat atau proses pembedahan yang tepat. Berikut proses pengobatan gejala awal kutil kelamin yang bisa diterapkan secara langsung kepada kulit penderitanya :

• Imiquimod merupakan krim yang bisa meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk mleawan virus yang sebabkan kutil kelamin.
• Podofilin dan podofilox merupakan resin nabati yang mempunyai fungsi menghancurkan jaringan pada kutil kelamin.
• Efek samping dari perawatan tersebut termasuk dalam iritasi ringan, menimbulkan luka, dan terasa nyeri. TCA bisa di aplikasikan pada kulit internal.
• Terdapat efek samping yang timbul seperti ruam merah disertai rasa nyeri, gatal, dan muncul sensasi terbakar pada kulit.

Cara Pencegahan Kutil Kelamin Atau Virus HPV


• Melakukan vaksin.
• Menggunakan kondom atau pengaman.
• Cuci tangan menggunakan sabun antisetik.
• Menjaga kebersihan organ intim.
• Konsumsi obat dan melakukan penanganan yang tepat.

Jika obat tidak mampu mengatasi permasalahan Anda, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut di Klinik Utama Gracia yang akan memberi penanganan akurat tepat kepada seluruh penderita. Kutil kelamin pada umumnya tumbuh secara mandiri atau berkelompok dalam jumlah besar. Klinik kami akan memberi berbagai penangan seperti penyakit menular seksual, ginekologi, dan masalah andrologi. Segera lakukan reservasi bersama kami di nomer 081336361555, sekian kami sampakan mengenai gejala awal kutil kelamin, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Ternyata HPV Adalah Penyebab Utama Terjadinya Kutil Kelamin


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikpenyakitkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.