Virus herpes genital bahaya bisa menyerang siapa pun, tidak terkecuali anak-anak dan balita, salah satu gejala dari virus herpes pada anak yakni luka melepuh diarea bibir. Infeksi virus tersebut menjadi sangat berbahaya ketika virus berkembang dan menyerang anggota tubuh lainnya seperti mata dan otak. Pada umumnya, virus herpes pada anak-anak atau kalangan dewasa biasa disebut virus herpes simpleks.

Terdapat 2 jenis virus dan keduanya bisa menyebabkan luka atau melepuh pada bagian wajah atau kelamin. Virus simpleks type 1 atau disebut dengan simpleks oral lebih sering menimbulkan luka melempuh di area wajah dan mulut. Sedangkan herpes simpleks type 2 atau biasa disebut genital, kerap timbulkan luka lepuh diarea kelamin.

Pada kalangan bayi yang berusia kurang dari 3 bulan, virus tersebut dapat menyebar dengan mudah kebagian tubuh lainnya seperti mata dan otak, sehingga menyebabkan gangguan kesehatan yang cukup berisiko seperti keratitis herpes atau ensefalitis.

Baca Juga : Apa Saja Gejala Herpes Genitalis Pada Pria

Gejala Dan Herpes Genital Bahaya Pada Anak

Gejala herpes genital bahaya pada kalangan anak berupa luka diarea wajah, hal tersebut terjadi akibat penularan dari anak lainnya yang sudah terserang infeksi terlebih dahulu. Penularan tersebut bisa terjadi apabila mereka berbagai mainan, peralatan makan, cangkir dengan anak lain yang terinfeksi.

Bahkan virus tersebut bisa menular dari air liur kalangan dewasa yang mencium anak. Kalangan yang terinfeksi belum tentu menimbulkan luka melepuh yang kasat mata. Sementara itu, virus herpes genital bahaya simpleks genital bisa menular dari seorang ibu ke bayi yang baru di lahirkan. Gejala infeksi primer atau biasanya disebut dengan serangan pertama merupakan virus pada anak yang bisanya terjadi pada kalangan dengan usia 5 tahun.

Selain luka melepuh disekitar mulut, gejala lain yang mungkin terlihat yakni seorang anak terinfeksi virus simpleks type 1 mengalami pembengkakan pada kelanjar getah bening, peradangan yang terjadi pada bagian gusi, sakit diarea tenggorokan, demam tinggi, dan balita akan mengularkan air liur lebih banyak dari pada biasanya, sakit kepala, dan lain sebagainya.

Namun gejala yang muncul biasanya tidak terlalu berat, sehingga orang tua sulit menyadari. Gejala tersebut pada umumnya akan mereda setelah 2 minggu. Terkadang virus akan menetap dalam tubuh tanpa menimbulkan penyakit. Penyakit tersebut kemudian akan muncul ketika terpicu beberapa kondisi, seperti demam atau stress.

Pengobatan Herpes Genital Dengan Tepat

Melakukan pengobatan dari luar bisa Anda lakukan, cara penanganan harus Anda lakukan dari luar tubuh tentunya. Sebab seperti yang kalian ketahui bahwa penyakit tersebut bisa menimbulkan rasa nyeri dan demam. Maka dari itu, Anda bisa konsumsi obat penurun panas atau penghilang rasa nyeri yang sudah diresepkan oleh dokter, sehingga pengobatan akan berjalan secara maksimal.

Herpes merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh sebuah virus. Virus tersebut akan meyerang saraf bagian tepi, maka dari itu jangan heran apabila rasanya sangat sakit. Selain menimbulkan luka yang terasa nyeri, rasa sakit juga tetap Anda rasakan sebagai penderita, walaupun luka sudah kering atau sembuh.

Herpes merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah kali menularkan kepada kalangan lainnya, jadi Anda harus berhati-hati dan menjaga kontak fisik dengan penderita herpes genital bahaya. Kami Klinik Utama Gracia akan selalu membantu Anda semua penderita untuk memperoleh penanganan yang tepat dengan mudah. Demikian mengenai herpes genital, jika Anda ingin melakukan registrasi segera hubungan kami di nomer ini 085714263063. Sekian mengenai herpes genital bahaya, terima kasih.