Penanganan obat kutil kelamin bertujuan untuk menghancurkan kutil, mengurangi jumlah area yang terserang, dan meredakan gejala yang timbul. Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh sebuah virus hpv atau Human papillomavirus.

Penyakit tersebut biasanya akan menyerang vagina atau penis yang lembab. Kutil kelamin mungkin akan terlihat seperti benjolan dengan warna seperti kulit atau kemerahan dan muncul secara berkelompok. Namun kadang kutil kelamin tak akan terlihat dengan jelas, sebab bentuknya sangat kecil. Sehingga Anda mungkin tak menyadari telah terjangkit penyakit tersebut.

Jenis obat kutil kelamin terdiri dari berbagai jenis bentuk, mulai dari gel, cairan, krim, dan infus. Obat kutil kelamin bisa Anda aplikaskan secara mandiri di rumah atau harus menggunakan bantuan medis di klinik atau sebuah rumah sakit.

Baca Juga : Penyebab dan Obat Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata)

Prosedur Penanganan Kutil Kelamin Yang Tepat


• Eksisi merupakan metode yang akan memotong kutil kelamin dan akan dibuang menggunakan pisau bedah. Prosedur tersebut akan memberi efek samping berupa timbul rasa nyeri setelah proses pembedahan.

• Menggunakan metode Electrocautery, yakni bedah listrik untuk membuang jaringan tiak normal, termasuk pada kutil kelamin. Metode tersebut bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan setelah operasi atau mencegah terjadinya infeksi.

• Krioterapi merupakan prosedur kutil kelamin yang dihilangkan menggunakan sebuah cairan dengan suhu minus. Cara ini memang bekerja dengan baik untuk menghilangkan kutil yang berukuran kecil. Namun apabila kutil kelamin membesar, dokter akan menjalankan prosedur tersebut hingga beberapa kali. Jadi pada umumnya kutil akan segera hilang setelah 3 sampai 4 kali proses. Walau bisa menghilangkan kutil secara maksimal, metode ini tidak akan menjamin kutil sepenuhnya akan hilang. Dalam beberapa kasus, kutil kelamin bisa kambuh kembali.

• Proses bedah laser pada umumnya di aplikasikan untuk mengankat kutil yang sulit dihilangkan dengan prosedur jenis lainnya. Proses ini menggunakan laser untuk menghancurkan pembuluh darah yang ada dalam kutil, sehingga virus akan mati dan bisa diangkat. Laser juga digunakan membunuh virus yang menyebabkan kutil tumbuh.

• Proses pembedahan tersebut dapat digunakan untuk menghancurkan kutil yang sulit dicapai, kami contohkan yakni saluran kencing yang membawa urin dari kandung kemih keluar tubuh. Efek samping yang ditimbulkan akibat bedah laser biasanya berbentuk jaringan parut pada area yang dibedah.

Perlu Anda pahami, jangan merokok selama menjalankan penanganan serta konsumsi obat kutil kelamin. Beberapa sumber mengatakan bahwa pengobatan yang baik pada penderita yakni tidak merokok. Pasien disarankan untuk tidak menggunakan pelembab atau sabun yang mengandung parfu, sebab dapat menimbulklan iritasi pada kulit. Selain itu, jangan berhubungan seksual atau kenakan pengaman ketika ingin melakukan seks, sampai kutil benar-benar menghilang.

Komplikasi Dan Obat Kutil Kelamin


Jika tak segera memperoleh penanganan yang tepat, kutil kelamin akan semakin besar dan semakin sulit di hilangkan. Selain itu, risiko menyebarkan infeksi kepada kalangan kian besar. Beberapa jenis virus tersebut juga menimbulkan pertumbuhan sel kanker pada serviks. Selain kanker, penderita bisa terserang kanker usus, penis, vulva, dan tenggorokan.

Komplikasi lain yang bisa terjadi akibat kutil kelamin yakni gangguan pada masa kehamilan. Kutil bisa membesar dan membuat penderitanya kesulitan bang air kecil, serta bisa mengurangi peregangan pada vagina ketika proses persalinan. Bahkan kutil dalam vagina atau vulva bisa mengalami pendarahan ketika penderita melahirkan.

Jika Anda mempunyai kutil kelamin dan kondisi tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman bisa segera konsultasikan bersama kami di Klinik Utama Gracia yang akan memberi penanganan yang tepat kepada seluruh pasien. Segera lakukan pemeriksaan bersama kami dengan cara menghubungi 085714263063, sekian mengenai obat kutil kelamin terima kasih.

Baca Juga : Penyebab Timbulnya Ciri-Ciri Kutil Kelamin


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikpenyakitkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.