HIV merupakan virus utama penyebab AIDS yang dianggap sebagai penyakit berbahaya dan mematikan bagi penderitanya, lalu seberapakah bahaya kutil kelamin? Namun ternyata terdapat virus lainnya yang dapat mematikan selain AIDS, tak lain yakni HPV. Human papillomavirus atau HPV merupakan penyakit menular seksual yang sangat umum. Penyakit tersebut tidak mirip dengan herpes atau HIV, namun lebih berbahaya dari keduanya. Cukup tinggi risiko baik bagi pria dan wanita yang aktif berhubungan seksual untuk mengidap HPV tersebut.

Bagaimana Tanda Dan Bahaya Kutil Kelamin

Dalam berbagai kasus, bahaya kutil kelamin dapat hilang dengan sendirinya dan tidak akan menyebabkan masalah kesehatan apapun. Maka ketika HPV tidak hilang, hal tersebut dapat menyebabkan masalah pada kesehatan seperti kanker dan kutil kelamin. Kutil kelamin pada umumnya muncul berupa benjolan kecil atau berkelompol pada arena genital.

Ukuranya cukup beragam, mulai dari besar hingga kecil, bahkan ada yang berbentuk seperti kembang kol. Virus HPV ini bisa menyebar ketika seseorang berhubungan seksual dengan kalangan yang mengidap HPV. Bukan hanya itu, penyakit menular ini bisa diteruskan kepada orang berbeda, walaupun kalangan yang terinfeksi tidak mempunyai gejala apapun.

Baca Juga : Penyebab Timbulnya Ciri-Ciri Kutil Kelamin

Siapa saja yang aktif berhubungan seksual tentu berisiko mengidap HPV. Bahkan apabila Anda melakukan hubungan intim hanya dengan satu orang. Anda bisa kembangkan gejala selama bertahun-tahun, setelah berhubungan seksual dengan kalangan yang sudah terinfeksi. Maka dari itu, sulit untuk memahami kapan pertama kali Anda terserang infeksi tersebut.

Kanker serviks sejauh ini merupakan sebuah penyakit yang berkaitan dengan HPV. Hampir semua kasus kanker serviks menjadi penyebab utama kematian pada wanita yang berkaitan dengan infeksi HPV. Pada kenyataanya wanita memang rentan tertular oleh virus dibandingkan pria. Ini disebabkan anatomi wanita yang lembab dan rumit, sehingga lebih rentan pada perkembangan bakteri dan virus.

Lalu kenapa bahaya kutil kelamin lebih berisiko dibandingkan AIDS? Ini disebabkan kontak kulit dengan kulit yang terserang HPV memberi penyebaran virus yang cukup signifisikan. Gejalanya pun tidak akan terlihat secara langsung, bisa bertahun-tahun baru muncul.

Bahaya kutil kelamin yang bisa sebabkan komplikasi kepada penderitanya :

• Infeksi HPV tentunya berkaitan dengan kanker serviks, vulva, penis, mulut, tenggorokan, dan mulut. Memang tak semua infeksi dapat menyebabkan kanker, namun memang penting bagi kesehatan dalam jangka panjang bagi seorang wanita, sehingga mereka harus melakukan pemeriksaan pap smear.

• Terdapat berbagai risiko bahwa seorang ibu hamil bisa menularkan kutil kelamin pada masa persalinan.

• Bayi yang baru dilahirkan dengan papillomatosis laring akan mempunyai genital warts pada bagian mulut. Perubahan hormonal selama masa kehamilan bisa sebabkan genital tersebut tumbuh, berkembang biak, dan berdarah.

Berkembang Lebih Cepat Saat Imun Tubuh Lemah

Imun tubuh yang lemah berperan sangat penting pada penyebaran dan perkembangan virus HPV. Pada umumnya wanita yang mempunyai imun tubuh lemah bisa mengembangkan virus menjadi lebih cepat dari pada wanita yang mempunyai imun lebih kuat. Hal tersebut akan membuat kutil bisa datang dan pergi, ketika imun berhasil melawan virus yang masuk, maka gejalanya akan segera menghilang.

Bagi Anda yang memperoleh tanda dan gejala diatas, bisa segera kunjungi kami di Klinik Utama Gracia yang akan memberi penanganan yang tepat kepada kalian semua. Segera lakukan reservasi dengan mudah melalui 081336361555. Demikian kami sampaikan mengenai bahaya kutil kelamin, semoga bermanfaat.